Pahami, Bukan Hafalin!

loading...

BelajarSaya bukan bermaksud mengancam yaa. Hehehee.. Memang benar sih, untuk mempelajari sebuah Materi Pelajaran, lebih baik kita memahaminya daripada menghafalkannya. Memang memahami itu cukup sulit tapi jika sekali kita paham maka akan terus lengket di pikiran kita dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan kalau menghafalkan tidak hanya membuat pikiran kita menjadi tegang. Tapi juga ingatan kita dari hafalan itu bersifat jangka pendek. Jadi mudah lupa. Juga kita tidak bisa mengembangkan apa yang kita hafali tersebut. Seperti contoh: Jika mencari z maka rumusnya z = a x b. Siapa tahu di soal yang ditanya adalah a. Bingunglah kita. Menyadari hal itulah, saya akan memberikan kepada anda Cara Saya dalam memahami suatu Materi Pelajaran. Langsung saja kita simak yang pertama:

 

Pertama kita harus mengetahui konsep. Baik konsep dasar yang memang harus diketahui maupun konsep Materi Pelajaran itu sendiri. Caranya adalah dengan membaca secara keseluruhan isi Materi Pelajaran tersebut 2 kali dengan konsentrasi. Baca dan pahami setiap paragraf (bukan setiap huruf/kata/kalimat) dan gabungkan setiap paragraf menjadi suatu inti dari Materi Pelajaran tersebut, pelajari alurnya, dan kembangkan menjadi sebuah konsep yang akan mendasari anda dalam belajar.

Jika yang sedang anda pelajari adalah sebuah rumus, maka pahami terlebih dahulu konsep yang paling dasar seperti aljabar dan PLSV (Persamaan Linear Satu Variabel). Jika kedua konsep tersebut sudah anda pahami baru anda mencari tahu ‘gimana sih kok bisa kayak gitu rumusnya?’ yaitu dengan melakukan eksperimen sederhana tentang mencari rumus itu. Baru anda akan memahami betul maksud dan konsep rumus tersebut.

Kedua adalah harus mengetahui manfaat dan cara penggunaannya. Yaitu dengan cara mempelajari bagaimana cara orang lain menggunakan Materi Pelajaran tersebut. Misalnya dengan mempelajari contoh soal atau penyelesaian soal. Disini, anda akan mengetahui lebih lanjut tentang cara menggunakan sebuah rumus atau alat. Pelajari setiap langkah-langkahnya dan bila perlu tiru/ikuti langkah-langkahnya. Dengan ini, anda lebih mengetahui lebih lanjut tentang Materi Pelajaran tersebut beserta cara penggunaannya/penyelesaiannya.

Ketiga adalah latihan. Latihan dengan mengerjakan soal/menggunakan sebuah alat tanpa petunjuk/instruksi. Kerjakan dengan sungguh-sungguh dan jika sudah selesai, anda bisa memeriksa hasil pekerjaan anda melalui kunci jawaban/Bahas Soal/siapapun yang memahami Materi Pelajaran tersebut. Jika ada kesalahan, coba periksa petunjuk/pembahasan soal dan cobalah untuk mengerjakannya kembali sampai anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Itulah cara memahami sebuah Materi Pelajaran. Jika anda sudah benar-benar melaksanakan ketiga petunjuk diatas, maka apapun Materi Pelajaran yang anda pelajari akan selalu anda ingat karena cara tersebut menggunakan metode otak kanan. Jadi akan tersimpan dalam memori ingatan otak jangka panjang. Coba anda bandingkan dengan menghafal, pasti penuh tegang (karena sulitnya menghafal dan waktu yang terbatas) dan mudah lupa saat digunakan. Cara yang saya berikan ini simple, tidak memerlukan banyak waktu, dan otak anda tetap rileks.

Jadi, selamat mencoba, semoga sukses, dan Tetap Semangat!

Selamat tahun baru 2012.. Smile

 

HdS Smile

loading...

5 comments:

  1. Benar sekali pendapat anda dan terima kasih telah mau berpendapat.
    Memang kebanyakan guru hanya berpatok pada kunci jawaban atau jawaban di materi. Jadi, salah sedikit saja menjawab(apalagi esay) bisa fatal akibatnya. Sebaiknya guru juga memahami materi yang akan dia ajarkan. Dengan begitu, pendidikan Indonesia akan semakin maju..
    Tetap Semangat!

    ReplyDelete
  2. bener banget dah,
    cz kalau hanya di hafal,
    nanti pasti akan dapat kasus yang bikin kita gak bisa berbuat apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju!
      Kita jadi tidak bisa berbuat apa-apa karena kita tidak mampu mengembangkan apa yang kita pelajari.

      Be developed!
      Keep Spirit!

      Delete
  3. bener banget , jujur saja saya lebih banyak menghafal daripada memahami,
    cara tersebut akan coba saya terapkan, terima kasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobalah untuk memahami suatu materi pelajaran dengan cara membacanya berulang kali kemudian berlatihlah soal sebanyak mungkin :)

      Delete