Selamat Tahun Baru 2012

Happy New Year

Esok adalah misteri, hanya harapan yang akan tetap hidup menerangi gelapnya misteri. Jangan berhenti berharap meskipun tahun telah berganti karena itulah yang tetap membuat kita tetap tersenyum.

 

Tik...tik...tik...tik

Tok...tok...tok...tok

Ding...ding...ding...ding

Apapapun suara yang anda dengar saat ini

Kesemuanya hanya punya satu arti yaitu masa depan.

 

Bukan tiupan terompet yang membuat malam ini meriah

Tidak pula indahnya letusan kembang api yang membuat malam ini indah

Setiap detik bagiku menjadi berarti karena keberadaanmu yang menemaniku menatap masa depan.

 

Percaya akan ramalan hanya akan membuat kita takut menghadapi masa depan

Percaya harapan akan membuat anda melewati masa dengan keberanian

 

Jangan khawatir kawan 2012 tidak akan terjadi apapun

Kalaupun ada yang terjadi itu adalah kesuksesan besar yang telah engkau rancang saat ini

Selamat Tahun 2012, Selamat menikmati sukses atas kerja kerasmu.

 

Dariku yang istimewa untukmu adalah do'a dan harapan agar ditahun mendatang kebahagiaan senantiasa menyertaimu.

Tahun 2011 segera berakhir

Tahun 2012 akan menjelang

Segenap rekan kerja HdS mengucapkan selamat tahun baru 2012.

 

Dari Hedi Sasrawan:

Selamat tahun baru 2012 buat orangtuaku, temanku di IXA, sahabatku termasuk Sinta, Anita, dan semua pembaca setia blogku.

Semoga di tahun yang baru ini, kita semua selalu sehat dan bahagia bersama.. Smile

Pahami, Bukan Hafalin!

BelajarSaya bukan bermaksud mengancam yaa. Hehehee.. Memang benar sih, untuk mempelajari sebuah Materi Pelajaran, lebih baik kita memahaminya daripada menghafalkannya. Memang memahami itu cukup sulit tapi jika sekali kita paham maka akan terus lengket di pikiran kita dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan kalau menghafalkan tidak hanya membuat pikiran kita menjadi tegang. Tapi juga ingatan kita dari hafalan itu bersifat jangka pendek. Jadi mudah lupa. Juga kita tidak bisa mengembangkan apa yang kita hafali tersebut. Seperti contoh: Jika mencari z maka rumusnya z = a x b. Siapa tahu di soal yang ditanya adalah a. Bingunglah kita. Menyadari hal itulah, saya akan memberikan kepada anda Cara Saya dalam memahami suatu Materi Pelajaran. Langsung saja kita simak yang pertama:

Top 10 Artikel Terpopuler Hedi Sasrawan 2011

Top 10 Artikel 2011Untuk menyambut tahun baru 2012 dan ini juga merupakan salah satu persiapan blog untuk menghadapi tahun 2012, saya akan memberikan daftar Top 10 Artikel Terpopuler Hedi Sasrawan 2011 yang dihitung dari tanggal 1 Januari 2011 sampai 24 Desember 2011. Terima kasih sebanyak-banyaknya buat para pembaca setia blog saya dan para developer blog saya yang telah membantu mengembangkan blog saya sampai seperti sekarang ini. Sekarang, blog ini telah mencapai 5000 pengunjung setiap bulannya. Walau sedikit tapi bila terus diusahakan, maka akan menjadi sangat dahsyat, jauh lebih dahsyat dari sebelumnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Selamat Hari Ibu (Spesial Untuk Ibu)

Selamat Hari IbuKutahu, bunda
Tanganmu tak pernah lepas berharap untukku
dalam setiap do’a yang kau panjatkan
Kutahu bunda
Senyummu selalu menyapa dalam setiap kata cinta
yang keluar dari lisanmu
Kutahu bunda
Mata hatimu selalu terjaga dalam setiap derapku


IBU….
SEMBILAN BULAN ENGKAU BERJUANG MENGANDUNGKU
LALU ENGKAU BERTARUH NYAWA MELAHIRKANKU
PERJUANGANMU SUNGGUH BERAT IBUKU
MAAFKAN AKU IBUKU….
AKU TAK PERNAH BERTERIMA KASIH ATAS JASAMU


Andai aku bisa, bunda
Kan kubalas segenap cinta dan kasihmu
Andai aku mampu, bunda
Kan kupersembahkan seterang kilauanmu,
sehangat dekapanmu, setulus kasihmu,
dan sebijak nasihatmu


IBU,
MAAFKAN ANAKMU YANG BANYAK BERDOSA PADAMU INI
SEKARANG, AKU AKAN BERTERIMA KASIH PADAMU
ATAS SEGALA JASAMU YANG TAKKAN BISA KUBALAS
SAMPAI KAPANPUN


Selamat hari ibu.. :)


I love you, mom.. :*
Hedi Sasrawan | Dika Setiawan

Tips Membeli HP/Handphone/Ponsel

Tips Membeli HP/Handphone/PonselKali ini, Hedi Sasrawan akan memberikan sebuah tips Cara Saya untuk membeli sebuah HP/handphone/ponsel agar anda mendapatkan HP yang bagus dalam hal merk, fitur, spesifikasi, dan harga tentunya. HP adalah benda elektronik yang paling sering bahkan sekarang menjadi kebutuhan masyarakat jaman modern ini. Ada banyak sekali varian dari HP, mulai dari harganya yang murah sampai ada yang diatas 3 juta; fiturnya yang lengkap sampai fitur yang paling mendasar (nelpon dan SMS); kamera sampai 5, 8, bahkan ada yang sampai 12 megapiksel; layar sentuh/qwerty/keduanya; prosesor (kok kayak komputer aja yaa?) sampai mendekati komputer 5 tahun yang lalu bahkan Dual-Core; aplikasi dan permainan yang semakin lengkap dan canggih; dan mulai yang sangat tipis (dibawah 1cm) sampai yang lebih tebal. Semakin lengkapnya fitur kadang membuat kita bingung mau beli HP yang mana. Nah, kali ini, saya akan memberikan beberapa tipsnya (maaf kalo agak ngawur). Langsung saja kita simak yang pertama:

Akhirnya Saya Bisa! Membuktikannya

Sukses Dalam PelajaranTanggal 16 Desember 2011 adalah hari yang paling menegangkan selama 5 bulan terakhir. Tau kenapa? Karena pada hari itu adalah hari pembagian rapot. Saya ingin melihat berapa nilai rata-rata saya dan saya dapat peringkat ke berapa. Tapi saya sedikit takut untuk melihat hasilnya, jangan-jangan nilai saya kembali jatuh seperti semester lalu. Apalagi yang mengambil rapot itu adalah orangtua siswa, jadi saya sedikit tidak sabar untuk mengetahuinya.
Saya terus menunggu sambil SMSan dengan sahabatku, Sinta. Dan akhirnya, ada kabar pertama dari Sinta:

Lembaga Keuangan

lembaga keuangan

Menurut SK Menkeu RI No. 792/1990 yang dimaksud lembaga keuangan adalah semua badan yang memiliki kegiatan di bidang keuangan berupa penghimpunan dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan.

Lembaga keuangan perbankan berperan dalam menopang perekonomian suatu negara. Lembaga ini menjalankan kegiatan usaha berupa menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit. Lembaga keuangan adalah badan usaha yang mengumpulkan asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan disalurkan untuk pendanaan proyek pembangunan serta kegiatan ekonomi dengan memperoleh hasil dalam bentuk bunga sebesar prosentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan. Lembaga keuangan merupakan bagian utama dari sistem keuangan dalam ekonomi modern yang melayani masyarakat pemakai jasa-jasa keuangan. Lembaga keuangan utama adalah Bank. Dengan bantuan lembaga keuangan para pelaku usaha dapat melakukan transaksi keuangan dalam jumlah besar yang tidak mungkin dilakukan secara tunai.

Apa saja yang termasuk dalam lembaga keuangan? Lembaga keuangan dibedakan menjadi dua, yaitu bank dan lembaga keuangan bukan bank.

Pentingnya Memiliki Banyak Teman

teman baikPunya banyak teman berarti punya banyak kesempatan untuk sukses. Itulah sebab betapa pentingnya teman itu. Maka dari itu, carilah teman sebanyak-banyaknya dan akrabkan anda dengan mereka. Siapa tahu dia bisa membantu anda untuk menjalani bisnis/apapun yang sedang anda jalani. Teman yang baik adalah teman yang mengerti anda, siap membantu anda bila anda membutuhkannya, dan merasa kehilangan jika anda meninggalkan teman anda.
Lalu, bagaimana cara agar mendapatkan teman yang seperti itu? Yaitu dengan melakukan apa yang anda ingin dia lakukan dengan anda. Seperti, jika anda ingin teman anda membantu anda maka anda juga harus membantu mereka. Bantulah mereka seperti anda membantu diri anda sendiri. Lakukan dengan senang hati, bantu mereka dengan semua kemampuan anda. Itulah yang disebut teman sejati.

Tulisan adalah Aset Utama Blog Anda

aset blogTulisan adalah aset utama blog anda. Kenapa? Karena tujuan pengunjung mengunjungi blog anda adalah untuk mencari informasi, informasinya tertuang dalam berbagai artikel di blog anda, dan dalam artikel mengandung tulisan. Jadi, pengunjung anda mencari tulisan anda. Semakin berkualitas isi tulisan dalam artikel blog anda, maka semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi blog anda. Pengunjung tersebut kemungkinan berasal dari search engine(mesin pencari), link dari website/blog orang lain yang menuju ke blog anda, atau bahkan dari teman mereka yang menceritakan betapa bagusnya blog anda untuk dikunjungi. Pengunjung yang banyak akan menghasilkan pendapatan yang banyak pula bagi anda karena banyak yang mengklik iklan PPC anda atau banyak yang ingin memasang iklan di blog anda. Itulah penjelasan kenapa tulisan adalah aset utama blog anda.

Ulangan Umum Telah Selesai!

Setelah berjuang cukup lama untuk menghadapi ulangan umum bersama yang berlangsung dari tanggal 28 November 2011 sampai tanggal 3 Desember 2011. Akhirnya, selesai juga ‘event’ penentuan terakhir nilai raport kelas 9 semester 1. Bagaimana dengan pelaksanaan ulangan umumnya? Apakah lancar? Jawaban saya adalah “iyaa, tapi ada beberapa soal yang sulit saya kerjakan”. Bagaimana cara anda untuk menghadapi ulangan umum ini? Kalau CaraSaya™ adalah dengan Tetap Semangat! Untuk belajar dengan bersungguh-sungguh 2 minggu sebelum ulangan umum tiba, mengerjakan setiap soal dengan cermat dan teliti, selalu berdoa dan meminta restu dari orangtua, dan menerapkan 5Y!. Apa itu 5Y!? Adalah Yakin, yakin, yakin, yakin, dan yakin! Hehe :D
Saya akan berikan sedikit tentang ulangan umum. Ulangan umum adalah babak penentuan terakhir dari hasil raport semester selain nilai dari ulangan harian, PR, dan nilai tambahan yang didapatkan. Ada kata ‘ulangan’ yang mungkin berarti mengulang kembali apa yang sudah kita pelajari pada semester ini. Ulangan umum meliputi semua pelajaran dan muatan lokal (mulok) yang diajarkan. Banyak soal yang diberikan bervariasi tergantung tingkat kesulitan dan materinya. Biasanya jumlah soal matematika lebih sedikit dibandingkan bahasa Indonesia. Mungkin itu dikarenakan karena matematika dianggap lebih susah daripada bahasa Indonesia. Lama ulangan umum biasanya 90-120 menit per pelajaran.

Tugas Sosiologi: Perubahan Sosial Budaya

Cover:

Cover Tugas Sosiologi: Perubahan Sosial Budaya

Nama Anggota Kelompok:

1. Febriyanty Kusumaningrum (26)

2. Firman Nur Sidik (27)

3. I Gede Gian Riadi Putra (28)

4. I Putu Hedi Sasrawan (29)

5. Ida Bagus Ngurah Indra Pramana (30)

Isi Tugas:

Mau Harta Tidak Mau Nyawa

Uang adalah benda di luar tubuh, bagaimana bisa lebih penting daripada nyawa? Apalagi nyawa sudah melayang, apa yang dapat dipakai untuk menikmati uang itu? Memandang uang di atas segala-galanya, oh! Benar-benar sangat bahaya sekali. Yang ringan mendatangkan musibah, sedangkan yang berat akan menjadi budak uang, dan akhirnya meninggal karena harta. Berikut adalah cerita pendek yang dikarang oleh Dayu Sinta Pramesti (Facebooknya, Twitternya). Cerita ini sarat makna. Jadi, pahami dan hayati ceritanya yaa.. Open-mouthed smile

Mencintai tak harus Memiliki, tapi harus Akrab!

Direktori > Urusan Pribadi > Cinta > Mencari Gebetan > Mencintai tak harus Memiliki, tapi harus Akrab!

MENCINTAI tak harus MEMILIKI, tapi harus AKRAB dan BERTEMANMaaf yaa semuanya karena baru kali ini saya mengupdate artikel blog ini. Anda pasti sudah lama menunggu artikel terbaru dari saya. Open-mouthed smile Nah, kali ini saya akan menjelaskan kepada anda mengapa jika MENCINTAI tak harus MEMILIKI, tapi harus AKRAB dan BERTEMAN. Dengan berprinsip seperti itu, maka anda akan lebih memaknai arti cinta. Cinta adalah perasaan suka/mengagumi seseorang yang berlawanan jenis kelamin yang seusia/lebih muda/bahkan lebih tua dari kita. Cinta tidak akan kita ketahui bagaimana akhirnya, apakah akhirnya kita akan berpasangan dengan orang yang kita cintai atau bukan. Maka dari itu, MENCINTAI tak harus MEMILIKI. Jika kita terus berusaha untuk memilikinya, kita akan sakit sendiri karena cemburu apalagi jika kita gagal. Kita akan dirugikan oleh rasa cinta itu sendiri. Terlalu memaksakan diri juga akan membuat kita menjadi semakin malu untuk dekat dengan Dya. Apalagi jika Dya juga malu dengan anda, anda akan tambah sakit karena merasa tidak dipedulikan.

Jika Anda Merasa Dibenci Seseorang…..

Apa yang harus saya lakukan jika merasa dibenci oleh seseorang? Bagaimana caranya agar orang itu tidak membenci anda lagi? Sakit memang jika kita merasa dibenci seseorang yang berada disekitar kita. Apalagi orang itu adalah teman kita, saudara kita, atau bahkan wanita yang kita cintai. Hampir semua orang mungkin telah/sedang/akan merasakannya termasuk juga saya. Saya merasa dijauhi dan dibenci oleh salah satu cewek di IXA, apalagi cewek itu adalah pujaan hati saya. Menurut saya cewek itu sangat… (kok jadi curhat ya?). Maaf, saya agak malu menceritakannya. Agar cewek itu kembali seperti ‘sediakala’, saya akan melaksanakan sebuah misi besar yang akan memakan banyak uang, waktu, dan pikiran yaitu ‘Misi Persahabatan’. Ya! Saya cuma ingin agar dya (saya anggap begitu dari sekarang) mau bersahabat dengan saya lagi. Sampai artikel ini ditulis, saya masih dalam tahap ‘Pengumpulan Data’ yaitu mencari kebenaran apakah dya benar-benar membenci saya.

Kisah Sukses: Pentingnya Bersikap Profesional

Ini adalah kisah sukses yang dialami saya pada saat ada tugas dari guru TIK yang disuruh membuat presentasi menggunakan Microsoft Office PowerPoint dan mempresentasikannya di depan kelas. Pada saat itu, sikap profesional saya muncul. Saya langsung menyusun kategori penilaian presentasi (versi saya, mungkin versi gurunya lain lagi). Penilaiannya bagi saya adalah:

1. Hasil presentasi jelas terlihat dan dibaca pada saat presentasi menggunakan proyektor

Ini yang terpenting, karena saat saya meninjau ruang kelas. Ternyata tempat layar/screen(atau apalah itu namanya) untuk proyektornya kotor dan pasti tidak akan jelas terlihat (ternyata papan tulis/whiteboard yang akan digunakan). Jadi, saya mencari cara agar tulisan di presentasi saya jelas dibaca. Lalu saya menetapkan untuk membuat background globe(cuma garis-garisnya aja) berwarna biru (makin ke atas makin putih kebiruan), tulisan berwarna putih dengan border hitam, peta konsep berwarna kuning cerah, dan untuk tulisannya saya tebalkan dan menggunakan font Verdana dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran slide.

Hidup Diumpamakan Sebagai Sebuah Pensil

Bagaimana ya jika hidup itu diumpamakan seperti sebuah pensil? Saya menemukan perumpamaanya dari sebuah blog, artikel pendek ini jika anda pahami dan hayati akan sangat menyentuh dan menyadarkan anda.

Seorang anak bertanya kepada neneknya yang sedang menulis sebuah surat.
"Nenek lagi menulis tentang pengalaman kita ya? Atau tentang aku?" Mendengar pertanyaan si cucu, sang nenek berhenti menulis dan berkata kepada cucunya, "Sebenarnya nenek sedang menulis tentang kamu, tapi ada yang lebih penting dari isi tulisan ini yaitu pensil yang nenek pakai." "Nenek harap kamu bakal seperti pensil ini ketika kamu besar nanti" ujar si nenek lagi.
Mendengar jawab ini, si cucu kemudian melihat pensilnya dan bertanya kembali kepada si nenek ketika dia melihat tidak ada yang istimewa dari pensil yang nenek pakai. "Tapi nek, sepertinya pensil itu sama saja dengan pensil yang lainnya." Ujar si cucu. Si nenek kemudian menjawab, "Itu semua tergantung bagaimana kamu melihat pensil ini." "Pensil ini mempunyai 5 kualitas yang bisa membuatmu selalu tenang dalam menjalani hidup, kalau kamu selalu memegang prinsip-prinsip itu di dalam hidup ini." Si nenek kemudian menjelaskan 5 kualitas dari sebuah pensil. Langsung saja kita simak yang pertama:

Memilih Teman, Memilih Masa Depan

Memilih teman sama halnya dengan memilih masa depan. Memilih teman sama dengan memilih perilaku/sikap. Memilih teman sama dengan memilih kualitas hidup. Oleh karena itu, di jaman yang penuh persaingan ini kita harus lebih cerdas dalam memilih teman. Jika anda memilih teman yang suka mabuk karena minuman keras, pecandu narkoba/rokok, suka mencuri dan merusak (vandalisme) dengan tidak sadar anda juga akan berlaku demikian dan akhirnya akan membuat masa depan anda menjadi hancur/gelap.

Ada baiknya anda berteman dengan orang-orang yang lebih pintar/berbakat sesuai dengan anda. Karena anda akan merasa bahwa anda jauh lebih tertinggal daripada teman-teman kita dan kita termotivasi dengan hal itu untuk Tetap Semangat! dalam mengejar ketertinggalan. Jika anda berteman dengan orang yang pemalas/bodoh, anda akan merasa bahwa diri anda adalah yang paling pintar/rajin dibandingkan dengan yang lain dan akhirnya kita tidak punya semangat untuk terus maju karena merasa sudah maju.

5 Hal Yang Bikin Kita Malas Belajar

Yang namanya belajar diapa-apain juga kalah sama kartun, acara favorit, dan mall. Baru nyerah deh kalo besoknya ada ulangan. Tapi jangan salah, ada yang nyante aja, berangkat sekolah pagi-pagi ‘sekali’ untuk cari posisi, beres. Atau, nulis contekan ‘pake kaca pembesar’ (soalnya tulisannya kecil sekali Open-mouthed smile).

Anyway! Walaupun begitu masih lebih banyak kok di antara kita yang merasa kalo belajar itu harus dan perlu. Nah, di bawah ini ada lima hal yang mungkin membuat anda malas untuk belajar. Langsung saja kita simak yang pertama:

3 Harapan Yang Sering Diucapkan Dalam Doa Saya

Apa anda rajin berdoa? Apa yang anda katakan di doa anda? Terkadang sebagian orang berdoa (sembahyang dalam agama Hindu) untuk meminta keselamatan, mendapatkan rejeki, dan mengabulkan keinginannya. Tapi ada juga yang berdoa tidak mengucapkan apa-apa (diem aja cuma ikut-ikutan temen) mungkin karena dia tidak tahu apa mantram sembahyangnya atau tidak tahu apa yang dia inginkan. Sebaiknya jika kita tidak hafal (paham) mantramnya ucapkan aja semua keinginanmu dalam bahasamu sendiri (tahukah anda? Tuhan bisa mengerti setiap kata yang anda ucapkan dan apa maksudnya).

Kalau saya, apa harapan/keinginan yang sering bahkan selalu saya ucapkan (biasanya di dalam hati) dalam setiap doa saya? Biasanya saya mengucapkan (saya pakai bahasa saya sendiri supaya bisa lebih dimengerti oleh anda) setiap saat berangkat ke sekolah dan di Padmasana sekolah: “Tuhan, Aku ingin agar selamat selama di sekolah, sukses mengikuti pelajaran dan berteman, dan saya ingin lebih akrab dan dekat dengan (maaf, nama disensor) dan semua teman-teman saya di IXA”. Dengan membaca kalimat doa itu berarti saya mencucapkan 3 harapan di doa tersebut. Apa saja dan mengapa saya berharap begitu? Untuk mengetahuinya, langsung saja kita simak yang pertama:

Yang Ter’baik’ Pasti Menang! 2

Ini adalah artikel Yang Ter’baik’ Pasti Menang! Versi ke-2 ku. Yang versi pertama telah dihapus karena telah melanggar peraturan isi artikel di HdS. Mohon maaf ya… Smile

Nah, kenapa saya berani mengatakan yang ter’baik’ pasti menang? Maksud saya adalah yang paling baik (pertemanan/hasil kerja) pasti akan menang (sukses). Pasti saja karena saya berperinsip juga bahwa Punya Banyak Teman = Punya Banyak Peluang untuk sukses. Mengapa demikian? Jika dilogikan begini: Karena Punya Banyak Teman = Punya Banyak Peluang maka kita harus mencari teman sebanyak-banyaknya dan karena saya juga berperinsip bahwa Yang Ter’baik’ Pasti Menang! Maka kita harus berbuat baik dan ramah dengan semua teman-teman kita.

Cerpen: Pelantikan Paskibraka

Dan, yang tidak lulus dari SMP5 adalah….. Tugus (bener-bener kaget kayak disamber playboy cap gajah senggama naik motor {lebih masuk akal bisa hidup,, daripada disengat listrik 10.000 volt ??} langsung lemes dah habis denger pengumuman,, tp gak semuanya bener.. coba aja baca dari awal ceritanya ini ~(^_^~)

Ini berawal pada sekitar kurang lebih 2thn yg lalu,, dimulai dari pelantikan gabungan paskibraka untuk menjadi anggota tetap/junior di paskibraka SMP5 yg juga diikuti kalo gak salah 5 sekolah lain. Yahh,, ini pelantikan yang pertama jadi aku jelas belum tau pasti rencana-rencana senior yg ternyata …. WAH,, NGERInya --“

Disana pertama-tama kita-kita ini yang pastinya masih bau pesing (itu kata senior SMP10 yang aku lupa namanya) dikasi materi tentang paskibraka, ditambah Tanya jawab sama ketua PPI Kota Denpasar (Purna Paskibraka Indonesia) Kak Giri,, awalnya itu kegiatan seru-seru n asik-asik aja,, pas kalo gak salah itu jam 10 pagi itu kita ada kegiatan BAKSOS bersihin laplum (lapangan lumintang) yang gile bener “bersihnya” --“, klo masuk nominasi lapangan paling bersih se-Indonesia mungkin masuk urutan ke 1501 dari 1500 peserta..

he..he..he

Cerpen: Jelang Tamat SD

"Horee... Ujian nasional telah selesai!" teriak salah satu temanku, Yogi. Aku berkata "Iyaa.. Sekarang tinggal nunggu hasil ujian kita atau NEM". Yogi mungkin adalah satu-satunya teman yang mengerti tentang aku, jadi dia adalah teman terbaikku selama aku duduk di bangku Sekolah Dasar. Setelah lama aku mengobrol dengan teman-temanku, akhirnya bel sekolah berbunyi. Kami pun langsung berkumpul di halaman sekolah untuk mendengarkan pengumuman-pengumuman dari kepala sekolah SD Negeri 3 Sading.

"Anak-anak, ujian nasional telah selesai, semoga NEM kalian bagus-bagus semua. Hari Sabtu nanti kita semua akan melakukan perpisahan di pura Tampaksiring. Anak-anak kelas 6 wajib ikut, bagi anak-anak kelas 3 keatas boleh ikut. Biayanya 80.000 Rupiah" kata kepala sekolah melalui pengeras suara. Semua berteriak kegirangan “yess...”.

Untuk Sukses Anda Harus…

Apakah anda ingin sukses baik dalam bisnis, kegiatan, sekolah, maupun keluarga dan sosial? Sebagian besar pasti menjawab “Ya!”. Tapi bagaimana caranya agar sukses? Cara menjadi sukses tidaklah susah. Untuk menjadi sukses anda harus…

UAN itu Mudah, Asalkan…

Banyak yang menganggap Ujian Akhir Nasional atau UAN sebagai sesuatu yang menakutkan (termasuk juga saya Open-mouthed smile). Alhasil,
mengerjakan soal-soal ujian ibarat sebuah beban yang sangat berat. Tak hanya itu, yang jadi masalah
seringkali bayangan yang muncul saat ujian lebih condong ke ketakutan akan hasil yang mengecewakan, tidak
lulus. Padahal salah satu faktor utama untuk sukses menghadapi ujian adalah rasa tenang saat mengerjakan soal.
Beban itu bukan hanya dirasakan oleh para siswa yang akan menghadapi ujian, melainkan juga para orang tua
siswa yang ingin anaknya mendapatkan hasil yang terbaik. Yang berbahaya, keadaan demikian justru seringkali
akan menjadi sebuah beban akibat dorongan keinginan yang kuat tidak dibarengi dengan berbagai persiapan
mengahadapi ujian. Karena itulah, maka dibutuhkan beberapa tips sebelum menghadapi UAN. Bagaimana caranya?
Berikut ini beberapa contoh yang bisa diterapkan. Langsung saja kita simak yang pertama:

3 Software Wajib Penulis Blog Tutorial

Apakah anda adalah pemilik, pengelola, dan penulis blog yang isinya tentang tutorial (seperti pusaTTutorial)? Misalnya tutorial PhotoShop, tutorial Microsoft Office, tutorial Windows, tutorial blog, tutorial website, tutorial SEO, atau tutorial lainnya. Kalau jawabannya 'Iyaa..’ maka anda seharusnya (tidak harus-harus amat sih) memiliki software wajib ini. Software ini sangat penting untuk lebih memudahkan anda para blogger tutorial dalam mengambil gambar untuk lebih menjelaskan langkah-langkahnya. Jadi artikel tutorial anda akan semakin dipahami dan lebih mudah dipraktekan oleh pembaca blog anda. Langsung saja kita simak yang pertama:
Windows Live Writer1. Windows Live Writer
Windows Live Writer adalah software paling wajib bagi seorang blogger sejati. Software ini dibuat oleh Microsoft untuk lebih memudahkan kita dalam menulis artikel blog baru. Keunggulan dari Windows Live Writer adalah kita bisa membuat dan mengedit artikel secara offline, menulis artikel dan mempublikasikannya jadi lebih cepat (karena kita tidak perlu membuka halaman New Post yang agak berat loadingnya), dan terdapat fitur-fitur menarik yang bisa kita terapkan dalam artikel tutorial kita. Jadi, artikel tutorial yang kita buat pasti dikira ‘yang sudah mahir/ahli’ yang membuatnya. Untuk info dan alamat d*wnloadnya anda bisa buka artikel Review Windows Live Writer di KOMeleTEK dari HdSB.
FastStone Capture2. FastStone Capture
FastStone Capture adalah software yang digunakan untuk berbagai keperluan men’capture’ gambar dari layar komputer. Anda bisa mengambil gambar seperti gambar screenshot Windows Live Writer di atas atau merekan apa saja yang anda lakukan di komputer dalam bentuk video. Software ini sangat simpel, mudah digunakan, tetapi memiliki banyak fitur (berbagai jenis capture, screen recorder, picture editor, screen magnifier, screen color picker, screen ruler, dan masih banyak lagi). Software ini sangat cocok untuk blogger bertopik tutorial apalagi bidang tutorial photoshop, desain, tutorial step by step, dll. Untuk info lebih lengkap dan alamat d*wnload anda bisa membaca artikel Review FastStone Capture di KOMeleTEK dari HdSB.
CyberLink PowerDirector3. CyberLink PowerDirector
Apa anda ingin membuat tutorial dengan video? Mungkin anda membutuhkan software CyberLink PowerDirector untuk membuat keinginan anda menjadi kenyataan. CyberLink PowerDirector adalah software video editing yang sempurna (rating dari KOMeleTEK) dan anda bisa menambahkan soundtrack dan ‘voice’ ke tutorial anda. Gunakan FastStone Capture untuk merekam langkah-langkah dalam tutorial anda, kemudian anda bisa mengeditnya di CyberLink PowerDirector. Selain itu, CyberLink PowerDirector juga dilengkapi fasilitas upload ke Youtube dan Facebook. Jadi, aktifitas upload menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Untuk info lengkap dan alamat d*wnload anda bisa membaca artikel Review CyberLink PowerDirector (coming soon) di KOMeleTEK dari HdSB.
Itu aja kayaknya 3 Software Wajib untuk Penulis Blog Tutorial agar artikel tutorial anda terlihat lebih profesional dan pada akhirnya akan membawa banyak pengunjung ke blog anda karena kualitas tutorial anda. Selamat mencoba dan Tetap Semangat!

HdS… :)

Uang (Versi Lengkap)

Uang berperan penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Adanya uang menyebabkan kegiatan ekonomi berlangsung lebih praktis. Uang berperan penting dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan hidup.

1. Pengertian Uang

Uang diterbitkan oleh otoritas moneter negara (bank sentral) untuk memperlancar kegiatan pertukaran dan perdagangan. Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Bagaimana Cara Menjadi Blogger Profesional?

Menjadi Blogger Profesional

Sebuah blog, yang menggabungkan kata-kata "web" dan "log", adalah sebuah forum online publik di mana satu atau lebih blogger (penulis) mempertahankan jadwal rutin tulisan-tulisan yang dirancang untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Ini mungkin untuk membuat hidup sebagai seorang blogger profesional dengan menarik pengunjung untuk membacanya dan menghasilkan uang, biasanya melalui layanan PPC (Paid Per Click). Kunci untuk menjadi seorang blogger pada tingkat profesional adalah kemampuan untuk menulis dan menghibur, serta menjaga blog sebanyak yang Anda dapat mengelola. Ini adalah beberapa langkah untuk menjadi seorang blogger profesional. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Tuliskan beberapa ide untuk topik yang Anda rasa akan menarik banyak pengunjung. Tidak ada kata benar atau salah untuk menulis di blog, namun topik-topik tertentu yang lebih populer daripada yang lain. Hal ini dapat bervariasi sepanjang waktu, sehingga penting untuk menyadari blog yang tampaknya paling sukses. Sebuah blog yang tidak mendapat pengunjung tidak akan menghasilkan pendapatan apapun. Pilih subjek yang bisa anda tulis secara teratur. Bertanyalah pada diri anda bahwa tidak mungkin untuk membuat blog Anda tampak profesional, kecuali Anda dapat menghibur pada presentasi Anda. Olahraga, musik, bagaimana mendapatkan uang dari rumah dan kesehatan adalah contoh dari topik artikel yang dapat anda tulis.
  2. Membuat sebuah akun blog. Ada banyak situs hosting blog di internet (seperti Blogger, Wordpress, Joomla, dll). Layanan ini menawarkan built-in tools untuk memungkinkan Anda untuk menulis di blog Anda, upload gambar dan berlangganan RSS feed. RSS feed diperlukan karena ini adalah seperti feed berita. Mereka memberitahu orang-orang bila ada posting blog baru dari Anda dan hal itu dapat mendatangkan pengunjung ke blog anda.
  3. Mendaftar ke salah satu layanan PPC dengan mengunjungi situs seperti Google Adsense. Ini adalah sumber utama pendapatan bagi blogger. Layanan ini menempatkan iklan acak pada blog Anda yang terkait/berhubungan dengan materi blog Anda. Layanan ini sangat mudah digunakan dan mendapatkan menghasilkan pendapatan untuk Anda setiap kali pengunjung Anda klik pada iklan (terutama jika hasil pembelian dari klik yang berasal dari blog Anda). Layanan PPC akan menghitung pendapatan yang dihasilkan dan mengirimkan uang hasil iklan blog anda yang telah diterima.
  4. Menulis blog Anda. Blog biasanya mengurutkan entri dalam urutan terbalik, dengan posting bulan sebelumnya diarsipkan bagi pengunjung untuk membaca jika mereka mau. Blog Anda harus menyertakan berita dan komentar yang terkait dengan subjek blog Anda. Pendapat pribadi dipersilakan. Suntikkan kepribadian Anda ke dalam posting Anda untuk mengembangkan sesuatu. Berikan pengunjung alasan untuk datang ke blog Anda untuk informasi daripada sebuah blog yang serupa.
  5. Tanggapi setiap komentar pengunjung blog Anda. Sebuah blog yang baik adalah interaktif/bisa diajak berkomunikasi dengan adminnya. Anda tidak akan mampu merespon setiap komentar, tapi karena banyak iklan di blog Anda sebagai Anda dapat. Interaksi yang Anda hasilkan, blog Anda akan terlihat lebih aktif.

Berikut adalah 2 tipsnya:

  • Posting sesering mungkin. Tidak ada yang ingin mengunjungi sebuah blog yang tidak rajin update. Pengunjung yang datang ke blog Anda hanya untuk menemukan posting lama kemungkinan besar akan berhenti mengunjungi blog anda.
  • Buat lebih dari satu blog. Semakin banyak blog yang Anda miliki, semakin banyak Anda akan menghasilkan uang. Multiple blog dihubungkan bersama-sama agar menjadi lebih kuat dan lebih menguntungkan dari sebuah blog tunggal yagn berdiri sendiri.

    Itulah beberapa langkah-langkah dan tips untuk menjadi seorang blogger yang profesional. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Tetap semangat!

    Bagaimana menurut anda?

    Arti Mengidentifikasi

    Saya akan share kepada kalian semua apa arti mengidentifikasi. Mungkin artikel ini bermanfaat bagi anda untuk membuat berbagai karya tulis/tugas.

    Mengidentifikasi berasal dari kata Identifikasi yang berarti Tanda kenal diri, bukti dari penentu atau penetapan identitas seseorang sehingga Mengidentifikasi memiliki arti upaya menentukan atau menetapkan identitas seseorang.

    Untuk contoh penggunaan kata mengidentifikasi, Anda bisa menyimak artikel berikut:

    Tugas Seni Budaya Rupa: Mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali

    Itulah semua yang saya tahu tentang arti mengidentifikasi. Maaf artikelnya terlalu pendek…..

    Tugas Seni Budaya Rupa: Mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali

    Nama Anggota Kelompok:
    1. Febriyanty Kusumaningrum (26)
    2. Firman Nur Sidik (27)
    3. I Gede Gian Riadi Putra (28)
    4. I Putu Hedi Sasrawan (29)
    5. Ida Bagus Ngurah Indra Pramana (30)
    I. PENDAHULUAN
    I1. Arti Mengidentifikasi
    Mengidentifikasi berasal dari kata Identifikasi yang berarti Tanda kenal diri, bukti dari penentu atau penetapan identitas seseorang sehingga Mengidentifikasi memiliki arti upaya menentukan atau menetapkan identitas seseorang.
    I2. Tujuan dan manfaat karya tulis
    Tujuan: Mampu mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali serta mampu menjelaskan keunikannya.
    Manfaat: Dapat menghargai hasil budaya Bali untuk dikembangkan sebagai kegiatan kreatif.
    II. Pembahasan
    II1. Apa itu seni?
    Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Seni sangat sulit dijelaskan dan juga sulit dinilai. Masih bisa dikatakan seni adalah proses dan produk dari memilih medium,dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin.
    Menurut kamus Bahasa Indonesia, seni merupakan karya (sajak, lukisan, musik dan lain-lain) yang diciptakan dengan bakat dan merupakan hasil daripada sesuatu ciptaan.. Seni mencakupi nilai moral yang membawa kesan keharmonian kepada masyarakat dalam konteks adat dalam kesenian sesuatu budaya itu sendiri.
    Lowenfeld (1983) mengatakan setiap masyarakat yang paling primitif sampai masyarakat yang paling modern mengekspresikan dirinya melalui seni. Lowenfeld juga menyatakan bahwa anak muda menggunakan seni untuk mengekspresikan bagaimana ia belajar untuk mengembangkan konsep. Herberd Reed dan Lowenfeld (1982) menyatakan bahwa seni pada dasarnya sulit untuk dipahami dan dijeleskan dengan fakta. Seni merupakan hal yang dinamis dan menyatu sebagai potensi yang sangat besar untuk pendidikan anak. Seni selalu menyuguhkan suatu konsep yang metafisik. Secara fundamental seni merupakan organik dan fenomena yang dapat diukur. Seni memiliki dua prinsip, yaitu : prinsip bentuk (fungsi persepsi) dan keaslian (fungsi imajinasi).
    Muharam (1991) menyatakan seni atau kesenian secara umum dikenal sebagai rasa keindahan umumnya dan rasa keharuan khususnya yang melengkapi kesejahteraan hidup. Pandangan ini melihat seni sebagai suatu keindahan (rasa keindahan) dan keharuan. Disini seni berarti karya manusia, artinya sesuatu yang tercipta oleh karya manusia yang melibatkan seluruh pikiran, perasaan untuk menggagas, memproses dan menghasilkan bentuk karya yang mempunyai nilai keindahan dan menimbulkan keharuan dan memberi kepuasan serta kesejahteraan manusia. Dengan demikian seni secara nyata merupakan keindahan kreasi manusia.
    Seni itu abstrak yang mengandung unsur keindahan atau estetika yang menghasilkan cipta, rasa dan karsa serta mengandung bentuk dan isi.
    Sebuah karya seni memiliki bentuk dan isi. Bentuk adalah bagian luar yang paling mudah dilihat indah atau tidak indah namun tentang isi agak sulit dirasakan sebab memerlukan penafsiran serta pemahaman.
    Apakah semua karya seni memiliki bentuk yang indah? Jawabnya tidak. Karya seni modern kadang tidak menunjukan bentuk yang indah namun ingin menyampaikan isi (pesan) yang indah seperti perjuangan hidup, kemanusiaan yang menyentuh kesadaran kita.
    II2­­. Fungsi karya seni rupa
    Fungsi karya seni rupa dibedakan menjadi 2 yakni:
    1. Hiasan (seni rupa murni) adalah karya seni rupa yang hanya sebagai pajangan yang dapat dinikmati keindahannya dan mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi/untuk memenuhi kebutuhan rohani.
    Contoh seni murni :
    - Lukisan
    - Patung
    - Graffiti
    - Kaligrafi
    2. Alat (seni rupa terapan) adalah karya seni rupa yang digunakan sebagai alat pakai untuk memenuhi kebutuhan praktis. Biasanya seni rupa terapan digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan selalu terkait dengan ketentuan sebagai berikut :
    - Dapat diproduksi
    - Bersifat praktis
    - Bentuk Menyesuaikan fungsi
    - Menyesuaikan selera masyarakat.
    Contoh seni terapan / pakai :
    - Desain grafis
    - Desain arsitektur
    - Desain pakaian
    - Desain produk
    - Kriya kayu
    - Kriya kulit
    - Kriya bambu
    - kriya rotan
    - kriya logam
    II3. Seni rupa murni
    karya Seni rupa murni adalah cabang Seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
    Seni rupa murni bisa juga merupakan istilah untuk menyebut salah satu jenis seni rupa, yang dilandasi oleh tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kepuasan batin seniman penciptanya. Seni murni diciptakan berdasarkan kreativitas ekspresi yang sangat pribadi (lukis, patung, grafis, keramik ). Namun dalam hal tertentu, karya seni rupa murni itu dapat pula diperjualbelikan atau
    memiliki fungsi sebagai benda pajangan dalam sebuah ruang.
    Seni Rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu Seni Rupa murni, kriya, dan desain. Seni Rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.
    Dalam pembelajaran seni rupa, peranan seni murni, kriya, maupun desain bersifat saling melengkapi dan saling berkaitan. Pembelajaran seni rupa dapat dilakukan dengan pendekatan studio, misalnya studio seni lukis, seni patung, seni grafis, dan kriya. Pembelajaran seni rupa dapat juga dipisahkan menjadi kegiatan pembelajaran seni rupa murni, kriya, dan desain.
    Secara kasar terjemahan Seni Rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian Seni Rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts
    Program Studi Seni Rupa murni merupakan program studi dibidang Seni Rupa yang awalnya berangkat dari pemahaman tradisi “Fine-Art”. Sebuah tradisi yang berkembang dari wacana Modernism yang mempunyai struktur dan bentuknya sendiri, tidak bertujuan praktis (guna keseharian). Suatu bahasa Seni Rupa yang berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Lingkup pendidikan Program Studi secara garis besa Seni Rupa Murni rnya memberikan kemampuan (metode) berlatih dan belajar berpikir melalui (secara) Rupa dengan logika Rupa yang menghubungkan kepekaan dan struktur, proses kreatif dan sistem perancangan serta kaidah estetik dan teknologi, ditunjang dengan wacana ilmu-ilmu sosial dan kebudayaan.
    Ciri-ciri seni rupa murni adalah memiliki motif dan teknik pembuatannya yang khas dan beragam.
    Contoh gambar seni rupa murni:
    Patung catur muka
    Patung catur muka
    Lukisan penari Bali
    Lukisan penari Bali

    Arti Liburan yang Sebenarnya

    Arti liburan yang sebenarnya adalah saat dimana kita telah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan telah mempersiapkan hari esok dengan baik. Banyak yang menganggap bahwa liburan itu adalah saat dimana kita tidak bekerja seperti hari Minggu dan libur. Padahal tugas-tugas yang diberikan sebelum hari libur belum bahkan tidak dikerjakan dan belum mempersiapkan apapun untuk mempersiapkan hari esok. Akibatnya setelah hari libur selesai, semua menjadi berantakan atau tidak berjalan sempurna dan itu saya sebut kurang disiplin.

    Menurut saya hari liburan (bukan hari libur) yang paling sempurna bagi kalangan pelajar adalah saat sesudah ujian, sesudah ulangan umum semester 1 & 2, awal libur sekolah, dan pertengahan (hingga 3 hari sebelum libur sekolah usai) libur sekolah. Itulah hari yang paling sempurna untuk berlibur. Apakah hari Minggu/libur bisa disebut liburan? Bisa, asalkan semua tugas-tugas anda telah selesai dan pada akhir hari libur (sore hari atau hari terakhir liburan) anda harus pergunakan untuk mempersiapkan hari esok. Maksudnya? Pada akhir liburan anda bisa beres-beres rumah, mempersiapkan semua alat tulis dan buku-buku sesuai jadwal pelajaran besok, dll sesuai apa yang harus anda lakukan besok.

    kalau menurut saya jika pada hari-hari libur tugas saya belum selesai maka saya anggap rugi. Mana mungkin namanya liburan kalau anda masih memikirkan tugas-tugas yang semakin menumpuk di kantor/sekolah, betul kan? Liburan sebenarnya untuk melepas stress/kejenuhan dalam keseharian, eh malah menambah stress. Iya toh? Jadi saran saya sepulang dari sekolah kerjakan dulu PR atau tugas-tugas yang ada sampai selesai minimal 75%. Kalau di kantor, ikutilah tradisi orang Jepang ‘tidak pulang ke rumah sampai tugas benar-benar selesai’. Kalau saya sih, sepulang sekolah saya ganti pakaian, makan, lalu membongkar ‘komposisi’ tas hari ini dan memeriksa satu-persatu buku supaya saya ingat jika ada PR/tugas. Jika ada, saya selesaikan sampai mencapai target 75% selesai (kalau bisa 100% itu sangat bagus). Kalau belum mencapai target, saya bertanya via SMS, chatting (biasanya via Facebook), dan dari search engine/internet. Setelah benar-benar selesai baru saya liburan (walaupun bukan hari libur, kalau semua tugas selesai, saya anggap liburan). Tapi tetap ingat, pada malam harinya persiapkan semuanya untuk esok. Misalnya belajar pelajaran besok, mempersiapkan alat tulis, memasukan buku sesuai dengan jadwal besok, dll.

    Itulah arti liburan yang sebenarnya menurut saya, jika ada komentar/tambahan/keluhan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat kotak komentar dibawah ini. Sampai jumpa di artikel ‘berkualitas’ saya berikutnya dan Tetap Semangat!TM

    Terima Kasih Sebesar-Besarnya Kepada…..

    Orangtua, adik, saudara, ….. yang telah mendukung dan mendoakan saya hingga saat ini.

    Tugus, Bagus, Yoga, Andika, Ayu Rahma, Regina, Anita, Salsa, Tutik, Dek Tunk, Dek Nink, Ana, Dayu, Desi, Ratih, Didik, Arta, Gustra, Ayu Rahayuni, Novita, Lupita, Sonia, Kartika, Dudik, Dede, Aris, Dian, Duwik, Firman, Reri, Adi Wisnawa, Camp (Adhi), Krisna, Ade, ….. (semua teman-teman kelas 9A) karena telah membantuku, mensupportku, mendukungku, menyemangatiku, mendoakanku, menghiburku, mengajakku secara tidak langsung walau secara langsung sebagian dari mereka jarang bahkan tidak pernah. Saya meminta maaf sebesar-besarnya bila ada kesalahan dalam penulisan nama, tersinggung, yang tidak disebutkan (jika saya ingat kembali akan saya tambahkan atau dirubah), dan nama yang saya taruh di belakang (sebenarnya saya sama sekali tidak mengurutkan nama berdasarkan apapun)

    Termasuk juga anda yang telah mau membuka blogku, membaca blogku, mengomentari blogku, turut menyumbang (sampai artikel ini terakhir ditulis total sumbangan mencapai Rp 500.000), memberikan tautan (link), …..

    Juga Mario Teguh yang mau mempromosikan (secara tidak langsung) blogku di acaranya (tonton ya acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV setiap hari Sabtu pukul 20.00 WIB) dan di Fans Page Facebooknya (gabung ya di Fans Page ‘Mario Teguh’ yang sampai artikel ini ditulis hingga 3 jutaan penggemar) sehingga semakin banyak lagi orang yang tahu blogku.

    Juga (lagi!) teman Facebookku (add saya di Hedi Sasrawan), follower Twitterku (follow me @hedisasrawan), anggota Fans Page Facebooku (Hedi Sasrawan Blog), follower blogku, …..

    Terima kasih juga kepada sang penginspirasiku (mau tahu siapa orangnya? Tunggu hingga saatnya tiba ya…..) yang telah banyak menyemangatiku, membahagiakanku, dan membuat hidup ini lebih berarti.

    Itulah mereka-mereka yang telah berjasa membuat hidup saya lebih baik. Bagaimana menurutmu?

    Jadikan Belajar Seperti Makan, Anda Akan Lapar Jika Tidak Melakukannya

    Salah satu cara yang paling efektif untuk sukses adalah belajar. Tapi ada pertanyaan mengapa tidak setiap orang suka belajar? Padahal katanya belajar adalah salah satunya cara untuk sukses? Orang yang tidak mau belajar mungkin karena dia kurang termotivasi untuk belajar. Jadi, dukungan dari orangtua dan guru sangat tepat agar orang tersebut rajin belajar. Lalu bagaimana caranya?

    Salah satu cara agar anda rajin belajar adalah jadikan belajar seperti ‘makan’. Jika anda tidak makan pasti anda merasa lapar. Jika dihubungkan dengan belajar adalah jika anda tidak belajar pada waktu-waktu tertentu anda akan merasa lapar (perasaan yang ga’ enak, bosan, atau merasa bersalah). Dengan itu, anda akan belajar. Tapi bagaimana caranya? Caranya adalah biasakanlah! Biasakanlah belajar pada jam-jam tertentu tetapi tetap konsisten dan disiplin dengan jam belajar anda. Misalnya, mulai 26 Juli yang lalu saya telah menetapkan jam-jam belajar saya seperti berikut:

    1. Sepulang sekolah (biasanya jam 1 siang) sampai selesai saya gunakan untuk mengulangi pelajaran yang diberikan tadi di sekolah, membongkar isi tas dan memeriksa setiap buku yang saya bawa untuk mengingat apakah ada PR atau tugas yang diberikan tadi, jika ada maka langsung saya kerjakan hingga selesai minimal 75% (jika belum selesai 75% saya terus kerjakan selesai pada hari itu juga) dan mengerjakan soal-soal ujian dari beberapa buku koleksi saya.
    2. Jam 6 petang tepat (tidak boleh lewat atau lebih awal 5 menit) sampai selesai saya gunakan untuk mengambil semua buku yang berhubungan dengan pelajaran untuk besok dan memeriksa apakah ada PR yang masih belum dikerjakan atau ulangan harian dsb. Jika ada saya kerjakan dan pelajari hingga selesai. Jika tidak ada saya membaca materi dan menjawab soal di buku (entah itu dari LKS, buku paket/BSE) yang berkaitan dengan materi dan jadwal pelajaran besok.

    Pada awalnya, melakukan semua hal tersebut sangatlah susah. Untuk melakukan hal ini membutuhkan kedisiplinan dan keinginan kuat untuk maju yang tinggi. Tapi seminggu kemudian saya mulai terbiasa bahkan ‘merasa lapar’ jika saya tidak melakukannya. Bagaimanakah dengan anda? Apa strategi belajar anda? Jika punya silahkan berbagi dengan saya untuk menyempurnakan strategi saya dengan tulis strategi anda di kotak komentar dibawah ini. Jika tidak, anda bisa membuat strategi sendiri sekarang dan jika tidak bisa cobalah ikuti strategi saya dan para pembaca yang rajin berkomentar. Tidak ada kata terlambat! Lebih baik terlambat daripada tidak! Lebih baik lagi jika anda memulainya dari sekarang! Terima kasih.

    cara mendaftarkan blog ke search engine

    Cara mendaftarkan blog ke search engine-Hedi Sasrawan. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari.
    Bagi blogger pemula mungkin berangggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine, dan kenyataannya tidaklah demikian. Seperti halnya sebuah sekolah, agar nama kita terdaftar pada buku daftar siswa, tentunya kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke sekolah tersebut. Sama halnya dengan mesin pencari, agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.

    Mesin pencari tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, maka silahkan simak tulisan berikut :
  • Daftar GoogleUntuk mendaftar ke google, silahkan sobat kunjungi http://www.google.com/addurl/, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :
  • URL –> Isi dengan URL blog anda.
  • Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog sobat
  • Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
  • Klik tombol Add URL
  • Selesai.Setelah sobat melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog sobat terindeks pada mesin pencari nya, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru blog sobat bisa terindeks. Jika sudah 3 sampai 4 minggu, maka cobalah ketik alamat blog sobat pada mesin pencari google, apakah sudah terindeks atau belum? jika belum, coba tunggu beberapa minggu lagi, dan tuliskan kembali alamat blog sobat, Jika ternyata masih belum juga, coba deh daftarin lagi blog nya ke google seperti langkah di atas. Atau mungkin sobat tidak sabar ingin cepat terindeks, sebenarnya bisa saja ini terjadi, hanya dalam 3 atau 4 hari saja blog sobat sudah bisa terindeks di google.
  • Daftar Yahoo!Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan sobat kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, sobat harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, sobat tinggal login dengan username serta password sobat. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL sobat, kemudian klik tombol Add URL, selesai. Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, sobat bisa memasukannya. Ingat, alamat feed di blogger hanya tinggal menambahkan atom.xml di belakang uRL blog sobat, contoh : untuk blog saya ini mempunyai alamat feed sebagai berikut : http://hedisasrawan.blogspot.com/atom.xml
    atau memakai www pun sama saja :
    http://www.hedisasrawan.blogspot.com/atom.xml
  • Daftar ke MsnUntuk daftar ke Msn, silahkan sobat kunjungi http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 silahkan sobat isi huruf verifikasi dan URL sobat pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL, selesai. Apabila sobat mempunyai keinginan lebih, yaitu URL blog sobat terindeks pada puluhan mesin pencari, sobat bisa menggunakan bantuan situs submitter. Coba klik saja banner dibawah ini :
    Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
    Tugas sobat hanya mengisi alamat URL blog miliknya, serta menuliskan alamat email saja, kemudian klik tombol Submit Your Site.
    Jika ingin lebih cepat terkenal coba lakukan ping ke bebagai agregator, silahkan klik banner di bawah :
    pingoat_9.gif
    Sobat tinggal mengisi form yang di sediakan.
    Sudahkan blog sobat terindeks di google/Yahoo/Bing? coba masukan alamat blog sobat pada mesin pencari Google/Yahoo/Bing.
  • TEORI-TEORI ATOM

    Setelah mencari agak lama di Google. Akhirnya ketemu juga teori-teori atom yang saya butuhkan. Ini dteori-teori atom dari masa ke masa:

    John Dalton :
    = Dasar : Berdasarkan 2 hukum yaitu hukum kekelan massa dan hukum perbandingan tetap.
    = Isi : Setiap unsur tersusun atas partikel-partikel kecil yang tidak dapt di bagi lagi yang disebut atom.
    = Kelemahan : John Dalton tidak dapat menemukan bagian atom yang lebih dalam lagi.

    J. J. Thomson :
    = Dasar : Ditentukannya partikel negative di dalam atom yang disebut electron.
    = Isi : Atom terdiri dari materi bermuatan positif dan electron yang tersebar didalamnya.
    = Kelemahan : Thomson belum mampu menjelaskan neutron dalam atom.

    Rutherford :
    = Dasar : BAdanya partikel alfa yang terpantul pada penembakan lempeng emas tipis dengan sinar alfa yang mengejutkan.
    = Isi : Atom mempunyai inti kecil, sangat pejal dan bermuatan positif, yang berada di pusat atom. Elektron beredar mengikuti inti pada lintasan yang relative sangat jauh, sehingga sebagian besar dari atom terdiri dari ruang hampa.
    = Kelemahan : Teorinya tidak menjelaskan mengapa electron tidak tersedot dan jatuh ke intinya.

    Niels Bohr :
    = Dasar : Niels Bohr menjelaskan kelemahan di teori atom Rutherford.
    = Isi : Didalam atom terdapat lintasan-lintasan yang disebut kulit atom. Electron hanya boleh pada lintasan-lintasan yang diperbolehkan dan tidak boleh diantara 2 lintasan. Elektron dapat berpindah dari satu kulit kekulitnya di sertai pemancuran/penyerapan sejumlah energi tertentu.
    = Kelemahan : Teori orbit yang berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu tidak dapat di terima.

    SD Negeri 3 Sading

    SD Negeri 3 Sading adalah tempat belajar saya sekitar dari tahun 2003 sampai 2009 . Sekolah negeri ini terletak di Lingkungan Umahanyar desa Sading kecamatan Mengwi kabupaten Badung provinsi Bali negara? Yang pasti anda sudah tahu. Di sekolah ini saya selalu mendapatkan rangking 1 dan 2 berturut-turut. Itu karena murid di kelas saya paling banyak cuma 17 bahkan pernah 13 orang siswa pada pack saya masih kelas 2. Mengapa begitu? Memang, jumlah penduduk di Lingkungan Umahanyar sedikit apalagi jumlah anak kecilnya. Untuk ke Lingkungan lain harus melewati tanjakan dan turunan. Maka, di SD Negeri 3 Sading sangat sedikit anak yang sekolah dari Lingkungan lain.

    Saya selalu mendapatkan peringkat 1 atau 2. Tidak pernah rangking 3 dan diatasnya. Itu karena persaingan di sekolah saya sangat sedikit. Bayangkan, yang mendapatkan rangking 1 atau 2 cuma itu-itu saja, yaitu saya, I Putu Hedi Sasrawan dan pesaing utama saya, Ni Gusti Komang Ayu Mitariyani (mohon maaf jika terdapat kesalahan nama lengkap). Kalau yang juara 3 tidak menentu siapa yang meraihnya (bergiliran yang mendapatkannya).

    Teman-teman SD ku tidak sebaik teman-teman SMP ku. Pada saat saya SD, rasanya seperti 'dijajah'. Ada salah seorang teman (sebenarnya bukan teman sih) yang menjadi 'penekek' (pemimpin) gang yang tidak bernama yang terkenal di Sading. Saya adalah termasuk orang yang lumayan pintar. Jadi, sayalah yang menjadi penentu naik tidaknya (atau lulus tidaknya) teman saya. Saya dipaksa untuk memberikan 'salinan' jawaban saya. Jika tidak, saya dikeroyok habis-habisan oleh anggota geng itu. Saya ingin melawan tapi apa boleh buat, anggota gengnya banyak dan tersebar di seluruh SD Sading.

    Saat saya lulus SD, itulah hal yang paling kutunggu-tunggu. Yang hanya saya takutkan adalah salah satu anggota geng tersebut bersekolah di SMP Negeri 5 Denpasar. Saat penerimaan rapor saya saya terkejut bahwa saya mendapatkan rangking 2. Saya mengira yang mendapatkan rangking 1 akan lebih tinggi NEMnya dibandingkan dengan saya. Saat melihat NEM, yang mendapatkan rangking 1 lebih dahulu disebut NEMnya. Saya terkejut bahwa NEMnya adalah 22 koma sekian. Itu tidak memenuhi persyaratkan untuk bersekolah di SMP Negeri 5 Denpasar. Dia saja rendah, apalagi saya? Saya deg-degan saat melihat NEM saya. Saya sangat senang karena NEM saya 27,00, Matematika dan IPA 9 ,50, hanya Bahasa Indonesia saja yang mendapatkan 8,50. Semua nilai total dan mata pelajaran saya tertinggi dari teman-teman saya. Termasuk yang mendapatkan rangking 1. Dengan NEM sebesar itu, saya bisa masuk di sekolah favorit saya, SMP Negeri 5 Denpasar. Saya tambah senang lagi karena teman-teman saya tidak ada yang bersekolah di sekolah saya.

    Di SMP Negeri 5 Denpasar, saya mendapatkan teman-teman yang 1000 kali lebih baik dari teman-teman (sebenarnya tidak bisa dibilang teman) saya di SD saya. Itulah pengalaman saya selama bersekolah di SD Negeri 3 Sading 'yang penuh penderitaan'. Bagaimana pengalaman anda?

    Besok Hari Istimewaku

    Benar, besok (Selasa, 26 Juli 2011 ) adalah hari yang cukup istimewa bagi saya. Tahu kenapa? Karena saya berulang tahun yang ke 14! Saya tidak akan merayakan hari ulang tahun saya. Saya hanya akan merayakan ulang tahun saya di blog ini. Kenapa? Karena saya bosan dengan teman-teman SD saya dan banyak menghabiskan banyak uang. Saya akan merubah tampilan blog ini menjadi lebih meriah. Orangtua saya terlihat belum mengetahui hari ulang tahun saya. Mungkin mereka akan membuat kejutan untuk saya.

    Apa harapan dan keinginan saya di ulang tahun saya yang ke-14 ini? Saya ingin sukses, panjang umur (termasuk orangtua dan adik saya), dunia berubah menjadi lebih baik (termasuk teman-teman SD saya supaya berubah menjadi orang yang tidak suka mengatur kehidupan saya dan orang lain), dan saya ingin berubah, memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang masih bisa diperbaiki, menyempurnakan kelebihan saya, dan menata ulang kehidupan saya yang sebelumya hancur dirusak dan diatur oleh teman-teman SD saya. Saya akan menulis semua kelemahan dan kekurangan saya dan menulis beberapa solusi untuk memperbaikinya dalam bentuk check list (tentunya sangat rahasia). Bila ada kelemahan yang saya tidak bisa saya temukan solusinya saya akan bertanya kepada para pembaca setia saya. Dukung saya ya untuk memperbaiki hidup saya dalam rangka memperingati hari ulang tahun saya yang ke 14 dan Katakan dengan semangat"selamat ulang tahun, Hedi"...

    Liburan Panjang Telah Usai, Kembali ke Sekolah

    Liburan 'yang agak membosankan' ini sebentar lagi akan berakhir. Dan saya harus sekolah dan belajar dengan sungguh-sungguh karena akan menghadapi Ujian Nasional tahun depan. Apa saya sudah mempersiapkan segala yang diperlukan untuk sekolah? Yang pasti sudah. Buku tulis, tas, kotak pensil, pulpen, pensil beserta penghapusnya, penggaris, dan tentu saja buku-buku penunjang belajar saya.

    Apakah anda takut karena liburan yang sangat panjang (4 minggu) ini akan berakhir? Kalau saya tidak takut bahkan saya sangat senang karena aku hampir mati kebosanan di rumah. Sekarang, saya akan mulai belajar lebih giat. Jadi, mungkin aktivitas sampingan seperti bermain, main komputer, termasuk mengupdate artikel di blog saya ini akan saya kurangi.

    Saya ingin sekali bersekolah di SMA Negeri 4 Denpasar atau SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Karena NEM yang dibutuhkan tinggi dan nilai rata-rata minimal kelulusan adalah 7 (pertama di Indonesia, lho!) yang membuat saya berusaha belajar dengan giat. Nah, saya sudah menentukan sekolah SMA yang saya inginkan. Kalau anda? Apa persiapan anda untuk back to school?

    Liburan Panjang Telah Usai, Kembali ke Sekolah

    Liburan 'yang agak membosankan' ini sebentar lagi akan berakhir. Dan saya harus sekolah dan belajar dengan sungguh-sungguh karena akan menghadapi Ujian Nasional tahun depan. Apa saya sudah mempersiapkan segala yang diperlukan untuk sekolah? Yang pasti sudah. Buku tulis, tas, kotak pensil, pulpen, pensil beserta penghapusnya, penggaris, dan tentu saja buku-buku penunjang belajar saya.

    Apakah anda takut karena liburan yang sangat panjang (4 minggu) ini akan berakhir? Kalau saya tidak takut bahkan saya sangat senang karena aku hampir mati kebosanan di rumah. Sekarang, saya akan mulai belajar lebih giat. Jadi, mungkin aktivitas sampingan seperti bermain, main komputer, termasuk mengupdate artikel di blog saya ini akan saya kurangi.

    Saya ingin sekali bersekolah di SMA Negeri 4 Denpasar atau SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Karena NEM yang dibutuhkan tinggi dan nilai rata-rata minimal kelulusan adalah 7 (pertama di Indonesia, lho!) yang membuat saya berusaha belajar dengan giat. Nah, saya sudah menentukan sekolah SMA yang saya inginkan. Kalau anda? Apa persiapan anda untuk back to school?

    Raja Dunia, Budak Cinta

    Selamat datang di blogku.... Saya akan mereview acara yang super. Yaitu Mario Teguh Golden Ways. Kali ini episodenya Raja Dunia, Budak Cinta. Langsung saja kita simak reviewnya. Yang akan mengubah hidup kita bukan orang lain, ramalan orang lain, modal, kemampuan, dan bakat. Hidup kita akan berubah karena upaya dari diri kita sendiri. Maka, (maaf saya tidak bisa melanjutkan artikel tentang Mario Teguh Golden Ways yang bertema Raja Dunia, Budak Cinta karena lagi bad moodSad smile)

    I Love Jl. Kartika Plaza

    Mengapa saya begitu menyukai jalan tersebut? Karena di sana semua yang saya sukai ada di sana. Saya sangat menyukai burger, kentang goreng, toko buku, toko handphone, toko baju, dan toko komputer/laptop. Kebetulan semua itu berada di satu tempat. Yaitu Jl. Kartika Plaza, Denpasar, Bali.

    Kalau mau beli burger dan kentang goreng, ada Mc. Donalds. Mau ke toko buku, ada Gramedia. Mau lihat-lihat HP dan gadget, ada Denpasar Junction dan Ice Mall. Mau beli baju, ada Robinson dan Matahari.

    Itulah mengapa saya menyukai jalan tersebut. Jika anda ke Denpasar jangan lupa ke areal jalan tersebut. Terima kasih .

    Buku-Buku Penunjang Belajar Saya

    Ujian Nasional tinggal setahun lagi…. Saatnya mempersiapkan pengetahuan dan mental untuk sukses menghadapi ujian nasional. Salah satu persiapan saya adalah mempersiapkan buku untuk penunjuang belajar. Baik itu buku kumpulan soal-soal tentunya berisi pembahasan, buku ringkasan materi lengkap, buku psikologi (untuk mempersiapkan mental), dan buku berisi software soal-soal ujian nasional. Inilah buku yang saya persiapkan untuk menghadapi ujian nasional. Langsung saja kita simak yang pertama:

    1. Seri Bahas Tuntas 1001 Soal SMP

    Ini adalah salah satu buku favorit saya. Karena berisi ringkasan padat, jelas, dan mudah dimengerti, Banyak soal yang berkualitas dan lengkap, dan berisi pembahasan tiap soal. Jadi kita bisa tahu mengapa jawaban kita salah. Buku ini ditulis oleh beberapa tentor ahli yang berpengalaman dan diterbitkan oleh Pustaka Widyatama. Buku ini juga memberikan link ke download update ribuan soal dan ada alamat email untuk konsultasi. Harga per serinya di antara Rp 40.000 sampai Rp 50.000. Ada 5 Seri yang tersedia, yaitu Bahasa Inggris (Bahas Tuntas 1001 Soal Bahasa Inggris SMP), Bahasa Indonesia (Bahas Tuntas 1001 Soal Bahasa Indonesia SMP), Matematika (Bahas Tuntas 1001 Soal Matematika SMP), Biologi (Bahas Tuntas 1001 Soal Biologi SMP), dan Fisika (Bahas Tuntas 1001 Soal Fisika SMP). Saya baru memiliki seri Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris saja dan akan membeli semua serinya. Buku ini sangat cocok untuk pelajar yang sedang menghadapi ujian nasional SMP.

    2. Bahas Habis2an Semua Mata Pelajaran SMP Kelas IX

    Buku ini juga favorit saya karena berisi ringkasan padat dan jelas, membahas 7 mata pelajaran {PKn, Matematika, IPA (Fisika, Biologi, Kimia), IPS (Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Sejarah), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan TIK}, berisi soal UN & UAS dan pembahasannya (berisi juga penyegaran materi kelas 7 & 8), dan soal psikotes. Kelemahan dari buku ini adalah per bab hanya 5 soal saja yang dibahas dan 15 lainnya menggunakan kunci jawaban. Tebalnya sekitar 382 halaman dan diterbitkan oleh Mata Elang Media. Harganya mungkin diantara 40 ribu dan 50 ribu rupiah. Walaupun begitu, buku ini pantas dimiliki karena isinya yang lengkap.

    3. Seri Buku Sakti SMP

    Ini buku terfavorit saya sewaktu kelas 7 dan 8 karena berkat buku ini, aku jadi lebih paham dan mengerti tentang matematika dan fisika. Dan juga karena buku ini, nilai Matematika saya di rapot 9 (terima kasih Buku Sakti SMP kau benar-benar sakti). Buku ini berisi Ringkasan materi yang sangat mudah dimengerti, dan soal beserta pembahasannya. Setiap bab terdapat 2 paket soal yang masing-masing berjumlah 30 soal. Paket pertama berisi pembahasan lengkap dan yang satunya lagi hanya berisi kunci jawaban. Ada 2 seri di Buku Sakti SMP ini, yaitu Matematika (Buku Sakti Matematika SMP) ditulis oleh Yualind Setyaningtyas, S.Si, dan Fisika (Buku Sakti Fisika SMP) ditulis oleh Giyarto, S.Si. Keduanya diterbitkan oleh Kendi Mas Media dan saya lupa harganya, tapi yang pasti tidak sampai 50 ribu rupiah per serinya. Jadi, buku ini sangat cocok untuk kelas 7, 8, dan 9 SMP untuk menhadapi ulangan harian, ulangan umum, dan ujian nasional.

    4. Software Sakti: Sukses UN SMP (Ujian Nasional) Tanpa Buku

    Ini software edukatif Windows terfavorit saya. Buku ini berisi pengertian, tips menghadapi ujian nasional, dan kumpulan beberapa soal dan pembahasan di buku. Juga tersedia sebuah CD Software puluhan paket soal. Software ini berisi soal-soal simulasi UN, Try Out per pelajaran, Bisa diatur nilai kelulusannya, statistik hasil latihan lengkap, dan pembahasan setiap soal. Buku dan software ini ditulis dan dibuat oleh Tim Tentor SSCI dan diterbitkan oleh Pustaka Widyatama. Harganya berkisar Rp 30.000 sampai Rp 40.000. Dengan manfaat jauh lebih besar dibandingkan hargannya, buku ini sangat cocok bagi anda yang suka main komputer dan tidak punya uang untuk membeli buku pertama, kedua, dan ketiga.

    5. 7 Keajaiban Rezeki, Unlimited Wealth, Dahsyatnya Berfikir Positif, 13 Wasiat Terlarang, dan The Secret

    Kelima buku diatas adalah buku psikologi dan motivasi agar saya lebih semangat belajar, berbakti pada kedua orangtua, dan lebih dekat dengan tuhan.

    Itulah semua buku yang saya miliki sebagai penunjang belajar saya. Dan semua buku itu tersedia di toko buku Gramedia terdekat dari rumah anda. Sekarang apa buku yang anda miliki untuk penunjuang belajar dan mengapa anda membelinya?

    Kegagalan Adalah Awal Dari Keberhasilan

    Diantara kalian pasti pernah gagal? Jangan tersinggung dulu, semua orang pasti pernah gagal walaupun dia tidak menyadarinya. Kegagalan adalah hal yang wajar. Jadi jangan takut gagal tetapi jangan juga sengaja mencari kegagalan karena tujuan kita berbuat sesuatu pasti kita ingin sesuatu yang kita kerjakan itu berhasil/sukses. Mana ada orang yang dengan sengaja mencari kegagalan? Pasti ada tetapi hanya minoritas.

    Mengapa Tuhan Tidak Memberikan Apa Yang Kita Minta?

    Tuhan adalah maha memberi. Jadi segala yang kita minta pasti akan diberikan oleh tuhan. Tapi mengapa kita meminta sesuatu yang kita idam-idamkan kepada tuhan tidak diberi. Nah untuk memahaminya saya akan memberikan uraian sederhana berikut ini.

    Seorang anak berusia 10 tahun meminta orangtuanya untuk membeli sebuah video game baru. Apakah anak itu mendapatkan apa yang dia minta? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena anak itu belum siap menerima video game itu. Jika anak itu diberikan video game maka dia yang malas belajar akan tambah malas belajar lagi dan nilai rapornya akan bertambah merah. Sebenarnya, orangtuanya ingin sekali membelikan apa yang diminta anaknya. Tapi mereka terpaksa menundanya karena si anak belum siap menerimanya.

    10 Kiat Sukses Bisnis Online

    Banyak orang yang merintis bisnis online tetapi banyak juga orang yang gagal dan menyerah karena tidak ada yang mau membeli produknya. Sebelum memulai bisnis online, ada pentingnya harus banyak berlatih cara-cara berbisnis online. Karena kegagalan adalah awal dari sebuah keberhasilan. Sebenarnya ada banyak kiat/tips agar sukses di bisnis online. Tetapi saya akan memberikan 10 hal yang terpenting untuk sukses bisnis online. Langsung saja kita simak yang pertama:

    Pengalaman Pertama Saya di Internet

    Saya memulai internet sejak kelas 1 SMP pada saat ada tugas dari sekolah di internet. Lalu saya mencari warnet yang sangat jarang ada di daerah saya. Setelah menemukan warnet yang biaya sewanya Rp 5.000/jam, saya lalu membuka komputer dan saya banyak bertanya pada penjaga warnet (maklum masih awam) gimana cara membuka internet? (web browser maksudnya), dimana mengetik alamat website dan masuk ke website itu? Pada saat itu saya tidak mengenal yang namanya Search Engine (jangan ketawa ya...) jadi saya memasuki satu demi satu semua alamat website yang kucatat. Penjaga warnet melihat “aksi” saya dan bertanya:

    Dukungan & Doa Orang Tua Sangat Menentukan Kesuksesan

    Kembali ke artikel motivasi saya. Kali ini saya akan menjelaskan betapa dahsyatnya dukungan dan doa dari orang tua dalam menentukan kesuksesan. Jika apa pun yang anda lakukan/impikan lalu didukung dan didoakan oleh kedua orang tua kita maka percayalah apa yang anda lakukan/impikan akan sukses/berhasil. Orang tua anda adalah tuhan yang nyata dan terikat dengan tuhan yang tidak nampak. Itulah sebab mengapa dukungan dan doa orang tua sangat menentukan keberhasilan anda.

    Tahukah anda bahwa:

    Orangtua Selalu Berusaha Membahagiakan Anda

    Tahukah anda? Bahwa setiap orangtua selalu berusaha membahagiakan anaknya dalam segala kondisi (sakit atau ekonomi rendah)? Tetapi ada teman saya yang bertanya “katanya orangtua selalu membahagiakan kita, mengapa saat saya meminta sesuatu tidak selalu dipenuhi oleh orangtua saya?” Saya jelaskan. Ada tiga orang anak yang berasal dari orangtua yang berbeda. Yang pertama ada anak usia 10 tahun minta dibelikan video game baru. Yang kedua ada anak yang berusia 13 tahun minta dibelikan sepeda motor. Yang ketiga ada anak usia 15 tahun minta dibelikan HP baru.

    Pengertian Sales Letter

    Sales letter merupakan sistem yang berupa tulisan pada website yang bertugas untuk mempresentasikan produk anda kepada pengunjung sebaik mungkin sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk anda. Karena sales letter bertugas mempresentasikan produk kita. Maka kita harus mendesainnya untuk sebaik mungkin dapat menarik hati konsumen. Sehingga akhirnya mereka mau memutuskan untuk membeli produk kita. Ingat!, sebagus apapun produk anda nantinya, jika sales letter anda "payah" maka konsumen tidak akan pernah tahu manfaat yang diperoleh dari produk anda. Oleh karena itu jika anda menulis sales letter, berpikirlah dari sudut pandang konsumen. Karena dengan begitu mereka akan tahu manfaat terbesar setelah memiliki produk anda. Sales letter menjadi penentu seberapa banyak pengunjung yang akan membeli produk anda dari 1000 orang pengunjung misalnya. Oleh karena itu sales letter harus kita desain agar menampilkan manfaat terbesar yang mereka peroleh setelah memiliki produk anda. Dalam sales letter kita dapat membaginya pada beberapa bagian diantaranya:
    1. Pembukaan
    2. Manfaat
    3. Kredibilitas
    4. Harga
    5. Ciptakan kondisi
    6. Pemesanan
    7. Garansi
    8. Bonus
    9. Penutupan
    Nanti saya akan memberikan link ke artikel untuk menjelaskan beberapa bagiannya. Untuk bertanya silahkan berkomentar dibawah ini.

    4 Tipe Orang yang Biasa Kita Jumpai

    Setiap orang memiliki tipenya masing-masing, tergantung dari kepribadian, sifat, perilaku, dan pendidikannya. Kebetulan saya membeli sebuah buku yang berjudul Unlimited Wealth - 17 Hari Menuju Kebebasan Finansial yang ditulis oleh Bong Chandra, seorang motivator dan milyarder termuda di Asia! Kini saya akan mereview buku ini sehingga anda tahu sedikit isi buku ini (maaf ya Bong Chandra…). Dan ini dia 4 tipe manusia yang biasa kita jumpai di sekitar kita. Langsung saja kita simak yang pertama:

    The Power of Now!

    Kembali ke cerita saya yang penuh makna ini. Kali ini saya akan menceritakan betapa pentingnya arti kata "sekarang". Sekarang artinya melakukan sesuatu dengan segera tanpa menunda lagi. Jika persiapan anda sudah matang, lakukan sesegera mungkin sebelum orang lain mengambil kesempatan anda.

    Mission Possible

    Kita kembali ke acaranya Mario Teguh. Kali ini temanya Mission Possible. Sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin bahkan bisa kita lakukan asal ada keikhlasan dan kesegeraan. Tidak ada pilihan kedua. Yang hanya ada pilihan kedua. Jangan mengandaikan sesuatu yang tidak mungkin kita bisa lakukan. Itu hanya menambah beban pikiran dan tidak membahagiakan anda. Misalnya, seandainya aku begini, seandainya kau tahu....... Cara menghindari seandainya di masa lalu adalah

    2 Rahasia Mendapatkan Banyak Pengunjung

    Saya akan menguak 2 dari banyak rahasia untuk mendapatkan banyak pengunjung hanya untuk anda para pembaca setia saya. Rahasia adalah sesuatu yang sangat istimewa dan banyak para pemilik blog yang takut rahasianya terbongkar tapi disini saya akan menguak semua rahasia yang saya ketahui. Mungkin banyak yang bilang ini bukan rahasia lagi tapi tidak ada salahnya kan untuk mencoba. Ini legal? Tentu saja legal tapi rahasia ini tidak disarankan bagi para pengguna jasa Google Adsense sebab rawan diban. Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita simak yang pertama:

    5 Tips Memilih Topik Blog

    Apa topik terbaik untuk blog anda? Sekarang saya akan memberikan 5 tips memilih topik blog. Mengapa memilih topik blog sangat penting? untuk mengetahuinya bacalah ulasan singkat berikut ini.

    Bayangkan anda tanpa sengaja mengunjungi sebuah blog, melihat desainnya yang sangat mearik dan berkete blog ini pasti isinya juga menarik, tetapi anda menemukan bahwa blog tersebut hanya berisi konten hasil copy-paste dari weblog lain. Anda pasti tergoda untuk menutup browser dan melanjutkan membaca email.

    Walau pengunjung blog terkagum-kagum dengan desain blog anda, tetapi mereka akan pergi jika posting anda tidak menarik. Jadi sekarang anda tahu kenapa memilih topik sangat penting? Karena posting anda adalah segalanya.

    Lalu bagaimana cara memilih topik blog yang benar? Nah, saya akan 5 tip memilih topik blog yang sesuai untuk anda. Langsung saja kita simak yang pertama:

    1. Pilih topik yang membuat anda terus menulis rutin walaupun anda tidak dibayar. Ini penting karena tidak banyak orang bisa terus menulis dan meneruskan blognya jika dia tidak menyukai topik yang ditulisnya.

    2. Pilihlah topik yang paling anda kuasai. Cara tergampang adalah tulislah tentang apa yang anda lakukan untuk mencari nafkah. Jika anda seorang guru, tulislah mengenai bidang studi yang anda ajar.

    3. Pilihlah satu atau beberapa topik yang saling berkaitan dan fokus pada topik tersebut. Dengan begini pembaca blog anda akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan terfokus sehingga membuat mereka kembali lagi untuk mendapatkan lebih.

    Jia anda masih bingung dengan topik apa di antara banyak ketertarikan anda, pilihlah satu dan mulai ngeblog. Berikan tenggat waktu sekitar tiga bulan untuk melihat perkembangannya. Berikan usaha 100% dan jangan tergoda untuk memulai blog baru sebelum blog pertama anda mulai menemukan ketenaran, tetapi jika tidak berhasil, temukan apa yang salah. Atau jika memang topik itu tidak cukup kuat mendorong anda ngeblog, pindahlah ke topik berikutnya.

    4. Kurangi menulis hal-hal yang terlalu pribadi kecuali anda seorang yang terkenal atau memang ingin membuat diary online.

    Posting tentang warna kesukaan anda, pergi ke mana anda semalam dengan teman-teman merayakan ulang tahun jarang membuat orang-orang sampai di blog anda, kecuali anda adalah seorang bintang Hollywood.

    Namun, ada sedikit orang yang berhasil mendapatkan pembaca setia selain orang di sekitarnya dengan posting tentang hal-hal di atas karena tulisannya sedemikian rupa menghibur. Mungkin mereka ini yang memang memiliki bakat menjadi penulis novel.

    5. Apakah blog anda ‘just made in Indonesia’ atau ‘made for the world’?

    Hal ini berhubungan dengan jangkauan topik yang dipilih dan masalah pemilihan bahasa yang ansda gunakan. Jika topik yang anda pilih tentang kemacetan Jakarta, mungkin pembaca blog anda bisa jadi hanya dari sekitar Jakarta. Jika topik anda tentang cara-cara menurunkan berat badan, pembaca blog anda bisa jadi dari seluruh dunia. Cukup masuk akal bukan?

    Jika anda memutuskan ‘made for the world’, gunakan bahasa Inggris. Bila seseorang dari Amerika membuka blog anda yang berbahasa Indonesia, dia tidak akan mengerti sepatah kata pun yang anda tuliskan dengan susah payah. Tentu dia akan segera menutupnya, kecuali dia begitu ingin tahu dan anda menyediakan widget untuk menerjemahkan blog anda ke bahasa Inggris.

    Itulah kelima tips cara memilih topik blog. Semoga bermanfaat dan selamat memilih topik blog. Ada yang kurang paham? Budayakan berkomentar! Jangan sungkan bertanya melalui komentar dibawah ini.

    Tips-Trik Blogger

    Saat ini blog sudah buka sesuatu yang asing lagi. Bahkan semua kalangan mulai dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua mencoba mengekspresikan diri mereka dengan blog. Terbukti dengan terus bertambahnya jumlah blogger di Indonesia, mulai dari balita, direktur, jurnalis, bahkan munculnya blogger full time, dan acara komunitas untuk blogger.

    Kemudahan untuk membuat blog yang interaktif tentunya didukung oleh beberapa engine penyedia blog. Salah satunya adalah Blogger, sebuah layanan lain dari Google, komunitas yang besar, gratis, mudah digunakan, dukungan dokumentasi yang lengkap, dan dapat dipakai dengan domain sendiri.

    Walau dengan semua kemudahan ini, tentunya jika tanpa pengetahuan yang cukup, blog akan terlihat hambar karena hanya berupa tampilan default yang sederhana. Untuk melakukan modifikasi tidak selalu memerlukan pengetahuan pemrograman, karena bisa dilakukan dengan menambahkan widget-widget yang disediakan oleh pihak ketiga, ataupun sekedar menambahkan teks, gambar, dan video. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat blog tampak beda dan memiliki ciri khas sendiri, misalnya dengan mengubah template, menambahkan link, menambahkan menu, menyisipkan foto hasil jepretan sendiri, dan lainnya.

    Blog ini membahas tidak hanya bagaimana memodifikasi tampilan tetapi juga tips menulis dan memilih konten yang baik, trik mempromosikan blog, dan membangun hubungan dengan pembaca karena blog anda harus bersaing dengan banyaknya blog lain di internet. Bahkan dibahas juga keuntungan ekstra dari ngeblog yang bisa anda manfaakan, yaitu menghasilkan uang dari blog.

    5 Langkah Mudah Submit / Daftar Blog ke Search Engine

    Mengapa kita harus submit / daftar blog kita ke beberapa layanan search engine? Tentu saja agar blog kita terindex oleh mesin pencari. Terutama jika anda memiliki blog baru. Karena banyak orang beranggapan pengunjung sebuah blog sebagian besar berasal dari search engine. Lalu bagaimana jika blog anda sudah terdaftar di search engine? Menurut para blog master sebaiknya submit blog secara rutin minimal sebulan sekali tapi jangan terlalu sering karena bisa dianggap spam oleh search engine apalagi mendaftar terlalu sering di search engine yang sama dan membuat blog anda dihapus dari search engine.

    Sebaiknya awali submit blog ke search engine yang sudah terkenal. Misalnya Google, Yahoo, dan Bing / MSN. Saya akan berikan cara submit / daftar ke search engine ternama. Langsung saja kita simak yang pertama:

    Tali Rejeki

    Kembali ke acara Mario Teguh Golden Ways. Kali ini acaranya bertema Tali Rejeki. Cara mendapatkan rezeki dari tuhan adalah menghubungkan diri kita dengan tuhan (mungkin ini menjadi alasan kenapa segmen ini bertema tali rejeki) dan hubungan kita dengan tuhan jangan sampai

    30 Tips Meningkatkan Traffic Blog

    Meningkatkan traffic blog - pasti para pembaca saya sudah mempunyai blog? Apakah blognya rajin diurus? Jika tidak mungkin ada beberapa faktor mengapa blog anda tidak diurus. Salah satunya adalah mungkin karena trafik blog anda rendah. Tapi masalahnya bagaimana cara meningkatkan traffic blog anda? Nah, saya akan memberikan tips cara meningkatkan trafik blog agar blog anda rajin diurus. Langsung saja kita simak yang pertama:

    Dikejar Anjing Gila

    Kembali lagi dengan acara favorit yang selalu memberikan saya ide untuk menulis artikel blog. Sekarang saya akan mengulas acara Mario Teguh yang bertema Dikejar Anjing Gila. Di segmen ini anda diajar untuk bekerja keras seperti dikejar anjing tapi tidak terlihat seperti dikejar anjing. Bagaikan angsa, diatas air anggun dibawah air sibuk. Anda akan sangat dihormati bila anda bekerja keras tapi terlihat tampan atau cantik. Jadi jangan terlalu memperlihatkan

    8 Aturan Berkomentar Yang Benar

    Anda suka blogwalking? Apakah untuk sekedar mendapatkan informasi atau untuk mendapatkan backlink dengan berkomentar di banyak blog? Nah, untuk yang suka berkomentar ada aturan yang berlaku bagi setiap blog yang harus dipatuhi. Karena jika tidak mematuhi aturan tersebut, maka komentar anda akan dihapus oleh pengelola blog itu.

    Sekarang saya akan membagi-bagikan kepada anda apa saja aturan berkomentar yang baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

    4 Cara Meningkatkan Nilai Rapot

    report-cardMasih ingatkah anda dengan iklan Nokia Life Tools yang rapot kebakaran? Nah iklan itu menjelaskan ada seorang anak yang rapotnya terbakar (nilainya jelek). Dan kemudian petugas pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api itu dan menyarankan anak itu untuk menggunakan Nokia Life Tools untuk belajar. Dan pada semester berikutnya anak dan ibunya itu membuka rapotnya dengan sangat takut dan ternyata nilai rapotnya bagus (tidak kebakaran).

    Nah bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah menerima rapot? Bagaimana nilainya, bagus atau tidak? Semoga nilai rapot kita bagus-bagus semua. Jika tidak, jangan menyesal apalagi mengamuk karena nilai rapotnya jelek. Itu memperingatkan kita agar semakin semangat belajar di semester berikutnya.

    Bagaimana cara menaikan nilai rapot semester berikutnya? Ikuti tips saya berikut ini:

    Inilah 10 Penyebab Blog Anda Dibanned

    Salah satu teman Facebook saya mengeluh kenapa akun Bloggernya diblokir. Padahal dia telah membuat blog tersebut sejak lama dan sudah cukup populer malah diban. Rugi kan? Sudah capek-capek membuat blog dan 'mensaktikannya' malah dibanned oleh pihak Blogger.
    Apakah hal seperti itu pernah terjadi di blog anda?
    Syukurlah karena blog dan akun Blogger saya masih aman-aman saja. Semoga anda juga tidak pernah mengalaminya. Kemungkinan besar penyebabnya adalah anda tidak mematuhi aturan dasar konten Blogger.
    Maka dari itu, saya akan memberikan apa saja penyebab sebuah blog dibanned. Inilah 10 penyebab blog anda dibanned. Langsung saja kita simak yang pertama:
    1. Blog yang berisi konten pembajakan. Membuat blog yang khusus berisi konten-konten tentang produk bajakan akan langsung membuat blog anda ditutup untuk selama-lamanya.
    2. Link ke situs / blog pembajakan. Walaupun blog anda hanya kasi numpang sebuah atau lebih link ke website / blog pembajakan. Tidak segan-segan blog anda akan diban.
    3. Konten p0rno. Sama dengan membuat blog tentang p3mbajakan, Membuat blog yang berisi konten p0rno maka blog anda akan dijatuhi hukuman untuk selama-lamanya.
    4. Link ke situs p0rno. Memberikan link ke website / blog yang berisi konten p0rno, baik berupa link persahabatan maupun iklan dan sekalipun anda tidak pernah mengisi blog itu dengan konten p0rno akan membuat blog anda diblokir oleh team Blogger.
    5. Membuat spam. Jangan sekali-kali anda membuat komentar yang sama di beberapa blog lain maupun dari Facebook (mengirim ke semua orang yang online melalui fitur chat dengan isi pesan yang sama). Jika anda sering melakukannya, tidak hanya blog anda akan dibanned tapi juga akun Blogger anda (berarti akun Google anda juga akan dibanned).
    6. Blog berisi virus / malware. Mencoba memasukan virus, malware, spyware dan sejenisnya akan membuat blog anda didelete untuk selama-lamanya.
    7. Ancaman. Membuat konten blog yang berisi ancaman paksaan kepada siapapun juga akan didelete oleh pihak Blogger.
    8. Mengcopy-paste konten. Hati-hati dalam mengkopi-paste (copas) konten. Sebaiknya jika anda akan mengcopas isi blog orang lain berikan juga link ke artikel / blog yang anda copas.
    9. Penyebar kebencian. Blog yang berisi sebuah kebencian kepada seseorang, ras, suku, agama, bahasa, budaya akan ditutup oleh Blogger.
    10. Konten sadis. Blog yang berisi konten sadis dan/atau menjijikan. Seperti ....... (maaf saya takut menjelaskannya. takut diban) akan secepatnya ditutup oleh Blogger.
    Jauhkankah blog anda dengan kesepuluh larangan di atas dengan tidak berisi hal yang diatas di blog anda.
    Tapi jika blog anda terlanjur berisi konten terlarang tersebut segeralah hapus konten tersebut sebelum diketahui oleh pihak Blogger.
    Semoga anda lebih berhati-hati dalam menulis artikel dan memasukan artikel ke blog kesayangan anda.

    6 Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru

    Banyak orang yang sering membuat blog tanpa tujuan dan ditinggalkan begitu saja karena berbagai alasan. Seperti karena pengunjungnya sedikit, tidak mendapat keuntungan, tidak mempunyai ide untuk menulis, dibanned Google, dan masih banyak lagi hal yang membuat pemilik blog itu meninggalkan blognya.

    Membuat blog baru tidak boleh asal-asalan harus ada persiapan dan pemikiran yang mantap dan itu membuat anda tidak bosan mengurus blog anda. Lalu apa saja persiapan yang harus dibutuhkan sebelum membuat blog baru? Berikut adalah 6 persiapan sebelum membuat blog baru. Langsung saja kita lihat yang pertama:

    1. Tema blog

    Apa tema blog yang akan anda buat? Apakah tentang IT, pribadi, garden, atau apa saja yang anda inginkan. Tapi anda harus benar-benar telah menguasai tema tersebut agar jika artikel anda dikomentari maka anda akan mudah merespon komentar tersebut.

    2. 3 artikel pertama

    Jika anda sudah menentukan tema. Maka sekarang anda harus membuat setidaknya 3 artikel pertama yang berhubungan dengan tema blog anda.

    3. Platform blog

    Sekarang tinggal pilih platform apa yang anda pilih untuk membuat blog. Bisa Blogger, Wordpress, Typepad, atau platform blog lainnya. Tapi jika anda adalah seorang pemula dalam blogging sebaiknya anda pilih Blogger dan jika anda sudah mahir blogging saya sarankan anda memilih Wordpress.

    4. Template blog

    jika anda sudah memilih platform blog. Kini anda tinggal pilih template blog yang kompatibel dengan platform dan tema blog anda. Template harus menarik, mudah diload, dan tidak terlalu mencolok.

    5. Target pembaca

    anda harus sudah mempunyai target pembaca yang akan membaca artikel blog anda. Misalnya target dari Facebook, Twitter, KasKus, search engine, dll. Atau target penggemar IT, tanaman hias, otomotif, olahraga, sepak bola, dll. Jadi anda mudah membuat artikel sesuai minat pembaca anda.

    6. Kata kunci untuk SEO

    SEO adalah sumber pengunjung terbanyak, jadi anda harus menerapkan teknik SEO yang baik. Salah satu tekniknya adalah memilih kata kunci dan meletakannya di tempat yang tepat.

    Nah, itulah 6 persiapan sebelum membuat blog baru.

    Ada pertanyaan, keluhan? Komentar di bawah ini.

    5 Ide Untuk Menulis Artikel Blog

    ide menulis
    Menulis di blog tak ubah seperti berbicara kepada orang lain dan anda akan menerima respon berupa komentar. Jadi, sebenarnya tidak sulit untuk menulis artikel blog. Jika anda mempunyai banyak ide, sebaiknya segera tulis di HP atau di buku saku dan kemudian salin tulisan tersebut di blog anda (jika blog anda bersifat blog tentang umum).
    Lalu, bagaimana jika anda tidak mempunyai ide menulis artikel blog? Tenang, jangan panik! Saya akan memberikan 5 ide untuk menulis artikel blog. Berikut idenya:

    1. Coba perdalam lebih lanjut salah satu artikel blog anda

    Jika anda mempunyai sebuah artikel yang sudah lama ditulis. Jika bisa, sebaiknya review dan tambahkan lagi sesuatu yang berhubungan dengan artikel tersebut. Selain dari blog anda, bisa juga review artikel dari blog lain (jangan copas mentah-mentah). Itu dilakukan supaya artikel lama anda lebih sempurna.

    2. Respon komentar pembaca anda dalam sebuah artikel

    Ini penting karena jika anda merespon komentar pembaca anda maka sang pembaca akan merasa dihargai dan mereka akan senang mengunjungi blog anda. Tapi bagaimana jika blog anda tidak pernah dikomentari pembaca? Cari artikel blog orang lain yang ada komentarnya lalu buat artikel yang berhubungan dengan pertanyaan di komentar blog tersebut dan beritahukan kepada si komentator bahwa dia dapat menemukan jawabannya di artikel blog anda.

    3. Terjemahkan artikel berbahasa asing

    jika anda lumayan berbahasa asing dan ada artikel menarik dari blog yang berbahasa asing. Segeralah terjemahkan artikel tersebut dan tulis di blog anda. Bila ada kesulitan dalam menerjemahkan kata dan kalimat, terjemahkan aja di Google Translate (tapi jangan terjemahkan semua isi artikelnya ya! Karena Google Translate kerap salah menerjemahkan).

    4. Tulislah apa yang anda dapat dari menonton sebuah acara TV

    Jika anda mampu menyimak dan menceritakan ulang dengan baik apa yang anda tonton di sebuah acara TV. Seperti acara Mario Teguh di Metro TV. Saya senang dengan acara itu karena mampu memberikan motivasi bagi saya dan saya akan menceritakan ulang acara itu lewat blog ini. Saya menamakan judul artikel tersebut berdasarkan tema acara itu. Jadi kalau bisa, cobalah simak acara TV dan tulis di blog anda.

    5. Ceritakan pengalaman dan acara jalan-jalan anda

    Jika anda mempunyai pengalaman yang bukan rahasia dan sering jalan-jalan (ke mal, tempat rekreasi, tempat wisata, tur, dsb). Sebaiknya catat di blog anda karena blog itu sebenarnya adalah buku catatan (buku harian) online. Tapi jika pengalaman anda bersifat sangat rahasia jangan ditulis karena sama saja dengan anda membocorkan rahasia anda sendiri.

    Nah, itulah 5 ide untuk menulis artikel blog. Bila ada kekurangan atau hal yang keliru, anda bisa berkomentar dibawah ini.
    close