8 Contoh Seni Rupa Terapan

7 Contoh Seni Rupa TerapanSeni rupa terapan adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya. Macam-macam seni rupa terapan tentu memiliki beragam fungsi. Misalnya untuk beristirahat, memasak, upacara, tempat tinggal, bekerja, dll. Nah, apa sajakah contoh seni rupa terapan? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Arsitektur

Arsitektur tentu saja tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja. Tetapi juga digunakan dalam banyak hal terutama tempat tinggal. Adapun digunakan juga sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, bisnis, dan masih banyak lagi.

2. Pakaian

Pakaian merupakan benda yang paling sering kita pakai dan merupakan hal yang paling menonjol dari kita selain penampilan tubuh. Maka dari itu, memilih pakaian juga harus yang bagus. Nah, itu sudah berarti bahwa pakaian juga memiliki arti seni dan termasuk dalam seni rupa terapan.

3. Poster

Poster adalah karya seni grafis pada sebuah kertas berukuran besar yang biasanya memuat gambar dan huruf. Poster harus memiliki unsur seni supaya menarik perhatian banyak orang. Disamping itu, poster juga memiliki nilai kegunaan yaitu untuk mempromosikan sesuatu atau mengajak untuk berbuat sesuatu.

4. Alat Transportasi

Alat transportasi kini semakin canggih, cepat, dan modern. Ini disebabkan karena persaingan yang semakin ketat. Selain kegunaannya, alat transportasi juga mengandung unsur seni. Biasanya alat-alat transportasi sekarang menggunakan seni modern.

5. Senjata Tradisional

Di beberapa tempat, senjata tradisional masih digunakan. Biasanya senjata tradisional ini digunakan untuk berburu. Senjata tradisional pun mengandung unsur seni yang berbeda-beda sehingga memiliki ciri khas pada setiap jenisnya.

6. Peralatan Rumah

Peralatan atau perabotan rumah tangga memiliki beragam fungsi. Contohnya kursi, meja, lemari, tempat tidur, dan lain-lain. Selain itu, untuk membuat rumah menjadi semakin indah sehingga pemiliknya betah, maka peralatan rumah tersebut diberikan unsur seni yang sesuai dengan kesukaan pemilik rumah tersebut.

7. Peralatan Dapur

Peralatan dapur pada jaman dahulu memiliki nilai seni yang tinggi disamping kegunaannya. Seringkali peralatan dapur diberi ornamen sehingga lebih indah.

8. Peralatan Makan

Peralatan makanan seperti sendok, garpu, piring, dan gelas juga telah diberikan sentuhan seni. Bahkan ada yang terbuat dari bahan yang mahal seperti perak.

Sumber:
Judul
Alamat
1. Seni Rupa Terapan (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/07/seni-rupa-terapan-artikel-lengkap.html
2. 5 Jenis Seni Rupa Terapan (Beserta Gambar) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/09/5-jenis-seni-rupa-terapan-beserta-gambar.html
3. SENI RUPA TERAPAN http://dianvalen.wordpress.com/materi-ajar/
4. Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara http://semua-ad.blogspot.com/2013/05/contoh-karya-seni-rupa-terapan-nusantara.html
5. Seni rupa terapan http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa_terapan
6. Jenis Karya Seni Rupa Terapan Daerah / Nusantara http://kosmi-kaze.blogspot.com/2013/01/jenis-karya-seni-rupa-terapan-daerah.html



Layanan curhat dan request artikel: hedisasrawan@gmail.com
Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

3 comments: