Definisi Perubahan Sosial (Artikel Lengkap)

loading...

Perubahan sosial adalah sebuah perubahan pada tatanan sosial dalam masyarakat. Perubahan tersebut bisa termasuk perubahan dalam lingkungan, lembaga sosial, perilaku sosial, atau hubungan sosial. Perubahan sosial merupakan salah satu kajian ilmu sosiologi.

Definisi Perubahan Sosial

Perubahan sosial bisa merujuk pada proses sosial atau evolusi budaya sosial. Perubahan sosial bisa dibawa oleh budaya, agama, ekonomi, ilmu pengetahuan, atau teknologi. Perkembangan psikologis dapat berperan dalam perubahan sosial. Tanpa perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, manusia bisa saja tetap mempunyai pola pikir seperti manusia gua.

Perubahan sosial bisa terjadi karena direncanakan dan ada juga yang tidak direncanakan. Perubahan yang direncanakan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telah mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat sehingga apapun yang dikatakannya akan diikuti begitu saja. Sedangkan perubahan yang tidak direncanakan biasanya karena hal-hal yang tidak disadari secara langsung seperti bencana alam dan pengaruh globalisasi.


Sumber:

Judul

Alamat

18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/12/18-pengertian-perubahan-sosial-menurut.html
Social change http://en.wikipedia.org/wiki/Social_change
Perubahan sosial http://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment