4 Cara Meningkatkan Nilai Rapot

report-cardMasih ingatkah anda dengan iklan Nokia Life Tools yang rapot kebakaran? Nah iklan itu menjelaskan ada seorang anak yang rapotnya terbakar (nilainya jelek). Dan kemudian petugas pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api itu dan menyarankan anak itu untuk menggunakan Nokia Life Tools untuk belajar. Dan pada semester berikutnya anak dan ibunya itu membuka rapotnya dengan sangat takut dan ternyata nilai rapotnya bagus (tidak kebakaran).

Nah bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah menerima rapot? Bagaimana nilainya, bagus atau tidak? Semoga nilai rapot kita bagus-bagus semua. Jika tidak, jangan menyesal apalagi mengamuk karena nilai rapotnya jelek. Itu memperingatkan kita agar semakin semangat belajar di semester berikutnya.

Bagaimana cara menaikan nilai rapot semester berikutnya? Ikuti tips saya berikut ini:

1. Gunakan nilai rapot anda untuk koreksi diri. Cobalah lihat rapot anda, cek apa pelajaran yang membuat nilai rapot anda merosot. Misalnya matematika dan bahasa inggris, anda harus belajar dengan lebih serius dengan pelajaran matematika dan bahasa inggris. Tapi ingat, pelajaran yang nilainya bagus tetap pertahankan ya!

2. Pahami jangan dihafal!

Menghafal akan membuat otak anda pusing dan mudah dilupakan apa yang anda hafalkan itu karena menghafal hanya untuk jangka pendek. Sebaiknya baca, hayati dan pahami suatu materi agar apa yang anda pelajari itu tidak mudah lupa.

3. Seringlah berlatih mengerjakan soal. Untuk dapat memahami suatu pelajaran dengan baik, anda harus terlibat aktif dalam suatu pelajaran. Mulai dari mendengarkan penjelasan guru, membuat catatan untuk hal-hal yang penting, rajin pengerjakan PR, sampai memperbanyak latihan sendiri yang dilakukan secara rutin dan teratur. Sering berlatih mengerjakan soal juga akan meningkatan daya pemahaman dengan pelajaran tersebut.

4. Rajin berdoa sesuai aturan agama dan kepercayaan masing-masing. Seperti saya yang rajin bertri sandhya secara teratur. Bila anda beragama Islam, rajinlah sholat. Dan dengan agama dan kepercayaan masing-masing sesuai aturan yang berlaku. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan jangan main-main / bercanda. Berdoa dengan teratur akan menenangkan pikiran anda agar konsentrasi lebih meningkat dalam belajar.

Nah, itulah 4 cara meningkatkan nilai rapot. Semoga dengan mengikuti tips-tips di atas diharapkan nilai rapot anda tidak kebakaran (mendapatkan nilai yang bagus-bagus) di semester mendatang.

13 comments:

  1. Wah ,, bisa jadi acuan nih, sekalian buat introspeksi diri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mengunjungi HdSBlog dan telah berkomentar di blog ini. Semoga anda sukses.

      Tetap Semangat!
      HdSTeam

      Delete
  2. adakah cara lain untuk meningkatkan nilai rapor kita? saya sudah sering mencoba dan mendengar tentang cara-cara ini <~(dari orang tua, guru, kepala sekolah, teman, tetangga, dlsb).. terimakasih :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin cara yang lain adalah: Kita harus bertekad yang kuat, kerja keras, yakin, dan Tetap Semangat!

      Delete
  3. Pantas saja nilai MID semester saya banyak yang jelek. Saya menghafal dan tidak memahami. Terima kasih atas informasinya ya, GBU.
    Jovanka Laura.K

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mulai sekarang cobalah untuk memahami materi pelajaran supaya lama 'nempel' di otak :)

      Samasama | Tetap Semangat!

      Delete
  4. Nilai ulangan saya turun, mngkin karena saya trlalu bnyk menghafal. Tp teman2 sy yg gak belajar n pake cara gk bner dpt nilai bagus. Kayakny gak adil gitu. Trus gmana nyikapinnya?

    ReplyDelete
  5. Nilai ulangan saya turun, mngkin karena saya trlalu bnyk menghafal. Tp teman2 sy yg gak belajar n pake cara gk bner dpt nilai bagus. Kayakny gak adil gitu. Trus gmana nyikapinnya?

    ReplyDelete
  6. nem smp saya cukup bagus tapi pada saat sma 1 sudah ada penjurusan saya pun masuk ipa, tetapi pada saat saya masuk nilai saya tiba tiba turun delastis apa yang harus saya lakukan

    ReplyDelete
  7. Hmmm.. saya nggak tahu harus bagaimna memperbaiki nilai hmm mkasih yach atas tipsnya ..

    ReplyDelete
  8. Kayaknya udah telat. Saya tidak sekolah lagi. Anggaplah suatu pelajaran bagi saya. Saya mencari nafkah sekarang. Saya tak mau main2 lagi dalam segala hal.

    ReplyDelete
  9. kalau untuk anak anak yang nilai matematikanya 4 ke bawah gimana ya caranya? nih.. :(

    ReplyDelete