5 Ide Untuk Menulis Artikel Blog

ide menulis
Menulis di blog tak ubah seperti berbicara kepada orang lain dan anda akan menerima respon berupa komentar. Jadi, sebenarnya tidak sulit untuk menulis artikel blog. Jika anda mempunyai banyak ide, sebaiknya segera tulis di HP atau di buku saku dan kemudian salin tulisan tersebut di blog anda (jika blog anda bersifat blog tentang umum).
Lalu, bagaimana jika anda tidak mempunyai ide menulis artikel blog? Tenang, jangan panik! Saya akan memberikan 5 ide untuk menulis artikel blog. Berikut idenya:

1. Coba perdalam lebih lanjut salah satu artikel blog anda

Jika anda mempunyai sebuah artikel yang sudah lama ditulis. Jika bisa, sebaiknya review dan tambahkan lagi sesuatu yang berhubungan dengan artikel tersebut. Selain dari blog anda, bisa juga review artikel dari blog lain (jangan copas mentah-mentah). Itu dilakukan supaya artikel lama anda lebih sempurna.

2. Respon komentar pembaca anda dalam sebuah artikel

Ini penting karena jika anda merespon komentar pembaca anda maka sang pembaca akan merasa dihargai dan mereka akan senang mengunjungi blog anda. Tapi bagaimana jika blog anda tidak pernah dikomentari pembaca? Cari artikel blog orang lain yang ada komentarnya lalu buat artikel yang berhubungan dengan pertanyaan di komentar blog tersebut dan beritahukan kepada si komentator bahwa dia dapat menemukan jawabannya di artikel blog anda.

3. Terjemahkan artikel berbahasa asing

jika anda lumayan berbahasa asing dan ada artikel menarik dari blog yang berbahasa asing. Segeralah terjemahkan artikel tersebut dan tulis di blog anda. Bila ada kesulitan dalam menerjemahkan kata dan kalimat, terjemahkan aja di Google Translate (tapi jangan terjemahkan semua isi artikelnya ya! Karena Google Translate kerap salah menerjemahkan).

4. Tulislah apa yang anda dapat dari menonton sebuah acara TV

Jika anda mampu menyimak dan menceritakan ulang dengan baik apa yang anda tonton di sebuah acara TV. Seperti acara Mario Teguh di Metro TV. Saya senang dengan acara itu karena mampu memberikan motivasi bagi saya dan saya akan menceritakan ulang acara itu lewat blog ini. Saya menamakan judul artikel tersebut berdasarkan tema acara itu. Jadi kalau bisa, cobalah simak acara TV dan tulis di blog anda.

5. Ceritakan pengalaman dan acara jalan-jalan anda

Jika anda mempunyai pengalaman yang bukan rahasia dan sering jalan-jalan (ke mal, tempat rekreasi, tempat wisata, tur, dsb). Sebaiknya catat di blog anda karena blog itu sebenarnya adalah buku catatan (buku harian) online. Tapi jika pengalaman anda bersifat sangat rahasia jangan ditulis karena sama saja dengan anda membocorkan rahasia anda sendiri.

Nah, itulah 5 ide untuk menulis artikel blog. Bila ada kekurangan atau hal yang keliru, anda bisa berkomentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment