2 Cara Mengembang Kempiskan Paru-Paru

Paru-paru adalah organ yang befungsi sebagai alat respirasi, yaitu untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Paru-paru merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia. Saat menarik napas, paru-paru mengembang. Sedangkan saat menghembuskan napas, paru-paru mengempis/mengkerut. Saat menghirup udara, paru-paru bisa menghirup hingga 500 cc udara. Ada dua cara mengembang kempiskan paru-paru, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut adalah penjelasan tentang pernapasan dada dan perut. Langsung saja kita simak yang pertama:

2 Cara Mengembang Kempiskan Paru-Paru

7 Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

Tumbuhan berbiji (spermatophyta) dapat dibagi menjadi dua yaitu gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Gymnospermae terdiri dari pakis haji (Cycas rumphii), putri dara cina (Ginkgo biloba), melinjo (Gnetum gnemon), dan pinus (Pinus merkusii). Sedangkan angiospermae terdiri dari tumbuhan dikotil dan monokotil. Nah, apa perbedaan antara gymnospermae dan angiospermae? Langsung saja kita simak yang pertama:

7 Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

Pengertian Sistem Pencernaan (Artikel Lengkap)

Sistem pencernaan adalah sistem organ dalam hewan multiseluler yang berfungsi untuk menerima makanan, menghancurkan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil dan halus, mencerna makanan sehingga dapat digunakan sebagai penghasil energi, pembangun tubuh, dan pelindung tubuh, dan membuang sisa proses tersebut melalui anus (dubur). Terdapat sistem pencernaan pada manusia dan sistem pencernaan pada hewan. Setiap hewan mungkin memiliki struktur sistem pencernaan yang berbeda. Dalam bahasa Inggris, “sistem pencernaan” disebut digestive system.

Pengertian Sistem Pencernaan

Pengertian Sosialisasi Secara Umum (Artikel Lengkap)

Sosialisasi adalah proses membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Sosialisasi sangat berguna bagi mereka yang memasuki lingkungan masyarakat baru atau anak yang mulai belajar berinteraksi dengan masyarakat. Proses sosialisasi terjadi secara bertahap. Pengertian sosialisasi secara umum adalah proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma dan nilai yang berlaku sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan tuntutan perilaku masyarakat. Pada hakikatnya sosialisasi merupakan hasil dari interaksi antar manusia. Hasil sosialisasi adalah berkembangnya kepribadian seseorang sesuai dengan keunikannya masing-masing dan berkembang dan terpeliharanya kebudayaan masyarakat.

Pengertian Sosialisasi Secara Umum


Judul

Alamat

1. Pengertian dan Tujuan Sosialisasi http://sosio-antro-smaransa.blogspot.com/2011/12/sosialisasi.html
2. Pengertian Sosialisasi (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/01/pengertian-sosialisasi-artikel-lengkap.html
3. Pengertian Sosialisasi Menurut para Ahli http://www.pengertianahli.com/2013/12/pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli.html
4. Pengertian Sosialisasi http://www.artikelbagus.com/2012/06/pengertian-sosialisasi.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

10 Contoh Karya Seni Rupa Murni Lukisan

Lukisan adalah karya seni yang menerapkan media cat, pigmen, warna, atau media lainnya ke permukaan. Media tersebut biasanya diterapkan dengan cara menggunakan kuas, tetapi ada juga yang menggunakan alat lain seperti pisau, spons, dll. Jika lukisan itu mengandung makna mendalam dan membuat penikmat seni penasaran akan makna lukisan itu, maka lukisan tersebut bisa sangat terkenal dan berharga sangat mahal. Berikut adalah contoh karya seni rupa murni berupa lukisan. Lukisan yang saya contohkan adalah salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan di urutan nomor 10 adalah lukisan termahal di dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Jenis Aliran Lukisan Beserta Biografi Pelukis Luar Negeri
Mona Lisa

Peluang (Materi Ringkasan)

1. Kaidah Pencacahan

1.1. Aturan Perkalian

Jika kejadian pertama dapat terjadi dalam m cara dan kejadian kedua dapat terjadi dalam n cara maka dua kejadian tersebut dapat terjadi bersama-sama dalam m x n cara.

10 Contoh Ladang Minyak Dunia

Ladang minyak adalah wilayah yang terdapat banyak sumur minyak yang menghasilkan minyak bumi dari bawah tanah. Sumur minyak pertama di dunia terletak di Polandia pada tahun 1853. Saat ini terdapat lebih dari 65.000 ladang minyak dengan jutaan sumur minyak di seluruh dunia. Namun, 94% minyak yang dihasilkan dunia hanya terdapat di kurang dari 1.500 ladang minyak utama. Sebagian besar ladang minyak terdapat di Timur Tengah. Berikut adalah beberapa contoh ladang minyak terbesar di dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Proses Pembentukan Minyak Bumi (Materi Lengkap)
10 Contoh Ladang Minyak Dunia

Pengaruh Stress Terhadap Lambung

Banyak sekali penyebab terjadinya penyakit pada lambung. Salah satunya stress yang konon dapat memicu sakit maag. Benarkah demikian? Menurut Dr. Wolf, saat stress lambung mengeluarkan banyak asam lambung yang sebenarnya tidak diperlukan. Kejadian itu mirip dengan muka merah yang timbul saat marah/cemas. Kecepatan aliran darah pada sistem sirkulasi meningkat disaat kita stress. Rupanya asam lambung yang dikeluarkan berlebihan itu dimaksudkan untuk memastikan penyerapan dan pencernaan makanan dilakukan secepat mungkin supaya darah tetap bisa membawa sari-sari makanan.

Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu Anda.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Depresi (Artikel Lengkap)

Daftar pustaka:

  1. Coleman, Vernon. 1991. Stress dan Lambung Anda. Jakarta: Arcan


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkana request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

5 Alasan Terjadinya Brother Zone (Zona Kakak Adik)

“Kakak udah aku anggap sebagai kakakku sendiri”

Kata-kata tersebut sangat menyakitkan untuk dibaca. Apalagi jika kita menyukai adik kelas itu. Lebih apalagi lagi kalau sebulan kemudian dia punya pacar. Nyesek banget! Tapi ada juga sih cowok yang menganggap teman ceweknya hanyalah sebagai adiknya sendiri. Nah, apa aja sih alasan kenapa bisa masuk ke dalam brother zone alias “zona kakak-adik” atau yang juga disebut friend zone? Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 4 Tips Biar Ga Masuk Friend Zone
5 Alasan Terjadinya Brother Zone (Zona Kakak Adik)

11 Ciri-Ciri Kingdom Plantae

Kingdom plantae adalah organisme multiseluler eukariota yang mencakup tanaman berbunga, pakis, lumut, dan ganggang hijau. Organisme yang termasuk ke dalam kingdom plantae biasa disebut tumbuhan/tanaman. Ciri khas kingdom plantae adalah memiliki dinding sel dan klorofil serta mampu melakukan fotosintesis. Kerajaan ini memiliki beberapa ciri-ciri. Berikut adalah ciri-ciri kingdom plantae. Langsung saja kita simak yang pertama:

11 Ciri-Ciri Kingdom Plantae

Mengapa Lisosom Tidak Terdapat pada Sel Tumbuhan?

Lisosom adalah organel sel yang mengandung enzim hidrolitik yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler dan sebagai salah satu alat imunitas tubuh karena memiliki sifat fagosit. Lisosom hanya terdapat pada sel hewan. Sel tumbuhan tidak memiliki lisosom karena telah memiliki vakuola yang fungsinya sama dengan lisosom. Fungsi vakuola adalah untuk melakukan pencernaan dan menyimpan senyawa organik yang dihasilkan tanaman.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Cara Mengatasi 10 Penyakit pada Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan adalah sistem organ yang berfungsi untuk melakukan respirasi. Sistem pernapasan pada manusia terdiri dari hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, paru-paru, dan alveolus. Sama seperti organ lainnya, organ pada sistem pernapasan juga bisa terserang berbagai penyakit. Beberapa diantaranya dapat disembuhkan. Berikut adalah cara menyembuhkan berbagai penyakit pada sistem pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20 Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia
Cara Mengatasi 10 Penyakit pada Sistem Pernapasan

5 Cara Mendapatkan Popularitas Saat SMP

Masa-masa SMP adalah masa yang paling nanggung dan labil. Saat SMP, kamu mulai menyadari bahwa lawan jenismu itu ternyata menarik (untuk dimiliki). Apalagi kalau kamu masih kelas 7 (untuk cewek) dimana terdapat banyak kakak-kakak kelas yang ganteng-ganteng (serigala) dan sudah kelas 9 (untuk cowok) dimana sudah bermunculan adek-adek kelas yang imut, centil, nan cantik. Mulai saat itulah kamu belajar untuk mendapatkan pujaan hatimu yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Kamu mulai merasa bahwa popularitas diperlukan untuk menggaet cinta. Kemudian kamu mulai iri dengan temanmu yang sangat populer dan sangat disukai lawan jenisnya. Sesungguhnya cara mendapatkan popularitas itu gampang asalkan kamu mau melakukannya. Berikut adalah beberapa tips cara mendapatkan popularitas saat SMP. Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Cara Mendapatkan Popularitas Saat SMP

10 Ciri-Ciri Asam Kuat

Asam kuat adalah asam yang berionisasi sempurna dalam larutan dengan kehilangan satu proton dengan persamaan:

clip_image002

Contoh asam kuat adalah asam klorida (HCl), asam fosfat, asam bromida (HBr), asam nitrat, asam sulfat (H2SO4), dll. Sedangkan asam sendiri adalah larutan elektrolit yang jika dimasukan ke dalam air akan terurai dan menghasional ion positif dan ion negatif. Berikut adalah ciri-ciri asam kuat. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Asam, Basa, dan Garam (Artikel Lengkap)
10 Ciri-Ciri Asam Kuat

Pengertian Resensi (Artikel Lengkap)

Resensi adalah penilaian, kritik, dan pembahasan tentang suatu produk atau karya seni. Buku adalah produk yang paling sering diresensi. Resensi biasa terdapat pada koran pada tajuk bedah buku, pembicaraan buku, atau tinjauan buku. Sebuah resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan, dan apa yang didapat dari produk tersebut. Tujuan resensi adalah untuk menginformasikan sebuah produk dan untuk mengetahui apakah produk tersebut bagus apa tidak. Dalam bahasa Inggris biasa disebut review. Istilah “resensi” tidak hanya dapat digunakan untuk buku saja, tetapi juga berupa pementasan seni, mobil, film, permainan, sinetron, elektronik, tarian, drama, seni musik, pameran seni, seni rupa, dll yang berkaitan dengan seni dan produk.

pengertian resensi

6 Cara Berkata yang Baik di SMS

SMS dan aplikasi chatting sama halnya dengan mengobrol secara langsung atau melalui telepon/Skype. Perbedaannya adalah saat SMS kita masih bisa berpikir cukup panjang sebelum mengirimkan pesan. Maka dari itu, sebaiknya kita tidak perlu terburu-buru dalam membalas SMS. Karena setiap pesan yang telah terkirim tidak dapat ditarik lagi (kecuali BBM sebelum penerima telah me-read pesan). Nah, bagaimana cara berkata yang baik di SMS maupun jejaring sosial? Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Bagaimana Cara Agar Seseorang Membalas SMS Kita
6 Cara Berkata yang Baik di SMS

Asal Mula Kata Politik (Artikel Lengkap)

Politik adalah teori mempengaruhi orang lain pada tingkat global, masyarakat, dan individu. Pada umumnya politik terdapat pada pemerintahan yakni tentang bagaimana cara seseorang memperoleh kedudukan/posisi/jabatan tertentu dalam pemerintahan. Politik juga berarti proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat dalam bentuk keputusan.

asal mula kata politik

10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Seni rupa terapan nusantara adalah karya seni asli Nusantara atau Indonesia yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaannya. Sehingga di Indonesia terdapat banyak karya seni rupa terapan. Batik dan tenun adalah salah satu karya seni rupa terapan Nusantara yang terkenal. Berikut adalah 10 contoh karya seni rupa terapan Nusantara. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 8 Contoh Seni Rupa Terapan

rumah adat

6 Cara Agar Senior Menyukai Kita

Zaman sekarang junior baik itu di SMP, SMA, SMK, dan kuliah sama saja. Suka naksir sama senior padahal baru pertama kali lihat. Apalagi sama senior yang ganteng kayak pemain di GGS atau berwajah kayak orang Korea. Cowok itu pasti bakal jadi “target operasi” para junior-juniornya. Nah, terkadang cowok gak suka sama cewek yang terlalu lebay seperti itu. Trus, bagaimana caranya supaya senior suka sama kita? Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Cara PDKT Sama Kakak Kelas
6 Cara Agar Senior Menyukai Kita

5 Arti Saat Seseorang Mengirim PING!!! ke Kita

PING!!! adalah kata yang lazim kita lihat saat kita menggunakan aplikasi chatting BBM. Sengaja saya pakai kata “aplikasi chatting” supaya tidak rancu dengan BBM yang kini harganya sedang naik turun tersebut. Nah, penggunaan PING!!! itu macam-macam bergantung pada penggunanya. Ada yang hanya untuk sekedar iseng atau untuk memanggil doang. Nah, apa sajakah makna yang ingin disampaikan seseorang saat mengirim PING!!! ke kita? Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 5 Cara Balas Kata PING!!! di BBM
5 Arti Saat Seseorang Mengirim PING!!! ke Kita

Ringkasan 6 Materi Biologi Kelas XI Semester 2

Kali ini saya akan memberikan rangkuman materi biologi kelas 11 semester 2 berdasarkan KTSP. Materi yang diberikan antara lain makanan dan sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem ekskresi, sistem koordinasi, sistem reproduksi, dan sistem imun.

10 Tips Cara PDKT Lewat SMS

PDKT lewat SMS itu sih gampang-gampang susah. Gampangnya adalah kita dapat merngurangi rasa canggung. Biasanya kalau kita ketemu langsung atau nelpon dia, kita malah jadi gugup dan tidak bisa bicara apa-apa. Tapi susahnya sih yaa membuat hatinya nyaman sama kamu. Karena walau bagaimanapun, menelpon atau tatap muka langsung jauh lebih menyenangkan dibandingkan hanya lewat SMS. Apalagi kita tidak dapat mengirim gambar, video, suara, dll lewat SMS sehingga kita tidak bisa mengembangkan percakapan melalui SMS. Nah, bagaimana cara PDKT lewat SMS? Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Apa Saja yang Dilakukan Saat PDKT Melalui SMS?
10 Tips Cara PDKT Lewat SMS

Bagaimana Cara Membuat Pacar yang Sudah Bosan Kembali Mencintai Kita?

Dalam suatu hubungan, terutama yang sudah berlangsung beberapa bulan bahkan tahun, pastilah akan ada saat dimana kedua pihak merasa bosan sehingga rasa cinta menurun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu sering bertemu dan mengobrol. Sehingga saat kamu tidak punya sebuah topik mengobrol, dia akan merasa canggung dan bosan dengan kamu karena dia tidak terbiasa melihat kamu diam seperti itu. Dia malah tambah bosan ketika kamu membicarakan topik yang sama. Nah, bagaimana cara membuat pacar yang sudah bosan mencintai kita kembali. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 5 Cara Membuat Seseorang Jatuh Cinta pada Kita Lagi

Not Alone but Lonely

Pengertian Sistem (Artikel Lengkap)

Sistem adalah seperangkat komponen atau elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Sebuah sistem memiliki batas-batas tertentu yang mengelilinginya dan lingkungan luar yang dapat memengaruhinya. Sistem terdapat di mana saja seperti sistem ekskresi pada manusia, sistem informasi, sistem arsitektur, sistem masyarakat, sistem pemerintahan Singapura, ekosistem, dll. Sebuah sistem memiliki struktur, perilaku, dan interkonektivitas (hubungan struktural). Istilah “sistem” juga dapat merujuk ke satu set aturan yang mengatur struktur dan perilaku yang kompleks. Pengertian lain dari sistem adalah susunan dari pendangan, teori, asas, dan sebagainya.

Pengertian Sistem

Pengertian APBN dan APBD

Supaya pemerintahan dan perekonomian di suatu negara atau daerah tetap berlangsung, maka negara atau daerah perlu membuat rencana keuangan yang mengatur anggaran pendapatan dan pengeluarannya. Rencana keuangan yang dibuat negara disebut APBN sedangkan rencana keuangan yang dibuat daerah disebut APBD. Jangka waktunya biasanya tahunan. Pada dasarnya, susunan APBD sama dengan susunan APBN. Perbedaan APBN dan APBD terletak pada ruang lingkupnya. APBN berskala nasional sedangkan APBD terbatas pada wilayah daerah baik provinsi maupun kabupaten. Berikut adalah pengertian APBN dan APBD. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Ekonomi Mikro (Artikel Lengkap)
Pengertian APBN dan APBD

5 Kesepakatan Dasar dalam Melakukan Perubahan UUD 1945 (Beserta Penjelasan)

Di tengah pembahasan perubahan UUD 1945, Panitia Ad Hoc I menyusun kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan konstitusi UUD 1945. Tujuan disusunnya kesepakatan dasar agar perubahan UUD 1945 mempunyai arah, tujan, dan batas yang jelas. Dengan demikian, dapat dicegah kemungkinan terjadinya pembahasan yang melebar ke mana-mana atau terjadinya perubahan tanpa arah. Selain itu, perubahan yang dilakukan merupakan penjabaran dan penegasan cita-cita yang terkandung di dalam Pembukaan UUD 1945. Berikut adalah lima butir kesepakatan dasar berkaitan dengan perubahan konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: UUD 1945 (18 Agustus 1945 - 27 Desember 1949)

5 Kesepakatan Dasar dalam Melakukan Perubahan UUD 1945 (Beserta Penjelasan)

Pengertian Transgenik (Artikel Lengkap)

Transgenik adalah proses pemindahan gen (disebut transgen) ke organisme hidup sehingga organisme memiliki sifat dan ciri-ciri baru yang akan diteruskan ke keturunannya. Transgenik biasanya dilakukan kepada tumbuhan untuk mendapatkan bibit unggul. Tumbuhan akan disisipi gen asing dari spesies tumbuhan yang berbeda atau gen dari bakteri/virus lain. Tumbuhan transgenik biasanya tahan terhadap suhu ekstrem, tidak cepat membusuk, memiliki warna atau bentuk berbeda, tahan terhadap hama, dan kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi. Namun, ada juga hewan ternak dan ikan yang dilakukan proses transgenik. Proses transgenik pada ikan dan hewan ternak adalah dengan memasukkan DNA rekombinan yang telah dikendalikan ke dalam genom, sehingga efek DNA yang dimasukkan ini dapat diturunkan kepada anaknya.

pengertian transgenik

Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2

Berikut adalah soal ulangan umum bahasa Indonesia untuk kelas 11 semester 2. Pembahasan soal sedang dalam proses pengerjaan. Jumlah soal sebanyak 50 soal. Jika kamu ingin berlatih mengerjakan soal ini, siapkan selembar kertas dan tulis jawabannya disana. Selamat mengerjakan!

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2

10 Cara Melupakan Mantan

Agak susah memang move on dari orang yang kita cintai. Termasuk mantan. Apalagi kalau kita masih mencintainya dan si dia yang duluan mutusin kita. Tapi terkadang yang mutusin duluan masih susah move on sih. Sebenarnya gampang banget sih untuk melupakan mantan, tinggal hapus saja semua kenangan darinya. Tapi kalau mengusir kenangan dari dalam hati itu dah yang sulit. Nah, berikut adalah cara melupakan mantan yang baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Ketemu Mantan

6 Cara Melupakan Mantan

close