Pengertian Nutrisi (Artikel Lengkap)

Nutrisi adalah zat yang terkandung di dalam makanan yang dibutuhkan makhluk hidup untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Ada juga yang mengatakan bahwa nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan. Fungsi nutrisi adalah sebagai sumber energi, membangun tubuh, dan melindungi tubuh. Pada manusia, nutrisi diperoleh dari hasil pemecahan makanan oleh sistem pencernaan pada manusia. Nutrisi juga disebut “sari-sari makanan” dan “gizi”. Dalam bahasa Inggris, nutrisi disebut nutrition.

pengertian nutrisi

1. Asal Mula Kata Nutrisi

Etimologi kata “nutrisi” merupakan kata serapan dari bahasa Inggris nutrition yang berasal dari bahasa Perancis Lama nutrition pada abad ke-14 yang berasal dari bahasa Latin nutritionem yang berarti “makanan bergizi”.

Sedangkan sinonimnya, gizi, berasal dari bahasa Arab ghizai yang berarti “zat makanan”. Penggunaan kata “gizi” pertama kali digunakan oleh Prof. Poerwo Soedarmo pada tahun 1952. setelah berkonsultasi dengan Lembaga Bahasa UI.

2. Pengertian Nutrisi Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang mencoba untuk memberikan pengertian nutrisi menurut pandangannya masing-masing. Menurut supariasa, nutrisi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan. Menurut Nuwer, nutrisi adalah proses pengambilan zat-zat makanan penting.

3. Perbedaan Nutrisi dengan Makanan

Pengertian nutrisi berbeda dengan pengertian makanan. Makanan adalah segala sesuatu yang kita makan. Sedangkan nutrisi adalah zat yang terkandung di dalam makanan yang berguna bagi tubuh.


Sumber:

Judul

Alamat

Nutrisi adalah | Pengertian dan Definisi Zat Gizi http://www.kamusq.com/2013/11/nutrisi-adalah-pengertian-dan-definisi.html
nutrition (n.) http://www.etymonline.com/index.php?term=nutrition
Pengertian Nutrisi Menurut Beberapa Ahli dan Jenis-jenis Nutrisi http://www.diwarta.com/2012/07/21/pengertian-nutrisi-menurut-beberapa-ahli-dan-jenis-jenis-nutrisi.html
Pengertian Gizi atau Nutrisi http://kb.123sehat.com/lain/pengertian-gizi-atau-nutrisi/
Pengertian Nutrisi Dan Fungsinya http://blogsenibeladiri.blogspot.com/2013/02/pengertian-nutrisi-dan-fungsinya.html
Seputar Pengertian Nutrisi atau gizi http://seputarpengertian.blogspot.com/2014/02/seputar-pengertian-nutrisi-atau-gizi.html
Nutrisi http://id.wikipedia.org/wiki/Nutrisi


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment