5 Tips Merawat Telinga

loading...

5 Tips Merawat TelingaTelinga adalah salah satu alat indra yang penting. Jika telinga kita rusak, kita tidak akan bisa mengobrol dengan teman kita, menelpon, mendengarkan musik, dan beberapa hal yang berkaitan dengan pendengaran. Untuk itu, betapa pentingnya untuk merawat telinga kita supaya tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Nah, berikut adalah 5 tips merawat telinga yang berhasil saya himpun dari seorang dokter THT. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jangan Pakai Cotton Buds

Jangan pernah memakai cotton buds untuk mengorek kuping Anda. Karena itu bisa melukai telinga Anda. Selain itu, menggunakan cotton buds malah akan mendorong kotoran pada telinga lebih dalam lagi dan pada akhirnya akan merusak gendang telinga Anda. Bahkan ada beberapa saraf di dalam telinga yang bila disentuh akan menyebabkan batuk, muntah, atau bahkan pingsan.

2. Jangan Pakai Ear Candle

Tahukah Anda ear candle atau biasa disebut corong? Adalah sebuah alat berbentuk corong yang digunakan dengan cara dibakar corong terbesarnya kemudian corong yang kecil didekatkan ke telinga dan tunggu hingga corong habis terbakar. Nah, menurut dokter THT, itu bisa melukai lapisan kulit dalam telinga yang sangat tipis dan menyebabkan efek gatal pada telinga.

3. Kunyah Makanan Dengan Baik

Nah, jika semua alat yang paling umum digunakan itu tidak disarankan oleh dokter THT. Maka hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga telinga kita supaya selalu bersih adalah dengan mengunyah makanan dengan baik. Mengapa demikian? Karena pada saat kita mengunyah dan menelan, itu akan membersihkan telinga kita dari kotoran karena kontraksi otot dari mulut juga menggerakan telinga.

4. Perhatikan Waktu Penggunaan Headset

Jika kita sedang mendengarkan musik dengan headset, sebaiknya kita ketahui batasan waktunya. Disarankan saat kita mendengar musik dengan 80 desibel, maka kita hanya boleh mendengarnya selama 15 menit. Bagaimana cara kita mengetahui tingkat desibel tersebut? Nah, 80 desibel itu adalah lagu yang pada umumnya kita dengar. Untuk lagu rock bosa sampai 100 desibel. Mendengarkan musik terlalu keras akan

5. Perika Ke Dokter

Yang terpenting adalah periksakan telinga Anda ke dokter THT. Disarankan setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa telinga Anda dan untuk mencegah telinga dari infeksi. Di dokter THT terdapat peralatan canggih untuk membersihkan telinga Anda.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment