Dinding Sel (Artikel Lengkap)

Dinding sel adalah lapisan yang mengelilingi beberapa jenis sel. Dinding sel strukturnya kuat, fleksibel, namun terkadang kaku. Dinding sel terletak di luar membran sel dan melindungi sel, disamping bertindak sebagai penyaring. Fungsi utama dari dinding sel adalah sebagai penahan tekanan berlebihan ketika air memasuki sel. Dinding sel ditemukan pada sel tumbuhan, bakteri, jamur, alga, dan beberapa archaebacteria. Sel hewan dan protozoa tidak memiliki dinding sel.

Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang bebas, layaknya sel tumbuhan. Namun demikian, hal ini berakibat positif karena dinding-dinding sel dapat memberikan dukungan, perlindungan dan penyaring (filter) bagi struktur dan fungsi sel sendiri. Dinding sel mencegah kelebihan air yang masuk ke dalam sel.

Kandungan di dalam dinding sel bervariasi antar spesies, dan dapat juga berbeda tergantung pada jenis sel dan tahap perkembangannya. Dalam bakteri, peptidoglikan membentuk dinding sel. Dinding sel pada archaea terdiri dari berbagai komposisi, dan dapat dibentuk dari lapisan glikoprotein, pseudopeptidoglika, atau polisakarida. Jamur memiliki dinding sel yang terbuat dari polimer glukosamin kitin. Dan dinding sel pada ganggang biasanya terbuat dari glikoprotein dan polisakarida. Biasanya, diatom memiliki dinding sel yang tersusun dari silika biogenik. Seringkali, molekul-molekul tambahan ditemukan di dinding sel.

Peroksisom (Artikel Lengkap)

Peroksisom adalah organel yang ditemukan di hampir semua sel eukariotik yang terbungkus oleh membran tunggal dari lipid yang mengandung protein reseptor. Peroksisom awalnya diidentifikasi sebagai komponen untuk memproduksi hidrogen peroksida, degradasi hidrogen peroksida, dan metabolisme asam lemak, yang merupakan fungsi umum untuk hampir semua organisme. Peroksisom terlibat dalam proses metabolisme asam lemak, asam amino, dan biosintesis plasmalogens, yaitu efek fosfolipid yang penting untuk fungsi otak mamalia dan paru-paru. Peroksisom tidak memiliki genom dan mengandung sekitar 50 enzim, seperti katalase dan ureat oksidase yang mengkristal di pusatnya. Peroksisom mampu beradaptasi dengan kondisi yang berubah-ubah. Peroksisom pertama kali dikenal sebagai organel oleh sitologis dari Belgia Christian de Duve pada tahin 1967 setelah pertama kali dijelaskan oleh mahasiswa doktor dari Swedia, J. Rhodin pada tahun 1954.

5 Peninggalan Zaman Perunggu

Zaman perunggu adalah masa perkembangan suatu peradaban yang ditandai dengan telah adanya aktivitas peleburan tembaga dan timah kemudian dicetak menjadi alat untuk membantu memenuhi kebutuhan. Zaman ini berada diantara zaman batu dan zaman besi. Zaman perunggu di Indonesia dipengaruhi oleh kebudayaan Dongson dan terjadi sekitar 8.000 tahun yang lalu. Zaman ini memberikan banyak sekali peninggalan yang terbuat dari perunggu. Berkut adalah 5 peninggalan zaman perunggu. Langsung saja kita simak yang pertama:

Sitoskeleton (Artikel Lengkap)

Sitoskeleton adalah sebuah kerangka yang terkandung di dalam sitoplasma sel. Sitoskeleton ada dalam semua sel. Awalnya banyak yang menganggap bahwa sitoskeleton hanya terdapat di dalam sel eukariotik, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa sitoskeleton juga terdapat di dalam sel prokariotik. Sitoskeleton berupa jaring berkas-berkas protein. Dengan adanya sitoskeleton, sel dapat memiliki bentuk yang kokoh, berubah bentuk, mampu mengatur posisi organel, berenang, serta merayap di permukaan.

Bagaimana Cara Merebut Cowok Orang?

Bagaimana Cara Merebut Cowok OrangDari: k****d***a*****@y****.co.id

Hai

Saya D***, aku ingin curhat dulu bentar, boleh gak?

Dari kelas 8 aku suka sama cowok namanya A***. Udah setahun lebih aku suka sama dia. Tapi di PHP terus. Malahan sekarang dia pacaran sama cewek lain. Kesel tau aku jadinya!! Aku pingin rebut dia. Kalo perlu aku mau ***** tu cewek. Tapi, gimana caranya rebut dia biar dia mau jadi pacar aku?

(Isi email telah diterjemahkan supaya lebih mudah dibaca)


Nah, itulah masalahnya, Anda itu terlalu emosional orangnya. Mungkin itulah yang membuat dia takut sama Anda. Mungkin dia telah melihat-lihat status Anda yang mungkin berisi kata-kata emosi. Nah, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan berhenti menulis status atau tweet yang berisi kata-kata yang bersifat emosi. Apalagi Anda berani menulis kata-kata kasar dan menakutkan seperti yang Anda katakan pada email Anda.

Satu lagi, merebut pacar orang itu dosanya besar dan banyak dikecam di berbagai agama. Anda sebaiknya cukup berteman dengan cowok itu. Jika Anda memaksa, cobalah tembak dia pas dia sudah putus dengan pacarnya. Nah, sebaiknya Anda perlu membaca artkel tentang 4 Cara Merebut Hati Cowok yang Sudah Punya Pacar Smile


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Sitoplasma (Artikel Lengkap)

Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran sel. Sitoplasma terdiri dari sitosol dan organel. Semua isi dari organisme prokariota (seperti bakteri, yang tidak memiliki inti sel) terkandung dalam sitoplasma. Dalam sel organisme eukariota isi inti sel dipisahkan dari sitoplasma dan disebut nukleoplasma. Sitoplasma mengandung sekitar 70% sampai 90% air dan biasanya transparan.
Pada sel tumbuhan, sitoplasma dibedakan menjadi dua, yaitu yang berbatasan dengan selaput plasma disebut ektoplasma dan yang di bagian dalam disebut endoplasma. Ektoplasma lebih jernih dan kompak. Ektoplasma pada sel hewan berupa selaput plasma itu sendiri. Endoplasma sel tumbuhan mengandung banyak plastida (zat warna).
Aktivitas sel paling banyak terjadi di sitoplasma, seperti gilikolisis, metabolisme, dan pembelahan sel. Pada tanaman, gerakan sitoplasma di sekitar vakuola dikenal sebagai gelombang sitoplasma. Walaupun semua sel memiliki sitoplasma, setiap jaringan maupun spesies memiliki ciri-ciri yang jauh berbeda antara satu dengan yang lain.

5 Cara Bikin Cewek Senang SMS Kita

Cara Bikin Cewek Senang SMS KitaBagi cowok yang suka cari kenalan cewek, pastilah ingin supaya cewek senang SMS dengan kita. Mereka yang suka cari kenalan itu biasanya untuk memperluas kesempatan buat nyari pacar (hehehe) atau hanya sekedar buat nemenin aja. Nah, bagaimana cara bikin cewek senang SMS kita? Langsung saja kita simak yang pertama:

(Anda mungkin juga tertarik dengan artikel 5 Cara Bikin Cewek Suka Sama Cowok)

1. Pastikan Profil Jejaring Sosial Anda Jelas

Pastikan supaya profil baik Facebook, Twitter, dan jejaring sosial yang lain jelas supaya mereka menganggap Anda adalah orang yang baik. Isikanlah dengan alamat rumah Anda, sekolah, dan bio dengan jelas. Perhatikan juga foto Anda supaya tidak terlalu terkesan “preman” dan tidak terlalu terkesan “culun”. Yang terpenting adalah status/tweet Anda. Janganlah terlalu memperlihatkan bahwa Anda adalah orang yang galau atau kurang baik.

2. Sesekali Bercanda

Sesekali Anda isi dengan bercanda dengan mereka. Karena mereka pasti suka bercanda. Namun, pastikan waktu bercandanya sesuai dengan kondisi emosinya. Itu perlu supaya Anda nanti tidak dimarah oleh mereka karena mereka kesal Anda tidak mengerti perasaannya kini.

3. Dengarkan Curhatnya

Hal yang terpenting dari mencari teman adalah untuk mencari teman curhat. Nah, jadi Anda harus mengerti bahwa cewek itu orangnya sensitif dan sangat senang jika dia diperhatikan. Jadi, dengarkanlah curhatnya. Cukup dengarkan saja, emosinya akan kembali stabil. Jika bisa, cobalah berikan solusi yang tepat atas masalahnya.

4. Sesekali Gombal

Jika sudah cukup lama Anda telah mengobrol dengan mereka, Anda bisa sesekali menggombalinya dengan kata-kata yang agak romantis. Yaa jadinya terkesan seperti TTM gitu. Tetapi, perhatikan juga apakah dia sedang punya pacar apa tidak. Itu perlu supaya pacarnya tidak marah kepada mereka dan akan berimbas kepada Anda.

5. Bicarakan Hal yang Seru

Bicarakanlah hal yang seru dan sedang hangat dibicarakan. Misalnya cerita sehabis study tour, tentang film baru, dan berita lainnya. Tetapi, jangan sampai Anda berdebat serius kepadanya karena itu akan memicu pertengkaran.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Inti Sel (Artikel Lengkap)

Inti sel (nukleus) adalah sebuah organel yang ditemukan di sel eukariotik. Inti sel mengandung banyak materi genetik seperti kromosom, DNA, dan bermacam-macam protein. Biasanya sel hanya memiliki satu nukleus saja, namun ada sel yang memiliki lebih dari satu nukleus seperti sel parenkim hati dan sel otot jantung. Bahkan ada beberapa sel seperti sel eritrosit dan sel trombosit tidak memiliki nukleus. Fungsi utama inti sel adalah untuk mengelola gen-gen dan mengontrol aktivitas sel. Inti sel juga berperan penting dalam proses pembelahan sel, memproduksi mRNA, tempat mensintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi DNA, dan mengatur gerak ekspresi gen.

10 Cara Komunikasi Dengan Pasangan

10 Cara Komunikasi Dengan PasanganSaya mengistilahkan “pacar” dengan “pasangan” disini. Karena saya hanya mampu membahas tentang hal tersebut. Untuk masalah cara komunikasi dengan pasangan setelah menikah, itu belum menjadi bahasan saya karena saya belum menikah –_–

Cara berkomunikasi dengan pasangan itu cukup mudah karena dia pacar Anda jadi Anda bebas berbicara apapun kepadanya (tapi ada batasannya lhoo…) Sebaiknya bicara yang sopan dan mampu melihat situasi hati pasangan kita. Misalnya jika dia sedih, kita tahu harus berbuat apa. Nah, bagaimana cara komunikasi dengan pasangan? Langsung saja kita simak yang pertama:

30 Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi pada manusia dapat mengalami gangguan karena adanya kelainan atau penyakit. Kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya virus, bakteri, jamur, polusi, efek samping obat, makan makanan yang tidak sehat, dan minum minuman yang tidak sehat. Salah satu solusi untuk menjaga sistem ekskresi supaya tetap sehat adalah dengan berolahraga teratur dan perbanyak minum air. Nah, berikut adalah berbagai macam kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi. Langsung saja kita simak yang pertama:

4 Alasan Kenapa Setiap Deket Cowok Selalu Diejek Teman

4 Alasan Kenapa Setiap Deket Cowok Selalu Diejek TemanTerkadang saat kita (yang cewek) deket sama cowok, sering banget diejek atau istilahnya “dicie2in”. Itu terkadang membuat kita kesal atau malah ketawa sendiri. Hal itu mulai membuat kita kesal ketika kita tidak bisa berkomunikasi dengan cowok manapun karena baru menyapa dikit aja udah diejek. Nah, apa alasan kenapa setiap kita deket sama cowok selalu diejek teman? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Baru Putus Sama Pacar

Ini mungkin jadi alasan utama mengapa Anda diejek terus setiap deket cowok. Mungkin mereka berpikir bahwa Anda ingin PDKT sama cowok baru sehingga mereka meledek Anda. “Ciee mau cari pacar baru yaa??”.

2. Pernah Di-PHP-in Sama Cowok

Misalnya Anda sedang suka sama cowok, saat Anda mendekatinya terus-menerus, dia tidak pernah menembak Anda. Itulah yang namanya PHP (Pemberi Harapan Palsu). Setelah itu, Anda menyebarluaskan hal tersebut kepada semua teman Anda melalui curhat. Nah, ketika Anda dekat dengan cowok lain (yang bukan Anda suka), maka teman Anda akan menganggap cowok itu sebagai pelarian Anda dan Anda akan diejek lagi.

3. Iri

Ini nih yang terakhir. Bisa saja dia iri dengan Anda. Dia iri karena tidak bisa memiliki banyak teman cowok seperti Anda. Kemudian mereka melampiaskannya dengan cara mengejek Anda.

4. Mereka Baru Diputusin Pacarnya

Atau mungkin saja mereka baru diputusin sama pacarnya. Sehingga dia kesal dan cemburu setiap kali melihat temannya yang deket dengan cowok siapapun. Apalagi kalau mereka itu adalah “ketua geng”. Sehingga mereka akan mengejek siapapun (yang cewek) yang deket sama cowok.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

4 Alat Ekskresi Manusia dan Zat yang Dikeluarkan

Setiap organ ekskresi pasti memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang berfungsi untuk mengekskresikan urea, air, karbondioksida, empedu, dan keringat. Semuanya ini bekerja membentuk sistem ekskresi pada manusia. Nah, berikut adalah alat ekskresi manusia dan zat yang dikeluarkan oleh masing-masing alat ekskresi. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Ginjal

Ginjal mengeluarkan berbagai macam zat yaitu:

  1. Air. Urin yang dihasilkan ginjal berwujud cair. Ini disebabkan oleh kandungan air di dalamnya yang mencapai 95%. Air ini berasal dari air yang kita minum dan kemudian diserap oleh usus besar, diambil oleh darah, dan kemudian darah tersebut disaring oleh ginjal.
  2. Urea, asam urat, dan amonia adalah hasil dari pembongkaran/perombakan protein yang terjadi di dalam hati.
  3. Empedu adalah hasil dari perombakan sel darah merah di dalam hati. Empedu memberikan warna kuning pada urine.
  4. Garam, dan zat lainnya yang bersifat racun atau berlebihan kandungannya di dalam tubuh.

2. Kulit

Kulit mengeluarkan keringat yang mengandung natrium klorida (NaCl) yang merupakan struktur garam dapur. Itulah sebabnya mengapa keringat pada manusia terasa asin. Keringat dikeluarkan oleh kulit untuk mengatur suhu tubuh.

3. Paru-Paru

Paru-paru merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia. Paru-paru berfungsi sebagai alat pertukaran oksigen dalam darah. Karena udara tidak mengandung oksigen murni, maka paru-paru akan mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tersebut seperti karbon dioksida dan uap air.

4. Hati

Hati mengeluarkan urea dan amonia yang merupakan hasil dari perombakan sel darah merah di dalam hati. Urea dan amonia akan diproses di dalam ginjal untuk dikeluarkan bersama urine.


Sumber:
1. Sistem Ekskresi Pada Manusia (Artikel Lengkap) (hedisasrawan.blogspot.com)
2. Keringat (id.wikipedia.org)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

7 Urutan Saluran Pernapasan Pada Manusia

Saluran pernapasan pada manusia terdiri dari beberapa bagian. Pertama-tama udara masuk ke tubuh melalui hidung, kemudian menuju rongga hidung. Barulah faring, trakea, bronkus, dan kemudian sampai di paru-paru yang di dalamnya terdapat bronkiolus dan alveolus. Bagian-bagian ini memiliki beberapa fungsinya masing-masing. Ada yang bertugas menyaring udara, mengikat oksigen, dll. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa membaca artikel tentang sistem pernapasan pada manusia. Nah, berikut adalah urutan saluran pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Cara Kenalan Lewat Chat

5 Cara Kenalan Lewat ChatDahulu, kita berkenalan harus lewat ketemu langsung kemudian saling berkirim surat. Kini, kita bisa lebih mudah berkenalan dengan orang lain. Salah satu caranya adalah dengan melalui chat. Era chat ini diawali dengan hadirnya Facebook yang fenomenal kemudian disusul oleh Twitter dan layanan chatting lainnya. Kini, telah tersedia beragam jenis aplikasi chat seperti Line, KakaoTalk, WeChat, Path, dll. Bahkan, kini BBM telah hadir di iPhone dan ponsel Android. Dengan hadirnya BBM, kita bisa berkomunikasi dengan para pengguna Blackberry yang jumlahnya tidak sedikit. Nah, bagaimana cara kenalan lewat chat? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Sesekali Perhatikan

Sesekali Anda mengomentari statusnya di jejaring sosial. Itu adalah langkah awal berkenalan. Dengan begitu, dia akan mengenal baik Anda.

2. Katakan “Hai”

Yang paling pertama yang bisa Anda katakan saat pertama kali chatting adalah dengan mengatakan hai. Kemudian pasti akan disusul dengan kata “ini siapa yaa?” baru Anda menyebutkan nama Anda.

3. “Blh knalan?”

Selanjutnya Anda berkata “Blh knalan gk?” yang bila tidak disingkat artinya “Boleh kenalan?”. Usahakan jangan terlalu cepat membalas chatnya supaya dia tidak merasa bahwa Anda hanya sebagai pengganggunya saja.

4. Ketahui Dia Lebih Dekat

Kemudian Anda bisa bertanya-tanya tentang hal yang menyangkut tentangnya. Seperti sekolah dan pacar. Namun, jangan bertanya tentang hal yang bersifat privasi, seperti alamat rumah. Jika Anda sudah mulai akrab, barulah Anda mengenalinya lebih dekat lagi.

5. Jangan Terlalu Formal

Kenapa tadi saya menulis “blh knalan?” yang disingkat-singkat? Karena orang akan dianggap lebih remaja jika Anda menulis dengan kata-kata yang disingkat seperti itu. Jika Anda terlalu formal saat chatting, dia pasti akan berkata, “formal bgt bahasamu –_-“.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Pengertian Kromosom (Artikel Lengkap)

Kromosom adalah struktur DNA, protein, dan RNA yang ditemukan di dalam sel. Kromosom terdiri dari benang-benang halus yang mulai tampak pada waktu sel mulai mempersiapkan diri untuk membelah. Kromosom berasal dari bahasa Yunani chroma yang berarti “warna” dan soma yang berarti “badan”. Nama ini pertama kali digunakan oleh W. Waldeyer pada tahun 1888.

Kromosom juga merupakan bagian inti sel yang membawa dan menentukan sifat-sifat yang akan diturunkan dalam individu organisme yang bersangkutan. Kromosom berisi segala hal yang mencirikhaskan setiap makhluk hidup.

Dalam prokariota, atau sel-sel tanpa inti, kromosom hanyalah lingkaran DNA. Pada eukariota, atau sel dengan inti yang berbeda, kromosom jauh lebih kompleks dalam struktur.

Kromosom merupakan benda-benda yang halus berbentuk lurus seperti batang atau bengkok yang berada di dalam nukleus. Kromosom terdiri atas dua bagian, yaitu sentromer / kinekthor yang merupakan pusat kromosom berbentuk bulat dan lengan kromosom yang mengandung kromonema & gen berjumlah dua buah (sepasang). Karena dapat menyerap warna dengan jelas, maka dapa diamati di bawah mikroskop. Zat penyusun kromosom disebut kromatin dan merupakan jalinan benang-benang halus dalam plasma inti. Setiap akhir kromosom dibatasi oleh telomer, serangkaian DNA berulang yang melindungi kromosom dari kerusakan.


Sumber:
1. Kromosom (id.wikipedia.org)
2. Chromosome (en.wikipedia.org)
3. Kromosom (Artikel Lengkap) (hedisasrawan.blogspot.com)
4. Pengertian Gen dan Kromosom (idonkelor.blogspot.com)
5. Pengertian Kromosom & Jumlah Kromosom Pada Manusia, Hewan Dan Tumbuhan (organisasi.org)
6. Apa Fungsi Kromosom (smabiologi.blogspot.com)
7. Pengertian Kromosom (wanenoor.blogspot.com)
8. Pengertian Kromosom (id.shvoong.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Membran Sel (Artikel Lengkap)

Membran sel adalah membran yang dimiliki oleh semua jenis sel yang berupa lapisan yang disebut membran plasma yang memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel. Fungsinya adalah untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma.

5 Cara Belajar di Tempat Sunyi

5 Cara Belajar di Tempat SunyiDahulu kita pernah membahas tentang 10 cara belajar yang baik dan benar. Baru-baru ini, saya memantau ada beberapa orang yang mencari cara belajar di tempat sunyi. Saya sedikit bingung, apakah cara supaya mendapatkan tempat sunyi atau cara memaksimalkan tempat sunyi tersebut. Yah keduanya aja dah. Berikut adalah cara belajar di tempat sunyi. Langsung saja kita simak yang pertama:

4 Akibat Fatal Terserang Cacing Kremi

4 Akibat Fatal Terserang Cacing KremiCacing kremi adalah parasit yang biasanya menyerang manusia khususnya anak-anak di negara berkembang. Cacing ini menginfeksi manusia melalui telurnya yang masuk ke dalam sistem pencernaan pada manusia. Manusia biasanya terkena cacing kremi karena makanan, minuman, lingkungan, dan air yang tidak bersih atau terkontaminasi telur cacing kremi. Akibat yang ditimbulkan oleh cacing ini cukup fatal seperti insomnia dan peradangan. Nah, berikut adalah akibat fatal terserang cacing kremi. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Insomnia. Salah satu tanda-tanda seseorang terkena infeksi cacing ini adalah insomnia atau sulit tidur. Hal ini disebabkan banyaknya kegiatan di dalam usus maupun pada anus ketika seharusnya anggota tubuh Anda beristirahat.
  2. Vaginitis adalah peradangan terhadap Vagina. Hal ini dapat mengakibatkan pelepasan, gatal dan nyeri.
  3. Nafsu makan menurun. Hal ini disebabkan aktivitas cacing ini yang sangat mengganggu di dalam usus dan sudah terlampau banyak berkembang biak. Biasanya terjadi pada anak-anak yang akhirnya lebih senang jajanan yang tidak bergizi dan menurunkan nafsu makan.
  4. Salpingitis adalah infeksi dan peradangan di saluran tuba. Ketika peradangan terjadi, ekstra cairan sekresi atau nanah terkumpul di dalam tabung tuba. Infeksi dari salah satu tabung tuba biasanya menyebabkan infeksi lain. Hal ini terjadi karena bakteri bermigrasi melalui pembuluh getah bening di dekatnya.

Sumber:
1. Waspadai Bahaya Cacing Kremi (anneahira.com)
2. Cacing kremi (id.wikipedia.org)
3. Vaginitis (id.wikipedia.org)
4. Enterobiasis (en.wikipedia.org)
5. Salpingitis (artikelkedokteran.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

5 Tips Merawat Telinga

5 Tips Merawat TelingaTelinga adalah salah satu alat indra yang penting. Jika telinga kita rusak, kita tidak akan bisa mengobrol dengan teman kita, menelpon, mendengarkan musik, dan beberapa hal yang berkaitan dengan pendengaran. Untuk itu, betapa pentingnya untuk merawat telinga kita supaya tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Nah, berikut adalah 5 tips merawat telinga yang berhasil saya himpun dari seorang dokter THT. Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Akibat Jika Kita Mencintai Sahabat

5 Akibat Jika Kita Mencintai SahabatBagaimana jika kita mencintai sahabat kita sendiri? Terkadang, kita menyukai sahabat kita sendiri yang berlawanan jenis dengan kita (tentunya!). Yang selalu ada di saat kita senang atau sedih. Itulah namanya sahabat. Jadi, menyukai sahabat itu wajar karena dia selalu dekat dengan kita. Namun, sebaiknya kita menghindari suka sama sahabat sendiri. Karena itu akan sangat berisiko mengancam hubungan persahabatan Anda. Nah, berikut adalah beberapa akibat jika kita mencintai sahabat. Langsung saja kita simak yang pertama:

(Anda mungkin tertarik dengan artikel tentang 8 Kesalahan Dalam Mencintai Seseorang Yang Harus Anda Hindari)

Sistem Reproduksi pada Manusia (Artikel Lengkap)

Salah satu ciri makhluk hidup khususnya manusia adalah berkembang biak. Manusia berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Untuk berkembang biak manusia menggunakan alat reproduksi. Alat reproduksi pada manusia terdiri dari beberapa bagian yang disebut sistem reproduksi. Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak.

Cara Akrab dengan Orang yang Belum Akrab dengan Kita

Cara Akrab dengan Orang yang Belum Akrab dengan KitaBagaimana caranya supaya kita akrab dengan orang yang belum akrab dengan kita? Hal ini biasa terjadi jika orang yang dimaksud adalah murid baru, teman sekelas yang baru karena kelas diacak lagi, dan orang yang pintar. Yang paling utama adalah teman sekelas baru karena kelas diacak lagi. Semula dia dari kelas D ke kelas C sementara kita dari kelas G ke kelas C. Beberapa sekolah menerapkan kebijakan tersebut pada siswanya. Kita pasti akan hanya akrab dengan bekas teman sekelas kita yang menjadi teman sekelas kita lagi dan teman satu ekstrakurikuler.

Selain itu, orang yang mungkin akan susah buat di ‘akrabisasi’ adalah orang yang pintar. Orang pintar biasanya lebih suka menyendiri dan susah berinteraksi dengan teman sekelasnya. Mungkin karena mereka takut dicontek. Pas SMP, saya juga pernah kenal dengan orang semacam ini. Dia orangnya cuek banget. Tetapi, saya mulai kenal dan akrab dengannya berkat teman saya. Teman saya yang satu ini memang agak jail orangnya dan suka menggoda orang yang belum dikenalinya sehingga dia akrab dengan orang itu. Nah, jadi…

Untuk kenal dengan orang yang belum akrab dengan kita, kita harus dekat dengan orang yang akrab dengannya. Ikuti alur dan cara mereka bercanda, dan kemudian ikutlah bercanda. Saya yakin pasti berhasil karena bercanda terkadang membuat orang menjadi saling akrab. Dan itu dibantu oleh teman yang sudah akrab dengannya sebelumnya.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Cinta itu Mudah, Tapi Susah Dijalanin…

Cinta itu Mudah, Tapi Susah Dijalanin…Tips Cinta yang saya berikan adalah berdasarkan hasil riset dan jika semua itu dilakukan dengan baik, pastilah akan berhasil. Namun, ada sebuah kendala atau halangan yang mungkin membuat semuanya itu tidak berjalan dengan berhasil. Halangannya adalah hati kita. Pada umumnya, hati seseorang cenderung malu ketika harus berhadapan dengan orang yang kita suka. Nah, hal tersebutlah yang cenderung membuat kita sembunyi-sembunyi atau secara misterius memberikannya hadiah saat ulang tahun dan kita cenderung lebih suka menceritakan kepada teman terdekat Anda atau teman terdekatnya bahwa Anda suka kepadanya. Padahal Anda bisa langsung menceritakannya kepada gebetan Anda dan langsung menembaknya.

Vakuola (Artikel Lengkap)

Vakuola adalah organel sel yang ditemukan di semua jenis tumbuhan dan jamur dan beberapa protista, hewan, dan sel bakteri. Vakuola dibatasi selaput tipis (disebut tonoplas) yang berisi air yang mengandung molekul organik dan anorganik termasuk enzim. Vakuola juga berisi asam organik, asam amino, glukosa, gas, garam-garam kristal, alkaloid. Semakin tua suatu tumbuhan, maka vakuola yang terbentuk semakin besar.

20 Ciri Khusus Hewan dan Manfaatnya

Setiap hewan memiliki ciri-ciri khususnya masing-masing. Ciri-ciri tersebut tidaklah lain bertujuan untuk melindungi dirinya dan menyesuaikan dirinya. Perbedaan ciri khusus hewan disebabkan oleh perbedaan iklim dan keadaan habitatnya. Nah, berikut adalah beberapa macam ciri khusus pada hewan beserta manfaat yang didapat hewan tersebut dari ciri khususnya. Langsung saja kita simak yang pertama:
  1. Zebra: Tubuh zebra terdapat pola belang hitam putih yang bermanfaat untuk membingungkan predator yang ingin mengejarnya.
  2. Kelelawar: Dapat terbang di malam hari dengan mengandalkan telinga dan suara ultrasonik. Ciri khusus tersebut bermanfaat untuk mencari mangsa di malam hari. Kelelawar tidak dapat mencari mangsa di siang hari karena penglihatannya terlalu sensitif.
  3. Laba-laba: Laba-laba mampu membuat sarang seperti jaring di ranting pohon. Manfaat jaring tersebut selain sebagai tempat tinggal, sarang tersebut juga bermanfaat untuk menangkap mangsa seperti capung. (Selengkapnya: 5 Ciri Khusus Laba-Laba)
  4. Cicak: Cicak memiliki kemampuan untuk merayap yang bermanfaat untuk mendapatkan mangsanya yaitu nyamuk berkat telapak kakinya yang seperti perekat.
  5. Jerapah: Jerapah memiliki leher yang panjang yang bermanfaat untuk meraih daun yang berada sangat tinggi di atas pohon.
  6. Bebek: Kaki-kaki bebek berselaput dan paruhnya yang terlalu runcing. Ciri khusus bebek tersebut bermanfaat untuk mencari makanan di dalam lumpur.
  7. Sigung: Sigung memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bau yang sangat menyengat yang bermanfaat untuk mengusir predator yang mendekatinya.
  8. Bunglon: Bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya menyesuaikan warna bidang yang diinjaknya. Kemampuan ini disebut mimikri. Manfaat kemampuan ini adalah untuk mengelabui predator.
  9. Kalajengking: Kalajengking memiliki sengatan yang sangat beracun yang bermanfaat untuk melawan musuhnya. (Selengkapnya: 6 Ciri Khusus Kalajengking)
  10. Ikan Penyumpit: Ikan penyumpit memiliki kemampuan menyemburkan air dengan tenaga yang cukup kuat. Kemampuan tersebut bermanfaat untuk membuat mangsa jatuh ke air sehingga memudahkan ikan tersebut untuk memangsanya.
  11. Ular berbisa: Ular berbisa memiliki bisa (racun) yang bermanfaat untuk membunuh siapapun yang mengganggunya atau ingin memangsanya.
  12. Beruang kutub: Beruang kutub memiliki bulu yang sangat tebal yang bermanfaat untuk melindungi dirinya dari cuaca yang sangat dingin.
  13. Unta: Unta memiliki kemampuan untuk bertahan tanpa air selama berhari-hari. Itu karena unta memiliki punuk yang mampu menyimpan banyak cadangan air. Ketika unta menemukan sumber air, dia akan minum sebanyak-banyaknya. Manfaat kemampuan ini adalah supaya unta dapat tetap bertahan hidup di tengah padang gurun yang sangat kering.
  14. Elang: Elang memiliki penglihatan yang sangat tajam yang bermanfaat untuk mendeteksi mangsa dari jarak jauh.
  15. Burung hantu: Sama seperti kelelawar, burung hantu juga memiliki penglihatan yang peka terhadap cahaya dan indra pendengaran yang sangat kuat. Manfaatnya adalah untuk mencari mangsa di malam hari.
  16. Landak: Landak melindungi dirinya dengan cara menunjukkan duri pada tubuhnya yang bermanfaat untuk menakuti siapapun yang hendak mengganggu atau memangsanya.
  17. Kanguru: Kangguru memiliki keunikan dalam hal merawat anaknya, yaitu menaruh anaknya di dalam sebuah kantong di bagian depan perutnya. Di kantongnya terdapat kelenjar susu dan menjadi sumber makanan selama anaknya berada di kantong induknya. Manfaat kantong tersebut untuk memudahkan kanguru untuk membawa anaknya yang baru lahir.
  18. Walang sangit: Sama seperti sigung, walang sangit juga mengeluarkan bau yang sangat menyengat yang bermanfaat untuk mempertahankan diri.
  19. Kura-kura: Kura-kura memiliki cangkang yang sangat kuat. Cangkang tersebut bermanfaat untuk menjaga diri dari bahaya predator.
  20. Belut listrik: Belut listrik memiliki sengatan listrik yang sangat kuat yang bermanfaat untuk melumpuhkan mangsa atau pemangsa.

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Ribosom (Artikel Lengkap)

Ribosom merupakan salah satu organel kecil, padat, dan tidak bermembran yang ditemukan pada semua sel. Diameter ribosom sekitar 17-20 µm. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Molekul utama penyusun ribosom adalah ribosomal RNA atau disingkat rRNA serta protein. Ribosom terdapat pada sel eukariot dan prokariot dan berjumlah sampai 1000 buah.

Kloroplas (Artikel Lengkap)

Kloroplas adalah organel sel yang pada umumnya hanya ditemukan di dalam kingdom plantae (tumbuhan) dan di dalam sel alga. Tetapi kloroplas tidak ada dalam semua sel. Warna daun berasal dari klorofil, pigmen warna hijau yang terdapat didalam kloroplas. Kloroplas sangat berperan dalam proses fotosintesis. Kloroplas adalah plastid yang mengandung klorofil. Dari semua proses biologis yang terjadi di Bumi, fotosintesis adalah salah satu yang paling penting. Landasan piramida makanan yang membuat kehidupan berlangsung di planet kita adalah makanan yang dibuat oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis.

Mitokondria (Artikel Lengkap)

Mitokondria adalah organel sel yang berfungsi sebagai tempat respirasi sel makhluk hidup. Secara garis besar, tahap respirasi pada tumbuhan dan hewan melewati jalur yang sama, yang dikenal sebagai daur atau siklus Krebs. Mitokondria kerap disebut sebagai “pembangkit energi” bagi sel karena mitokondria yang paling banyak menghasilkan energi ATP untuk sel. Mitokondria berisi sejumlah enzim dan protein yang membantu proses karbohidrat dan lemak yang diperoleh dari makanan yang kita makan untuk melepaskan energi. Mitokondria mempunyai dua lapisan membran, yaitu lapisan membran luar dan lapisan membran dalam.

Badan Golgi (Artikel Lengkap)

animasi badan golgiBadan golgi atau aparatus golgi adalah salah satu organel sel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel. Badan golgi berupa kantung pipih bertumpuk yang tersusun dari ukuran besar hingga ukuran kecil dan terikat membran. Badan golgi pertama kali ditemukan pada tahun 1898 oleh Camillo Golgi. Badan golgi berfungsi untuk memproses protein dan molekul lain yang akan dibawa keluar sel atau ke membran sel.

5 Hal yang Harus Dimiliki Calon Pengusaha Sukses

5 Hal yang Harus Dimiliki Calon Pengusaha SuksesSemua orang ingin menjadi sukses. Dengan menjadi sukses, kita akan mempunyai banyak waktu luang sementara kita juga mempunyai uang yang banyak. Pada umumnya itu bisa dicapai dengan menjadi pengusaha. Dengan menjadi pengusaha, pekerjaan terasa seperti tanpa beban karena kita akan melakukannya dengan senang hati tanpa adanya paksaan. Nah, berikut adalah 5 hal yang harus dimiliki calon pengusaha sukses. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Ketrampilan Mengelola Skala Prioritas

Skala prioritas itu sangat penting dibuat. Karena dalam sebuah pekerjaan, ada hal yang penting untuk dilakukan/dipenuhi, ada juga hal yang tidak terlalu penting untuk dipenuhi. Lakukan dulu pekerjaan yang Anda anggap itu mendesak sekali untuk dilakukan. Nah, pada waktu senggang barulah Anda lakukan pekerjaan lainnya. Dengan mengatur skala prioritas, Anda akan menghemat banyak waktu untuk menyelesaikan lebih banyak lagi pekerjaan.

2. Ketrampilan Memanajemen Waktu

Setiap pengusaha harus pintar-pintar dalam mengelola waktu. Itu bertujuan supaya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan lebih efisien, sehingga Anda bisa berlibur bersama keluarga atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Tidak mempunyai ketrampilan memanajemen waktu adalah hal utama yang pada umumnya membuat usaha seseorang menjadi hancur. Karena mereka tidak pernah menyelesaikan target mereka tepat pada waktunya. Jadi, buatlah target yang masuk akal dan efisienkan waktu pengerjaan supaya pekerjaan Anda selesai sesuai target yang diharapkan.

3. Pengetahuan dan Ketrampilan yang Selalu Meningkat

Selain pengetahuan dan ketrampilan yang Anda miliki saat ini, Anda juga perlu untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan Anda. Ini penting mengingat perkembangan laju persaingan yang semakin ketat. Maka Anda perlu setiap saat selalu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang Anda miliki. Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, Anda tidak harus kuliah setinggi mungkin. Malah itu akan membuat Anda menjadi semakin takut dengan resiko. Caranya adalah cukup dengan membaca buku, mengikuti seminar, bertanya kepada orang yang telah berpengalaman, melakukan analisis terhadap hasil usaha Anda, dll.

4. Kemampuan dalam Memenuhi Setiap Keinginan Konsumen

Anda mungkin boleh tidak memenuhi setiap keinginan teman Anda, tetapi usahakan untuk memenuhi setiap keinginan konsumen. Karena dalam bisnis, Anda harus mampu mencari peluang sebanyak-banyaknya selain fokus utama bisnis Anda. Bisnis itu selalu berkembang setiap saat, dan konsumenlah yang tahu perkembangan tersebut melalui keinginannya. Dengan begitu, Anda harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang lebih untuk memenuhi setiap keinginan konsumen.

5. Ketrampilan dalam Berkomunikasi

Untuk menjadi pebisnis yang handal, Anda juga pasti akan perlu mitra bisnis untuk mengembangkan usaha Anda. Anda harus mulai belajar berkomunikasi dengan lawan bicara yang akan menjadi mitra bisnis Anda. Supaya Anda bisa meyakinkan lawan bicara tersebut.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Retikulum Endoplasma (Artikel Lengkap)

Retikulum endoplasma adalah organel yang berupa kumpulan kantung seperti membran berbentuk pipa, gelembung, dan kantung pipih yang meluas dalam sitoplasma sel eukariot. Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. Retikulum endoplasma dibagi dua kategori, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm (nanometer, 10-9 meter).

Lisosom (Artikel Lengkap)

lisosomLisosom adalah salah satu organel sel yang mengandung enzim hidrolitik yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler. Lisosom berasal dari kata lyso yang berarti “pencernaan” dan soma yang berarti “tubuh”. Lisosom berbentuk agak bulat dan berdiameter sekitar 1,5 μm. Lisosom hanya berada di sel hewan. Lisosom tidak berada di sel tumbuhan karena pada sel tumbuhan telah memiliki vakuola yang memiliki fungsi yang sama dengan lisosom.

Ada dua jenis lisosom yang dikenal sampai saat ini, yaitu lisosom primer dan lisosom sekunder. Perbedaannnya adalah, bahwa lisosom primer merupakan lisosom yang belum digunakan untuk pencernaan/hirolisis, sedangkan lisosom sekunder merupakan lisosom primer yang telah bekerja dan menyatu dengan membran fagosom.

Ciri-Ciri Masyarakat Berkembang

Masyarakat berkembang atau masyarakat transisi adalah masyarakat yang mengalami perkembangan dari masyarakat pedesaan menjadi masyarakat perkotaan atau dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Kebanyakan masyarakat berkembang mulai beralih profesi dari sektor pertanian menuju sektor perindustrian. Berikut adalah ciri-ciri masyarakat berkembang. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Mulai mengalami perubahan profesi. Seperti dari sektor pertanian atau perkebunan menjadi sektor perdagangan atau industri.
  2. Tingkat pendidikan pada masyarakat berkembang mulai mengalami kemajuan.
  3. Masyarakat mulai tidak tertutup lagi dengan pengaruh budaya luar dan mulai pintar memilah mana budaya luar yang baik dan mana budaya luar yang buruk.
  4. Mobilitas masyarakat mulai meningkat.
  5. Masyarakat mulai mengenal teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  6. Telah terdapat akses transportasi yang memadai. Seperti jalan raya, pelabuhan, bandara, dll.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Rangkuman: Negara Maju dan Negara Berkembang

  2. Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia (Materi Ringkasan)

  3. Negara Maju dan Negara Berkembang (Bagian 1)

  4. Negara Berkembang (Artikel Lengkap)

  5. 10 Permasalahan yang Terjadi di Negara Berkembang


Sumber:
1. MASYARAKAT TRANSISI (httpmasyarakattransisi.blogspot.com)
2. Masyarakat Tradisional, Berkembang dan Modern (abetamam.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Sama Gebetan Jangan Terlalu Berkorban!

Sama Gebetan Jangan Terlalu Berkorban!Saat kita sedang benar-benar mencintai sesorang, kita pastilah selalu berusaha untuk membuatnya senang walaupun itu dengan sedikit berkorban. Berkorban boleh, namun sebaiknya tidak sampai terlalu berlebihan karena sangat merugikan kita. Yang pertama, gebetan kita akan menjadi matre dan hanya mau jadi pacar Anda jika Anda memberikan apapun yang dia inginkan. Kedua, jika dia menolak cinta kita, maka kita akan merasa sangat sakit karena selain tidak berasil mendapatkan hatinya, kita akan merasa menyesal karena terlalu banyak memberi kepadanya.

Berkorban kecil-kecilan itu sah-sah saja. Contohnya membantunya meminjamkan alat tulis atau membantu dia mengerjakan PR. Anda juga bisa mengorbankan sedikit waktu Anda untuk menemaninya curhat atau belanja di kantin. Atau hanya sekedar mentraktirnya semangkuk bakso, atau membelikannya sesuatu yang murah saat dia ulang tahun atau pada saat hari valentine. Itu malah membuatnya cukup senang dengan Anda.

Janganlah berkorban terlalu besar. Seperti membelikannya sesuatu yang mahal. Memaksa diri untuk membantunya padahal Anda tidak bisa membantunya. Itu hanya akan merugikan Anda. Jika seandainya dia mau pacaran dengan Anda, pastilah itu tidak dengan hati yang tulus. Dia pasti bakal menjadi matre dan selalu keinginannya harus terpenuhi oleh Anda. Jika dia menolak Anda bahkan menjauhi Anda, maka Anda akan merasa sangat menyesal. Mengapa? Cobalah pikir, gimana sih rasa sakitnya ketika semua pengorbanan besar Anda hanyalah sia-sia. Nah, seperti itulah rasanya.

Cinta tidak bisa dibeli dengan uang, namun bisa didapat dengan hati yang tulus ikhlas. Kalaupun bisa, itu bukan cinta namanya.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

10 Fungsi Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ terpenting dalam hewan khususnya manusia. Manusia perlu bernapas setiap saat. Jika manusia tidak bernapas dalam waktu cukup lama, maka manusia akan pingsan atau mati. Paru-paru memiliki banyak fungsi vital yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah berbagai macam fungsi paru-paru. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Respirasi. Manusia menghirup udara karena memerlukan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan untuk membantu perombakan bahan makanan dalam tubuh. Jadi, paru-paru tentu saja merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia.
  2. Ekskresi. Saat manusia menghembuskan napas, manusia mengeluarkan gas karbondioksida dan uap air. Jadi, paru-paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.
  3. Mengendalikan pH darah dengan cara mengubah tekanan karbon dioksida.
  4. Menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam vena.
  5. Mempengaruhi konsentrasi beberapa zat biologis dan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan dalam darah.
  6. mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II oleh enzim angiotensin-converting.
  7. Dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung hati dari guncangan.
  8. Menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal.
  9. Paru-paru berfungsi sebagai reservoir darah dalam tubuh. Volume darah paru-paru adalah rata-rata sekitar 450 mililiter, sekitar 9 persen darah total volume seluruh sistem peredaran darah. Kuantitas ini dapat dengan mudah berfluktuasi antara setengah dan dua kali volume normal. Kehilangan darah dari sirkulasi sistemik oleh perdarahan dapat sebagian dikompensasi oleh darah dari paru-paru ke dalam pembuluh sistemik
  10. Aksi siliaris eskalator adalah sistem pertahanan yang penting terhadap infeksi ditanggung udara. Partikel debu dan bakteri di udara yang dihirup terperangkap dalam lapisan lendir hadir pada permukaan mukosa saluran pernapasan dan naik menuju faring oleh berirama ke atas pemukulan Silia.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Alat-Alat Ekskresi pada Manusia

  2. 8 Organ Pernapasan Pada Manusia

  3. 20 Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia

  4. 6 Alat Pernapasan pada Manusia

  5. Sistem Kekebalan Tubuh Manusia (Artikel Lengkap)


Sumber:
1. Mengapa oksigen sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup? (deyk4keyr3nz.wordpress.com)
2. Lung (en.wikipedia.org)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

close