5 Alasan Melakukan Hubungan Internasional

loading...

5 Alasan Melakukan Hubungan InternasionalKita tidak akan bisa hidup sendiri. Negara-negara di dunia pun juga demikian. Setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah dan ada pula negara yang memiliki sumber daya manusia yang cerdas. Setiap negara akan bekerjasama untuk saling melengkapi kekurangannya itu. Nah, apa sajakah alasan melakukan hubungan internasional? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Menjaga Ketertiban dan Perdamaian Dunia

Berdasarkan Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 alinea ke-4 telah disebutkan bahwa salah satu tujuan negara Indonesia adalah untuk “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Maka dari itu, sangat perlu dilakukan kerjasama antar negara lain untuk menyebarkan perdamaian dunia.

2. Kepentingan Nasional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu tujuan nasional adalah untuk menjaga ketertiban dan perdamaian dunia. Selain itu, alasan melakukan hubungan internasional adalah untuk kepentingan nasional. Misalnya dalam kerjasama militer, politik, ekonomi, keamanan, sosial, dll.

3. Perbedaan Sumber Daya

Perbedaan sumber daya menjadi alasan utama dalam melakukan hubungan internasional. Kita telah menyadari bahwa setiap negara tidak akan mampu mencukupi kebutuhan dalam negerinya sendiri. Ada negara yang menghasilkan minyak, ada yang menghasilkan mineral, ada yang menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, dan ada yang menghasilkan sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu, setiap negara perlu melakukan hubungan internasional untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

4. Spesialisasi Produksi

Menurut ekonomi, suatu negara lebih baik melakukan spesialisasi produksi. Jika terdapat produk yang tidak bisa didapat di negara tersebut, maka dia bisa mendapatkannya dari negara lain. Salah satu caranya adalah dengan melakukan hubungan internasional.

5. Saling Membantu

Jika terjadi bencana alam di suatu negara. Maka negara lain akan ikut merasa prihatin dan akan mengirim beragam bantuan untuk membantu negara yang sedang terkena musibah tersebut. Adanya internet juga mempercepat penyaluran informasi ke seluruh dunia sehingga dengan cepat seluruh masyarakat dunia tahu dan segera mengirim bantuan. Contohnya adalah saat terjadi topan haiyan di Filipina dan tsunami yang terjadi di Jepang. Hubungan internasional akan mempererat tali solidaritas antar negara di dunia.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Pentingnya Hubungan Internasional http://unnyzety.blogspot.com/2011/05/pentingnya-hubungan-internasional.html
2. Mengapa suatu negara perlu mengadakan kerjasama dan hubungan internasional ? http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130127192820AARTBN7
3. Pentingnya hubungan internasional bagi Suatu Negara http://fadjrin-yahya.blogspot.com/2012/05/pentingnya-hubungan-internasional-bagi.html
4. UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA
TAHUN 1945
http://www.bpk.go.id/web/files/2009/01/UUD45.pdf


Layanan curhat dan request artikel: hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment