Pengertian Nutrisi (Artikel Lengkap)

Nutrisi adalah zat yang terkandung di dalam makanan yang dibutuhkan makhluk hidup untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Ada juga yang mengatakan bahwa nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan. Fungsi nutrisi adalah sebagai sumber energi, membangun tubuh, dan melindungi tubuh. Pada manusia, nutrisi diperoleh dari hasil pemecahan makanan oleh sistem pencernaan pada manusia. Nutrisi juga disebut “sari-sari makanan” dan “gizi”. Dalam bahasa Inggris, nutrisi disebut nutrition.

pengertian nutrisi

Malam Minggu, Saat Paling Tepat Mengetahui Gebetan Udah Punya Pacar atau Belum

Salah satu yang harus diketahui dari gebetan adalah status hubungannya. Jika dia sudah punya pacar, sebaiknya kamu tidap perlu melangkah lebih jauh. Namun, tentu saja kamu tidak boleh bertanya langsung kepada gebetan karena itu bisa bikin dia curiga kalau kamu sedang mengincarnya. Maka, kamu harus punya strategi jitu untuk mengetahuinya tanpa membuat dia tahu kalau kamu sedang mencari tahu.

Baca juga: Ciri-Ciri Pria Mencintai Kita (Walaupun Dia Sudah Punya Kekasih)
WJ6U9130

Saat terbaik untuk tahu apakah gebetan kamu udah punya pacar atau masih jomblo adalah saat malam minggu. Kenapa? Karena pada saat itu kamu bisa bertanya, “gak malmingan (malam mingguan) nih?”. Jika dia merespon, kemudian kamu tanya lagi, “gak jalan-jalan sama pacar?”. Kalau dia menjawab “gak”, tandanya dia punya pacar. Kalau dia menjawab “pacar aja kagak punya gimana caranya jalan-jalan sama pacar” berarti dia tidak punya pacar. Sesimpel itu.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

14 Macam Penyakit pada Bayi dan Balita Beserta Cara Menyembuhkan

Terdapat beberapa macam penyakit pada bayi dan balita. Ada yang ringan dan ada juga yang cukup berat. Penyakit yang ringan umumnya dapat ditangani di rumah. Namun, bila sakit berlanjut, sebaiknya Anda membawa bayi ke puskesmas atau dokter terdekat. Berikut adalah beberapa macam penyakit pada balita dan bayi lengkap dengan cara pengobatannya. Langsung saja kita simak yang pertama:

4 Klasifikasi Kota

Kota adalah tempat permukiman penduduk dengan beraneka ragam aktivitas dan kepentingannya serta latar belakang sosial budayanya. Kota memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kota-kota yang memiliki beragam karakteristik tersebut dapat diklasifikasikan. Klasifikasi yang dimaksud adalah usaha untuk menggolong-golongkan kota-kota tertentu atas dasar karakteristiknya. Berikut adalah macam-macam klasifikasi kota. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20 Pengertian Kota Menurut Para Ahli
4 Klasifikasi Kota

6 Peran Presiden dalam Mengelola Sosial Budaya

Presiden Indonesia adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Presiden memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari-hari. Presiden juga berperan dalam mengelola sosial budaya di negaranya. Berikut adalah peran presiden dalam mengelola sosial budaya sesuai fungi dan wewenang presiden Indonesia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Makalah: Peran Sosial Budaya dalam Menjaga dan Memantapkan Pemahaman Ideologi Pancasila
Peran Presiden dalam Mengelola Sosial Budaya

3 Komponen Sistem Koordinasi pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem koordinasi adalah sistem organ yang mengatur dan mengendalikan kerja alat tubuh agar tubuh dapat bekerja dengan serasi dan sesuai dengan fungsinya. Komponen sistem koordinasi pada manusia terdiri dari sistem saraf pada manusia, sistem indera pada manusia, dan sistem hormon pada manusia. Berikut adalah penjelasan tentang ketiga komponen sistem koordinasi diatas. Langsung saja kita simak yang pertama:Komponen Sistem Koordinasi pada Manusia

6 Cara PDKT Sama Cowok

Sebagai cewek, tentunya akan sangat grogi ketika mendekati cowok yang kita suka. Terlebih mengingat yang biasanya menembak adalah cowok. Mungkin sedikit tidak mudah membuat cowok itu tertarik dan menembak kamu. Asalkan kamu memberikan “kode” yang tepat dan dia juga merespon, PDKT kamu pasti sukses. Nah, berikut adalah beberapa tips cara melakukan pendekatan (PDKT) kepada cowok. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Bagaimana Cara Supaya Cowok yang Kita Suka Juga Suka Sama Kita?

Cara PDKT Sama Cowok

10 Macam Bakteri yang Ada di Dalam Usus Manusia

Terdapat sekitar 100 triliun mikroorganisme (mikroflora) yang hidup di dalam sistem pencernaan pada manusia, 10 kali lebih banyak dibandingkan jumlah total sel di dalam tubuh manusia. Bakteri yang terdapat di dalam usus manusia berfungsi untuk melancarkan metabolisme, meningkatkan imunitas tubuh, membantu dalam proses pembusukkan sisa-sisa makanan, mencegah kanker usus besar, memproduksi vitamin K, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Berikut adalah macam-macam bakteri yang ada di dalam usus manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 17 Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia

E coli Ag Res Mag

Definisi dan Ciri-Ciri/Karakteristik Karya Seni

Seni adalah proses cipta manusia yang merupakan perwujudan dari ekspresi manusia. Karya seni umumnya memiliki nilai estetika dan bermakna. Berikut adalah beberapa definisi dan karakteristik/ciri-ciri karya seni. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Baca juga: Pengertian Seni Rupa Terapan (Artikel Lengkap)
pengertian seni

Pengertian Internasional (Artikel Lengkap)

Mungkin Anda sedang mencari: Pengertian Hubungan Internasional (Artikel Lengkap)

Internasional adalah sesuatu yang menyangkut lebih dari satu negara. Sesuatu tersebut bisa berupa sebuah perusahaan, bahasa, atau organisasi. Arti internasional sebagai sebuah kata berarti interaksi antara lebih dari satu negara, atau melampaui batas negara. Salah satu contohnya adalah hukum internasional yang telah diakui oleh lebih dari satu negara atau bahkan hampir semua negara di dunia dan juga bahasa internasional yang merupakan bahasa yang dituturkan oleh penduduk di lebih dari satu negara. Dalam bahasa Indonesia, internasional disebut juga “manca negara” atau “luar negeri”. Kata “internasional” sesekali digunakan sebagai sinonim kata “global” atau “dunia”.

pengertian internasional

Daftar Lengkap 83 Mata Uang Luar Negeri (Beserta Gambar)

Mata uang adalah alat pembayaran yang berlaku di suatu tempat yang memiliki nilai. Setiap negara punya mata uangnya masing-masing. Namun, ada juga beberapa negara yang menyatukan mata uangnya seperti Euro yang banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa. Mata uang yang paling banyak digunakan saat ini adalah Dollar Amerika Serikat. Berikut adalah daftar mata uang yang ada di setiap negara di dunia lengkap dengan gambar salah satu pecahannya, simbol, dan kode ISO. Sebenarnya ada 180 mata uang yang diakui PBB (lihat kode ISO). Namun karena ada beberapa negara yang memiliki mata uang yang sama meskipun pada dasarnya berbeda, kami satukan untuk menghemat tempat dan supaya waktu pemuatan artikel ini tidak terlalu lama. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia

5 Alasan Kenapa Cowok Sayang Wanita Lain Selain Pacar

Sebenarnya tidak semua cowok sih begitu. Masih banyak cowok yang menghargai pacarnya dan selalu setia kepadanya. Namun, ada juga cowok yang playboy-nya enggak ketulungan. Itu tergantung ceweknya juga sih sikapnya kayak gimana sama cowoknya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa cowok bisa sayang wanita lain selain pacar. Bahkan wanita itu lebih disayangnya ketimbang pacarnya. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Ciri-Ciri Pria Mencintai Kita (Walaupun Dia Sudah Punya Kekasih)
5 Alasan Kenapa Cowok Sayang Wanita Lain Selain Pacar

Sistem Pernapasan pada Belalang (Artikel Lengkap)

Pernapasan dilakukan menggunakan trakea yang seperti tabung berisi udara. Tabung itu terbuka di permukaan thoraks dan abdomen melalui pasangan katup spirakel. Sistem pernapasan pada belalang sama saja dengan sistem pernapasan pada serangga lain seperti nyamuk, lalat, dan kupu-kupu. Belalang berukuran lebih besar mungkin perlu lebih sering membuka ventilasi tubuhnya untuk membuka beberapa spirakel. Belalang menggunakan otot abdominal untuk mengembangkan tubuhnya dan memompa air ke dalam sistem pernapasannya.

sistem pernapasan pada belalang

Anatomi Paru-Paru (Artikel Lengkap)

Artikel lengkap ini merupakan bagian dari Paru-Paru (Artikel Lengkap)

Paru-paru adalah organ pernapasan yang sangat penting karena memasok oksigen yang berguna untuk proses metabolisme. Manusia memiliki dua paru-paru: paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Udara masuk ke paru-paru melalui bronkus kemudian di dalam paru-paru bronkus bercabang-cabang seperti akar yang disebut bronkiolus, bronkiolus bermuara di alveolus yang merupakan tempat terjadinya pertukaran gas dengan pembuluh darah.

5 Cara Menghadapi Gebetan yang Cuek

Sesungguhnya gebetan yang cuek itu tidak benar-benar cuek. Jika kamu cowok, mungkin saja kamu malu atau terlalu deg-degan ketika bertemu dengannya atau saat hendak bicara dengannya. Sehingga gebetan kamu akan merasa kebingungan melihat sikapmu. Pada hakikatnya, cowok yang selalu memulai. Kalau kamu cewek, mungkin cowok itu kurang akrab sama kamu. Ada juga sih cowok atau cewek yang bersikap sok jual mahal. Nah, berikut adalah beberapa cara menghadapi gebetan yang (terlihat) cuek. Cara ini terbilang nekat sehingga membutuhkan ketahanan mental yang tinggi. Artikel ini untuk semua gender. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Kenapa Gebetan Jadi Cuek Sama Kita?
Cara Menghadapi Gebetan yang Cuek

Sel Darah yang Tidak Memiliki Inti dan Memiliki Inti

Inti sel umumnya terdapat di setiap jenis sel, namun tidak halnya dengan sel darah merah (eritrosit) pada mamalia termasuk manusia. Sel darah merah pada mamalia tidak memiliki nukleus (inti sel) saat mengalami fase eritropoiesis (salah satu proses pembentukan sel darah merah) dan sebagian besar organel seperti mitokondria, badan golgi, dan retikulum endoplasma.

Dimana Tempat Pembuluh Darah Aorta Abdominalis?

Aorta abdominalis adalah arteri terbesar di rongga perut dan merupakan lanjutan dari aorta descending (aorta turun). Aorta ini bermula dari diafragma dan menempel di dinding rongga perut. Letak pembuluh darah aorta abdominalis beradal di dalam rongga perut yang memanjang dari diafragma hingga ke tulang selangka. Gambar dibawah adalah gambar lokasi aorta abdominalis (warna merah).

tempat pembuluh darah aorta abdominalis


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

5 Contoh Gambar Seni Bangunan Beserta Penjelasannya

Seni bangunan atau arsitektur adalah karya ekspresi dan imajinasi manusia yang dituangkan ke dalam struktur bangunan. Sekarang saya akan memberikan contoh gambar seni bangunan dari berbagai agama dan daerah yang ada di Indonesia dan di dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Cara Menjadi Cantik Agar Cowok Suka Sama Kita

Kecantikan itu sebenarnya relatif. Tergantung bagaimana kita menilai dan mereka menilai. Ada yang suka wanita yang seperti ini, dan entah mengapa ada juga yang menyukai wanita yang seperti itu. Tetapi, pengertian cantik secara umum adalah wajah mulus alami, badan bersih, penampilan rapi tetapi menarik, dan tentu saja hati yang benar-benar baik. Kalo soal ukuran badan dan warna kulit itu sih tergantung jenis cowok mana yang kamu cari. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa yang lebih kurus dan yang lebih putih lebih banyak dicari cowok. Nah, bagaimana cara menjadi cantik supaya cowok banyak yang suka sama kita? Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 5 Cara Agar Cowok Tertarik pada Kita
6 Cara Menjadi Cantik Agar Cowok Suka Sama Kita

6 Ciri-Ciri Teman Sekelas yang Suka Pada Kita

Pada umumnya kita memang lebih mudah suka sama teman sekelas. Mungkin karena kita udah tahu seluk-beluknya kali yaa. Menebak teman sekelas yang suka sama kita sih gampang-gampang susah. Kita juga harus melihat sifatnya, karena ada beberapa orang yang sifatnya seperti lagi suka sama orang tapi kenyataannya PHP. Berikut adalah ciri-ciri teman sekelas yang suka sama kita. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 2 Cara Menghadapi Cowok yang Suka dengan Kita
6 Ciri-Ciri Teman Sekelas yang Suka Pada Kita

Klasifikasi Hewan (Artikel Lengkap)

Terdapat milyaran jenis makhluk hidup yang berbeda di dunia ini. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah sistem klasifikasi makhluk hidup untuk mengelompokkan semuanya. Khusus untuk hewan, klasifikasinya dibagi menjadi 6 yaitu filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies. Semakin mendekati spesies, perbedaannya mulai sedikit.

klasifikasi hewan

4 Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang, spinal cord, atau medula spinalis adalah saraf yang panjang, tipis, dan berbentuk seperti tabung yang merupakan bagian dari jaringan saraf yang memanjang dari sumsum lanjutan (medula oblongata) sampai di tulang belakang bagian pinggang. Otak dan sumsum tulang belakang bersama-sama membentuk sistem saraf pusat. Sumsum ini dilindungi oleh tulang belakang. Berikut adalah beberapa fungsi sumsum tulang belakang. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Saraf Simpatik dan Parasimpatik (Artikel Lengkap)

Fungsi Sumsum Tulang Belakang

14 Fungsi Sumsum Lanjutan (Medula Oblongata)

Sumsum lanjutan atau medula oblongata adalah bagian dari batang otak yang berada diantara pons dan saraf tulang belakang. Sumsum lanjutan bagian atas disebut jembatan varol dan merupakan titik awal saraf tulang belakang. Berikut adalah beberapa fungsi medulla oblongata (sumsum lanjutan). Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Saraf Simpatik dan Parasimpatik (Artikel Lengkap)

Fungsi Sumsum Lanjutan (Medula Oblongata)

8 Cara Membuat Cewek Agar Selalu Senang

Sebagai cowok, kita seharusnya senantianya membuat cewek kita senang. Namun, memang tidak dapat dipungkiri bahwa kita memang tidak sempurna. Sekeras-kerasnya kita berusaha, pasti saja ada satu hal yang bisa membuatnya tidak senang. Terutama saat dia lagi datang bulan. Salah satu caranya adalah saling pengertian. Namun, terkadang kita seringkali tidak mengerti maksudnya apa. Nah, berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa membuat cewek Anda selalu senang. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 5 Cara Membuat Wanita Suka Sama Kita
Cara Membuat Cewek Agar Selalu Senang

Pengertian Devisa (Artikel Lengkap)

Devisa adalah semua benda yang bisa digunakan untuk transaksi dengan negara lain yang diterima dan diakui oleh dunia internasional. Salah satu devisa yang umum digunakan adalah Dolar Amerika Serikat (USD), Yen Jepang, Euro, Poundsterling Inggris, emas, dan surat berharga. Devisa digunakan sebagai alat pembayaran internasional terutama dalam kegiatan ekspor-impor.pengertian devisa

Sistem Reproduksi Pria (Materi Lengkap)

Materi ini adalah bagian dari sistem reproduksi pada manusia yang merupakan materi biologi SMA kelas XI IPA semester 2. Materi ini disusun berdasarkan KTSP. Materi ini membahas secara lengkap sistem reproduksi pada pria yang terdiri dari organ reproduksi luar pada pria, organ reproduksi dalam pada pria, proses spermatogenesis, dan hormon pada pria. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

organ reproduksi pria

 

 

Definisi Perubahan Sosial (Artikel Lengkap)

Perubahan sosial adalah sebuah perubahan pada tatanan sosial dalam masyarakat. Perubahan tersebut bisa termasuk perubahan dalam lingkungan, lembaga sosial, perilaku sosial, atau hubungan sosial. Perubahan sosial merupakan salah satu kajian ilmu sosiologi.

Definisi Perubahan Sosial

Perubahan sosial bisa merujuk pada proses sosial atau evolusi budaya sosial. Perubahan sosial bisa dibawa oleh budaya, agama, ekonomi, ilmu pengetahuan, atau teknologi. Perkembangan psikologis dapat berperan dalam perubahan sosial. Tanpa perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, manusia bisa saja tetap mempunyai pola pikir seperti manusia gua.

Perubahan sosial bisa terjadi karena direncanakan dan ada juga yang tidak direncanakan. Perubahan yang direncanakan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telah mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat sehingga apapun yang dikatakannya akan diikuti begitu saja. Sedangkan perubahan yang tidak direncanakan biasanya karena hal-hal yang tidak disadari secara langsung seperti bencana alam dan pengaruh globalisasi.


Sumber:

Judul

Alamat

18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/12/18-pengertian-perubahan-sosial-menurut.html
Social change http://en.wikipedia.org/wiki/Social_change
Perubahan sosial http://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Kenapa Cewek Suka Cowok Rajin?

Tentu saja setiap cewek mendambakan cowok yang ganteng, perhatian, rajin, dan punya masa depan yang baik. Tapi cewek ABG baru sebatas mencari cowok ganteng dan perhatian aja. Mungkin karena mereka belum mengenal yang namanya berumahtangga. Berikut adalah beberapa alasan kenapa cewek suka cowok rajin berdasarkan hasil survei saya terhadap beberapa orang.

Baca juga: 11 Cara Cewek Suka Sama Kita

Kenapa Cewek Suka Cowok Rajin

Nefron (Artikel Lengkap)

Nefron adalah struktur dasar dan unit fungsional dari ginjal. Fungsinya adalah untuk mengatur konsentrasi air dan substansi terlarut seperti garam sodium dengan cara menyaring darah, menyerap kembali apa yang diperlukan, dan mengeluarkannya dalam bentuk urine. Nefron mengeluarkan sampah dan racun dari tubuh, mengatur tekanan dan volume darah, mengatur konsentrasi elektrolit dan metabolit, dan mengatur pH darah. Fungsi nefron sangat penting bagi kehidupan dan prosesnya diatur oleh sistem endokrin dengan hormon seperti ADH (hormon antidiuretik), aldosteron, dan hormon paratiroid. Pada manusia, ginjal normal berisi 800.000 hingga 1,5 juta nefron. Jumlah nefron akan berkurang 10% setiap 10 tahun, namun hal tersebut tidak membahayakan.

gambar nefron

Sistem Reproduksi Pada Manusia (Materi Ringkasan)

Merupakan bagian dari Sistem Reproduksi pada Manusia (Materi Lengkap)

sistem reproduksi pria

Sistem reproduksi pada pria terdiri dari penis, testis, epididimis, vas deferens, uretra, vesikula seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar cowper. Berikut adalah penjelasan singkat fungsi bagian-bagian sistem reproduksi pria:

Hubungan Sistem Pencernaan dan Pernapasan dalam Memperoleh Energi

Seluruh sistem organ dirancang untuk saling terkait satu sama lain. Baik terkait secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contoh keterkaitan tersebut adalah sistem pencernaan dan sistem pernapasan yang bersama-sama menghasilkan energi.

Secara sederhana, sistem pencernaan menghasilkan sumber energi (karbohidrat) dan sistem pernapasan menghasilkan “bahan bakar” untuk membentuk energi (oksigen). Karbohidrat dan oksigen akan bertemu di mitokondria pada sel. Keduanya dalam tubuh manusia akan mengalami respirasi aerob yang terdiri dari glikolisis, siklus krebs, dan sistem transpor elektron. Hasil dari respirasi aerob adalah ATP yang merupakan energi bagi makhluk hidup.

Demikian penjelasan singkat hubungan sistem pencernaan dan pernapasan dalam memperoleh energi.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

6 Komponen Penyusun Rangkaian DNA

DNA adalah molekul pembawa materi genetika yang terdapat di setiap inti sel makhluk hidup termasuk virus. DNA merupakan asam nukleat yang terdiri dari protein dan karbohidrat. DNA sangatlah penting bagi makhluk hidup karena membawa informasi genetik yang menentukan sifat atau bentuk makhluk hidup tersebut. Terdapat enam komponen penyusun rangkaian DNA yang tersusun dalam struktur double helix. Berikut adalah enam komponen penyusun rangkaian DNA. Langsung saja kita simak yang pertama:

 

Komponen Penyusun Rangkaian DNA

 

5 Negara Berkembang di Eropa Timur

Eropa Timur adalah bagian timur Benua Eropa. Ada juga yang mengatakan bahwa kawasan Eropa Timur adalah negara-negara pecahan Uni Soviet. Di Benua Eropa juga terdapat negara berkembang yang sebagian berada di Eropa Timur. Berikut adalah 5 negara berkembang di Eropa Timur. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia
Khreshchatyk street (as pedestrian zone). Kiev, Ukraine, Eastern Europe.

13 Ciri-Ciri Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan muda pada tumbuhan yang aktif membelah. Jaringan ini biasa terdapat di ujung akar dan di ujung batang. jaringan inilah yang membuat akar dan batang makin panjang dan merambat kemana-mana. Sel penyusun jaringan meristem bersifat embrional dan belum mengalami diferensiasi maupun spesialisasi. Berikut adalah beberapa ciri-ciri jaringan meristem. Langsung saja kita simak yang pertama:ciri-ciri jaringan meristem

Cowok yang Cuek dan Cool Mendekati Cewek yang Dia Suka Seperti Apa?

Selamat pagi kak. Aku mau nanya, cowok yang cuek dan cool mendekati cewek yang dia suka seperti apa? padahal cowok dan cewek tidak saling kenal. Jawab lewat artikel yaa. Makasi kak :)

n****p******@yahoo.com


Apakah UUD 1945 Boleh Diamandemen?

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) adalah konstitusi pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. UUD 1945 disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Sebelumnya konstitusi Indonesia pernah berubah beberapa kali sampai Dekrit Presiden 5 Juli 1959 kembali memberlakukan UUD 1945. Antara tahun 1999 sampai 2002, UUD 1945 mengalami empat kali amandemen (perubahan), bahkan saat ini ada usulan amandemen kelima. Ini berarti UUD 1945 boleh diamandemen dengan alasan:

Baca juga: 5 Kesepakatan Dasar dalam Melakukan Perubahan UUD 1945 (Beserta Penjelasan)
Apakah UUD 1945 Boleh Diamandemen

8 Tokoh Pelukis Aliran Naturalisme

Lukisan aliran naturalisme adalah seni lukis yang menggambarkan subjek sesuai kenyataannya tanpa kepalsuan, keeksotisan, hal yang tidak masuk akal, dan sesuatu yang gaib. Aliran ini juga disebut realisme. Aliran naturalisme populer antara tahun 1800 sampai 1900. Berikut adalah beberapa tokoh pelukis aliran naturalisme yang terkenal. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Jenis Aliran Lukisan Beserta Biografi Pelukis Luar Negeri

tokoh pelukis aliran naturalisme

Salah satu lukisan beraliran naturalisme karya Jean-François Millet, The Gleaners.

10 Kondisi Sosial di Negara Maju

Kondisi sosial di negara maju pada umumnya toleran dan suka bekerja. Masyarakat di negara maju lebih sibuk bekerja dibandingkan mengurus keluarga atau saudaranya. Bahkan ada beberapa orang yang belum berkeluarga. Di Jepang, fenomena “gila kerja” telah mendapat perhatian serius dari pemerintah karena sudah keterlaluan. Fenomena tersebut telah membuat angka kelahiran turun drastis dan banyak karyawan yang meninggal karena budaya ini. Masyarakat di negara maju juga kurang dalam hal bersosialisasi dengan tetangga di sekitar dan tidak mengenal gotong royong. Mereka cenderung memikirkan diri sendiri untuk terus meningkatkan karir. Berikut adalah beberapa kondisi sosial di negara maju. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 5 Permasalahan yang Terjadi di Negara Maju
Mohon maaf jika beberapa kondisi sosial ini membuat Anda marah atau tersinggung, sebab “mereka” tentu sangat berbeda dengan kita. Saya menulis artikel ini berdasarkan beberapa artikel dan buku yang pernah saya baca, namun saya telah lupa judulnya.
10 Kondisi Sosial di Negara Maju

15 Negara Kepulauan Terkecil di Dunia

Negara kepulauan adalah negara yang terdiri dari banyak pulau. Terdapat sekitar 21 negara kepulauan di dunia. Negara kepulauan terbesar di dunia (dari segi luas dan jumlah penduduk) adalah Indonesia dengan luas 1.904.569 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai 237.556.363 jiwa. Negara kepulauan terkecil di dunia adalah Tuvalu dengan luas 26 kilometer persegi. Negara kepulauan terkenal akan stabilitasnya. Sumber ekonomi negara kepulauan kecil adalah perikanan. Negara kepulauan paling rentan terkena siklus badai di samudera. Berikut adalah 15 negara kepulauan terkecil di dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Negara Terkecil di Dunia

Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

Seni adalah proses penciptaan dan ekspresi dari manusia yang melibatkan keterampilan, imajinasi, atau teknis. Seni biasanya mengandung unsur estetika dan memiliki nilai jual. Seni pada mulanya adalah proses dari manusia. Sesungguhnya pengertian seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, karena setiap individu memiliki pengertian tersendiri. Ada yang mengatakan bahwa seni itu indah atau mengandung unsur estetika. Ada juga yang mengatakan bahwa seni itu memiliki makna yang mendalam.

pengertian seni

6 Arti Perasaan Cowok yang Susah Ditebak

Perasaan cowok memang sedikit sulit ditebak. Karena terkadang ia dekat sama cewek ini, tetapi ternyata ia suka sama cewek itu. Terkadang seorang cowok punya banyak mantan, tapi sebenarnya dia cuma mencintai satu cewek (yang belum pernah dia pacari), sedangkan mantan-mantannya itu hanya pelarian. Bahkan ada juga cowok yang sama sekali tidak punya hati, yang ada dipikirannya hanya naftsu belaka. Itu mungkin karena cowok punya “kuasa” menembak cewek. Cowok kadang kurang memahami kode-kode yang sudah diberikan oleh si cewek berulang kali. Berikut adalah beberapa kemungkinan arti perasaan cowok yang susah ditebak. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Perasaan Gebetan Pada Kita?
Arti Perasaan Cowok yang Susah Ditebak

 

14 Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Biologi juga mempelajari seluruh komponen tubuh makhluk hidup secara kompleks dan runut. Biologi juga berkaitan dengan ilmu lainnya. Istilah biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata βίος (dibaca bios) dan λογία (dibaca logia). Bios berarti “kehidupan” dan logia berarti “studi”. Jadi, secara harfiah pengertian biologi adalah studi tentang kehidupan. Berikut adalah beberapa pengertian biologi menurut para ahli atau pakar. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Hakikat Biologi Sebagai Ilmu (Materi Lengkap)

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh)

Fenomena adalah rangkaian peristiwa serta bentuk keadaan yang dapat diamati dan dinilai lewat kaca mata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu. Salah satu fenomena yang dapat terjadi adalah fenomena sosial dan fenomena ekonomi. Berikut adalah pengertian fenomena sosial dan ekonomi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi

Apa Nama Sel yang Berfungsi Untuk Merombak Eritrosit pada Hati?

Pertanyaan ini ditanyakan oleh salah satu pembaca blog saya melalui email hedisasrawan@gmail.com. Anda juga bisa bertanya dan request artikel tentang apa saja lewat alamat email tersebut.

Sel-sel hati yang berfungsi merombak sel darah merah (hemoglobin) adalah sel histiosit. Melalui sel tersebut, hemoglobin akan diuraikan menjadi senyawa hemin, Fe (zat besi), dan globin.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Anatomi Hati Manusia (Artikel Lengkap)

Hati adalah salah satu organ vital pada manusia yang terletak di sebelah kanan atas rongga perut, dibawah diafragma. Hati juga disebut liver atau hepar. Hati memiliki banyak fungsi diantaranya penawar racun, sintesis protein, merombak sel darah merah, dan menghasilkan empedu yang bermanfaat bagi sistem pencernaan pada manusia. Hati memiliki empat lobus dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi.

Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas XI IPA Semester 2

Berikut adalah pembahasan dari latihan soal biologi SMA kelas XI IPA semester 2. Satu persatu soal akan dibahas dengan singkat namun mampu membuat Anda memahami maksud soal tersebut. Pembahasan ini dilengkapi dengan kunci jawaban. Diharapkan Anda mengerjakan soal sebisa mungkin sebelum melihat pembahasan ini.

(Bagian dari direktori materi Biologi SMA Kelas XI IPA)

12 Kelainan dan Penyakit pada Ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagai penyaring darah dan mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang tidak lagi dibutuhkan tubuh. Ginjal merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Ginjal haruslah selalu dalam kondisi yang baik. Karena kalau tidak, zat sisa metabolisme akan menumpuk di dalam darah dan akan meracuni tubuh. Berikut adalah beberapa kelainan, gangguan, dan penyakit pada ginjal. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 6 Komplikasi Akibat dari Penyakit Ginjal

2601_JW_011413

Arti Kata: Relasi

Istilah “relasi” sering kita jumpai saat mulai masuk dunia kerja. Katanya sih sangat penting supaya kita tahu lebih banyak tentang peluang-peluang yang ada. Berikut adalah arti kata relasi yang diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Langsung saja kita simak yang pertama:ilustrasi relasi

Gambar diatas adalah ilustrasi relasi.

Definisi Pacaran Serta Perbedaan dan Persamaannya dengan Sahabatan

Pasti kamu pernah berpikir, untuk apa sih sebenarnya pacaran? Apa tujuan pacaran? Dan mengapa banyak remaja yang ingin mencari pacar? Padahal sudah jelas pacaran pasti ada akhirnya dan masih dibatasi oleh beberapa aturan. Apa pula beda pacaran yang sesuai aturan dan berteman biasa/sahabatan? Padahal sama-sama tidak boleh melakukan hal yang berlebihan. Saya juga pernah berpikiran seperti itu. Kali ini saya mencoba memberikan pandangan saya tentang pacaran.

Baca juga: 5 Cara Komunikasi dengan Pacar Agar Tidak Bosan
Definisi Pacaran Serta Perbedaan dan Persamaannya dengan Sahabatan

Bagaimana Cara Mencintai Orang yang Kita Cintai?

Saat pertama kali kita mencintai seseorang, pasti sangat membingungkan sekali rasanya. Saat kelas 7 SMP, entah mengapa seperti ada suatu aliran energi di dalam hati saat kita melihat seseorang. Rasanya menegangkan sekali. Jantung kita berdetak kencang setiap kali duduk di dekatnya. Kemudian rasa aliran energi itu berbalik menyakitkan kita saat dia akrab dengan orang lain. Itulah namanya cinta. Kita tahu rasa tersebut justru akan menyulitkan kita untuk mendapatkan hatinya. Terus, bagaimana cara mencintai dia supaya berhasil mendapatkannya. Nah, berikut adalah beberapa cara mencintai orang yang kita cintai. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Cara Mencintai Seseorang yang Baik dan Benar
Teens By A Fountain

Apa Itu Hukum Kekekalan Massa (Beserta Contoh)

Hukum kekekalan massa adalah hukum yang menyatakan bahwa untuk setiap sistem yang melakukan transfer materi dan energi dalam keadaan tertutup (keduanya memiliki massa), massa sistem akan tetap konstan sepanjang waktu, massa sistem tidak dapat mengubah jumlahnya jika tidak ditambahkan atau dihilangkan. Hukum kekekalan massa merupakan salah satu dari 5 Hukum-Hukum Dasar Kimia. Hukum ini dirumuskan oleh Antoine Laurent Lavoiser. Ia berpendapat bahwa massa zat-zat sebelum dan sesudah reaksi adalah tetap. Hukum ini juga disebut hukum kombinasi kimia yang mendasari penemuan teori atom Dalton.

Apa Itu Hukum Kekekalan Massa (Beserta Contoh)

Selengkapnya: Hukum Kekekalan Massa (Artikel Lengkap)

Organ Hati dalam Sistem Ekskresi pada Manusia (Artikel Lengkap)

Hati adalah salah satu organ vital pada manusia. Letak hati berada di kanan atas rongga perut, di bawah diafragma. Hati merupakan kelenjar terbesar dan organ dalam terbesar pada manusia dengan berat sekitar 2 kg (pada orang dewasa) dan berwarna merah tua. Hati juga disebut liver atau hepar. Dalam sistem ekskresi pada manusia, hati berperan sebagai alat pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

10 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Sistem politik adalah kumpulan pendapat-pendapat dan lain-lain yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur hubungan antara individu satu sama lainnya atau dengan negara dan hubungan negara dengan negara lain. Berikut adalah beberapa pengertian sistem politik menurut para ahli. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 25 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
10 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

4 Ciri-Ciri Pengendalian Sosial

Pengendalian sosial adalah suatu proses yang direncanakan atau tidak direncanakan yang mengajak, membimbing, bahkan memaksa warga masyarakat agar mematuhi nilai-nilai dan kaidah-kaidah yang berlaku dalam masyarakat. Upaya pengendalian sosial ini dapat dilakukan sewaktu-waktu oleh petugas penegak norma seperti polisi, hakim, jaksa, KPK, dll. Salah satu tujuan pengendalian sosial adalah supaya pelaku perilaku menyimpang dapat kembali mematuhi norma-norma yang berlaku. Berdasarkan penjelasan tentang pengendalian sosial di atas, berikut adalah ciri-ciri pengendalian sosial. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Penyimpangan Sosial dan Pengendalian Sosial (Materi Ringkasan Sosiologi)

Berapa Jumlah Negara di Benua Eropa?

Eropa adalah benua yang terletak di semenanjung di sebelah barat Eurasia. Benua ini terpisah dari Asia oleh Laut Kaspia, Laut Hitam, Pegunungan Ural, dan Pegunungan Kaukasus. Di Eropa terdapat 50 negara yang diakui dan berdaulat. Semuanya merupakan anggota PBB kecuali Kota Vatikan. 3 negara merupakan negara transkontinental yaitu Kazakhstan, Rusia, dan Turki, berarti sebagian wilayahnya termasuk juga ke benua Asia. Sejak 2013, 28 dari 50 negarBerapa Jumlah Negara di Benua Eropaa di Eropa merupakan anggota Uni Eropa. Berikut adalah daftar negara-negara di benua Eropa. Langsung saja kita simak yang pertama:

Keterangan gambar:

  1. Hijau: kawasan Eropa
  2. Biru muda: secara definisi termasuk wilayah Eropa (negara transkontinental)
Baca juga: 10 Negara Maju di Benua Eropa

3 Arti Peribahasa Hemat Pangkal Kaya

“Hemat pangkal kaya” adalah peribahasa yang sering kita jumpai saat di sekolah terutama sekolah dasar. Tujuan dari adanya peribahasa ini adalah mendidik siswa supaya tidak boros dan mampu menyisihkan uang jajan setiap hari. Berikut adalah beberapa makna peribahasa “hemat pangkal kaya”. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Tips Cara Menabung yang Baik

3 Arti Peribahasa Hemat Pangkal Kaya

  1. Kalau kita ingin kaya hendaklah berhemat
  2. Jangan boros jika ingin cepat kaya
  3. Dengan hidup hemat, maka kita akan lebih cepat kaya

Peribahasa ini sempat saya tentang. Menurut saya, peribahasa ini hanya cocok untuk anak kecil supaya mereka lebih menghargai uang. Baca selengkapnya di Hemat Pangkal Kaya(?).


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

close