Klasifikasi Hewan (Artikel Lengkap)

loading...

Terdapat milyaran jenis makhluk hidup yang berbeda di dunia ini. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah sistem klasifikasi makhluk hidup untuk mengelompokkan semuanya. Khusus untuk hewan, klasifikasinya dibagi menjadi 6 yaitu filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies. Semakin mendekati spesies, perbedaannya mulai sedikit.

klasifikasi hewan

1. Sejarah Klasifikasi Hewan

Menurut Carl Linnaeus, hewan (animalia) dibagi menjadi lima kelas pisces (ikan), aves (burung), reptil, amphibi, dan mamalia. Kemudian lima kelas itu dikelompokkan menjadi satu filum yaitu chordata. Pada tahun 1874, Ernst Haeckel membagi kingdom animalia menjadi dua subkingdom yaitu metazoa (hewan multiseluler) dan protozoa (hewan uniseluler). Protozoa kemudian berpindah ke kingdom protista. Kemudian, filum pada hewan berkembang menjadi porifera, cnidaria, platyhelminthes, nematoda, annelida, arthropoda, moluska, echinodermata, dan chordata.

2. Dasar-Dasar Klasifikasi Hewan

Masing-masing hewan memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan hewan lain, tetapi ada beberapa hewan yang memiliki satu atau lebih persamaan. Jadi, dasar untuk mengelompokkan hewan adalah sebagai berikut.

2.1. Berdasarkan Persamaan

Dengan mengamati ciri-cirinya, maka kita dapat memasukkan bahwa ayam dan elang adalah golongan hewan, yaitu jenis aves (burung) karena memiliki bulu,sayap, dan paruh.

2.2. Berdasarkan Perbedaan

Apabila kita mengamati perbedaan ciri yang dimiliki ayam dan elang berdasarkan jenis makanannya, maka ayam termasuk herbivora, sedangkan elang termasuk golongan karnivora, yaitu pemakan daging.

2.3. Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi

Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan dari hewan pertama-tama yang dapat dilakukan adalah mengamati bentuk luar dari hewan tersebut, misalnya bentuk paruh dan jumlah sayap.

2.4. Berdasarkan Ciri Biokimia

Sejalan dengan masa perkembangannya, untuk menentukan klasifikasi makhluk hidup selain berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, bisa pula menggunakan ciri-ciri biokimia, misalnya jenis-jenis enzim, jenis-jenis protein, dan jenis-jenis DNA. Hal tersebut dapat menentukan hubungan kekerabatan antara hewan satu dengan lainnya.

2.5. Berdasarkan Manfaat

Tujuan pengelompokan ini adalah untuk memudahkan kita memanfaatkan suatu hewan.

3. Pengelompokan Dunia Hewan

Berdasarkan ada atau tidaknya tulang belakang, animalia terbagi menjadi bertebrata/vertebrae (bertulang belakang, contoh: kera) dan invertebrata/invertebrae (tidak bertulang belakang, contoh: siput).

Berdasarkan jenis makanannya hewan terbagi menjadi tiga kelompok yaitu herbivora (pemakan tumbuhan, contoh: sapi), karnivora (pemakan daging dari hewan lain, contoh: singa), dan omnivora (pemakan tumbuhan dan daging dari hewan lain, contoh: ayam).

Berdasarkan simetri tubuh hewan dibagi menjadi dua kelompok yaitu simetri bilateral (tersusun atas dua sisi yang bersebelahan, contoh: ikan) dan simetri radial (bentuk tubuh melingkar atau bulat, contoh: bintang laut).

Berdasarkan tempat hidupnya hewan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu hewan yang hidup di darat (contoh: gajah), hewan yang hidup di air (contoh: ikan), dan hewan yang hidup di darat dan air (amfibi, contoh: buaya).

Berdasarkan penutup tubuhnya hewan dibagi menjadi empat kelompok yaitu hewan bersisik (contoh: ular), hewan berlendir (contoh: belut), hewan berambut (contoh: anjing), dan hewan berbulu (contoh: burung).

Berdasarkan alat geraknya hewan dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu kaki (contoh: harimau), sayap (contoh: nyamuk), perut (contoh: ular), dan perut dan kaki (contoh: cicak).

Berdasarkan cara berkembangbiaknya hewan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu ovipar (bertelur, contoh: ayam), vivipar (melahirkan, contoh: kambing), ovovivipar (bertelur dan melahirkan, contoh: kadal).

4. Contoh Klasifikasi Hewan

Disini akan membahas tentang klasifikasi singa:

  1. Kingdom animalia (ini adalah kerajaan hewan)
  2. Filum chordata (hewan vertebrata)
  3. Kelas mamalia (hewan menyusui)
  4. Ordo karnivora (hewan pemakan daging)
  5. Famili felidae (bangsa kucing)
  6. Genus panthera (segala jenis kucing besar seperti singa, harimau, dan jaguar)
  7. Spesies leo (singa!)


Sumber:

Judul

Alamat

Animal http://en.wikipedia.org/wiki/Animal
Classifying Animals http://www.factmonster.com/ipka/A0776195.html
Klasifikasi Makhluk Hidup (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/09/klasifikasi-makhluk-hidup-artikel.html
KLASIFIKASI DUNIA HEWAN http://taryadiyadi.blogdetik.com/klasifikasi-dunia-hewan/
DASAR PENGELOMPOKAN HEWAN http://asagenerasiku.blogspot.com/2012/03/dasar-pengelompokan-hewan.html
Klasifikasi Hewan (Kingdom Animalia) http://www.sridianti.com/klasifikasi-kingdom-hewan-animalia.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

1 comment: