8 Aturan Berkomentar Yang Benar

Anda suka blogwalking? Apakah untuk sekedar mendapatkan informasi atau untuk mendapatkan backlink dengan berkomentar di banyak blog? Nah, untuk yang suka berkomentar ada aturan yang berlaku bagi setiap blog yang harus dipatuhi. Karena jika tidak mematuhi aturan tersebut, maka komentar anda akan dihapus oleh pengelola blog itu.

Sekarang saya akan membagi-bagikan kepada anda apa saja aturan berkomentar yang baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jangan membuat banyak komentar di blog yang sama. Jangan membuat banyak komentar di blog atau bahkan di satu artikel yang sama. Kecuali jika memang di artikel tersebut terjadi sebuah diskusi.

2. Jangan membuat komentar yang sama di banyak blog. Misalnya anda berkomentar 'thanks 4 info' di lebih dari 5 blog yang berbeda pada hari yang sama. Hal itu tidak hanya menyebabkan komentar anda tidak diterima oleh sang pengelola, tetapi juga akun Blogger anda akan dibanned.

3. Jangan memberi komentar yang tidak berarti. Misalnya 'thanks 4 info' 'nice post i always here please visit my blog' 'info yang sangat menarik' dan masih banyak lagi.

4. Jangan memberi komentar yang sama dengan pekomentar yang lain. Misalnya ada orang lain yang sudah berkomentar lebih awal tapi anda membuat komentar yang tulisan, ejaan yang sama dan terkesan copas dengan pekomentar lain.

5. Jangan memberi komentar yang dapat merusak reputasi blog itu.

6. Jangan membuat komentar yang tidak relevan dengan isi artikel. Misalnya ada artikel tentang tablet PC tapi anda berkomentar hal yang berhubungan dengan smartphone.

7. Jangan memberi link / tautan di komentar. Memberi link hanya diperbolehkan di form nama (anchor text) dan URL. Menyisipkan link baik hidup maupun link mati di komentar akan langsung dihapus oleh pengelola blog tersebut. Misalnya 'memang benar tablet PC canggih. Info lebih lanjut kunjungi http://komeletek.blogspot.com/ '

8. Jangan memberikan komentar dengan unsur SARA. Ini sangat berbahaya apalagi komentar berisi mengejek suku, ras, agama, dll. Itu sangat tidak baik untuk anda dan orang lain.

Nah, itulah 8 aturan berkomentar yang baik dan benar. Hal yang diatas dapat ditanggulangi dengan cara membaca dan memahami seluruh isi artikel dan bila ada kesan, pesan, saran, pertanyaan barulah kita susun sebagai komentar yang akan kita tulis. Komentar harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti semua orang agar mudah direspon oleh pengelola ataupun para pembaca artikel tersebut. Mulailah belajar menulis komentar dengan mengisi komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment