Hidup Diumpamakan Sebagai Sebuah Pensil

Bagaimana ya jika hidup itu diumpamakan seperti sebuah pensil? Saya menemukan perumpamaanya dari sebuah blog, artikel pendek ini jika anda pahami dan hayati akan sangat menyentuh dan menyadarkan anda.

Seorang anak bertanya kepada neneknya yang sedang menulis sebuah surat.
"Nenek lagi menulis tentang pengalaman kita ya? Atau tentang aku?" Mendengar pertanyaan si cucu, sang nenek berhenti menulis dan berkata kepada cucunya, "Sebenarnya nenek sedang menulis tentang kamu, tapi ada yang lebih penting dari isi tulisan ini yaitu pensil yang nenek pakai." "Nenek harap kamu bakal seperti pensil ini ketika kamu besar nanti" ujar si nenek lagi.
Mendengar jawab ini, si cucu kemudian melihat pensilnya dan bertanya kembali kepada si nenek ketika dia melihat tidak ada yang istimewa dari pensil yang nenek pakai. "Tapi nek, sepertinya pensil itu sama saja dengan pensil yang lainnya." Ujar si cucu. Si nenek kemudian menjawab, "Itu semua tergantung bagaimana kamu melihat pensil ini." "Pensil ini mempunyai 5 kualitas yang bisa membuatmu selalu tenang dalam menjalani hidup, kalau kamu selalu memegang prinsip-prinsip itu di dalam hidup ini." Si nenek kemudian menjelaskan 5 kualitas dari sebuah pensil. Langsung saja kita simak yang pertama:

Memilih Teman, Memilih Masa Depan

Memilih teman sama halnya dengan memilih masa depan. Memilih teman sama dengan memilih perilaku/sikap. Memilih teman sama dengan memilih kualitas hidup. Oleh karena itu, di jaman yang penuh persaingan ini kita harus lebih cerdas dalam memilih teman. Jika anda memilih teman yang suka mabuk karena minuman keras, pecandu narkoba/rokok, suka mencuri dan merusak (vandalisme) dengan tidak sadar anda juga akan berlaku demikian dan akhirnya akan membuat masa depan anda menjadi hancur/gelap.

Ada baiknya anda berteman dengan orang-orang yang lebih pintar/berbakat sesuai dengan anda. Karena anda akan merasa bahwa anda jauh lebih tertinggal daripada teman-teman kita dan kita termotivasi dengan hal itu untuk Tetap Semangat! dalam mengejar ketertinggalan. Jika anda berteman dengan orang yang pemalas/bodoh, anda akan merasa bahwa diri anda adalah yang paling pintar/rajin dibandingkan dengan yang lain dan akhirnya kita tidak punya semangat untuk terus maju karena merasa sudah maju.

5 Hal Yang Bikin Kita Malas Belajar

Yang namanya belajar diapa-apain juga kalah sama kartun, acara favorit, dan mall. Baru nyerah deh kalo besoknya ada ulangan. Tapi jangan salah, ada yang nyante aja, berangkat sekolah pagi-pagi ‘sekali’ untuk cari posisi, beres. Atau, nulis contekan ‘pake kaca pembesar’ (soalnya tulisannya kecil sekali Open-mouthed smile).

Anyway! Walaupun begitu masih lebih banyak kok di antara kita yang merasa kalo belajar itu harus dan perlu. Nah, di bawah ini ada lima hal yang mungkin membuat anda malas untuk belajar. Langsung saja kita simak yang pertama:

3 Harapan Yang Sering Diucapkan Dalam Doa Saya

Apa anda rajin berdoa? Apa yang anda katakan di doa anda? Terkadang sebagian orang berdoa (sembahyang dalam agama Hindu) untuk meminta keselamatan, mendapatkan rejeki, dan mengabulkan keinginannya. Tapi ada juga yang berdoa tidak mengucapkan apa-apa (diem aja cuma ikut-ikutan temen) mungkin karena dia tidak tahu apa mantram sembahyangnya atau tidak tahu apa yang dia inginkan. Sebaiknya jika kita tidak hafal (paham) mantramnya ucapkan aja semua keinginanmu dalam bahasamu sendiri (tahukah anda? Tuhan bisa mengerti setiap kata yang anda ucapkan dan apa maksudnya).

Kalau saya, apa harapan/keinginan yang sering bahkan selalu saya ucapkan (biasanya di dalam hati) dalam setiap doa saya? Biasanya saya mengucapkan (saya pakai bahasa saya sendiri supaya bisa lebih dimengerti oleh anda) setiap saat berangkat ke sekolah dan di Padmasana sekolah: “Tuhan, Aku ingin agar selamat selama di sekolah, sukses mengikuti pelajaran dan berteman, dan saya ingin lebih akrab dan dekat dengan (maaf, nama disensor) dan semua teman-teman saya di IXA”. Dengan membaca kalimat doa itu berarti saya mencucapkan 3 harapan di doa tersebut. Apa saja dan mengapa saya berharap begitu? Untuk mengetahuinya, langsung saja kita simak yang pertama:

Yang Ter’baik’ Pasti Menang! 2

Ini adalah artikel Yang Ter’baik’ Pasti Menang! Versi ke-2 ku. Yang versi pertama telah dihapus karena telah melanggar peraturan isi artikel di HdS. Mohon maaf ya… Smile

Nah, kenapa saya berani mengatakan yang ter’baik’ pasti menang? Maksud saya adalah yang paling baik (pertemanan/hasil kerja) pasti akan menang (sukses). Pasti saja karena saya berperinsip juga bahwa Punya Banyak Teman = Punya Banyak Peluang untuk sukses. Mengapa demikian? Jika dilogikan begini: Karena Punya Banyak Teman = Punya Banyak Peluang maka kita harus mencari teman sebanyak-banyaknya dan karena saya juga berperinsip bahwa Yang Ter’baik’ Pasti Menang! Maka kita harus berbuat baik dan ramah dengan semua teman-teman kita.

Cerpen: Pelantikan Paskibraka

Dan, yang tidak lulus dari SMP5 adalah….. Tugus (bener-bener kaget kayak disamber playboy cap gajah senggama naik motor {lebih masuk akal bisa hidup,, daripada disengat listrik 10.000 volt ??} langsung lemes dah habis denger pengumuman,, tp gak semuanya bener.. coba aja baca dari awal ceritanya ini ~(^_^~)

Ini berawal pada sekitar kurang lebih 2thn yg lalu,, dimulai dari pelantikan gabungan paskibraka untuk menjadi anggota tetap/junior di paskibraka SMP5 yg juga diikuti kalo gak salah 5 sekolah lain. Yahh,, ini pelantikan yang pertama jadi aku jelas belum tau pasti rencana-rencana senior yg ternyata …. WAH,, NGERInya --“

Disana pertama-tama kita-kita ini yang pastinya masih bau pesing (itu kata senior SMP10 yang aku lupa namanya) dikasi materi tentang paskibraka, ditambah Tanya jawab sama ketua PPI Kota Denpasar (Purna Paskibraka Indonesia) Kak Giri,, awalnya itu kegiatan seru-seru n asik-asik aja,, pas kalo gak salah itu jam 10 pagi itu kita ada kegiatan BAKSOS bersihin laplum (lapangan lumintang) yang gile bener “bersihnya” --“, klo masuk nominasi lapangan paling bersih se-Indonesia mungkin masuk urutan ke 1501 dari 1500 peserta..

he..he..he

Cerpen: Jelang Tamat SD

"Horee... Ujian nasional telah selesai!" teriak salah satu temanku, Yogi. Aku berkata "Iyaa.. Sekarang tinggal nunggu hasil ujian kita atau NEM". Yogi mungkin adalah satu-satunya teman yang mengerti tentang aku, jadi dia adalah teman terbaikku selama aku duduk di bangku Sekolah Dasar. Setelah lama aku mengobrol dengan teman-temanku, akhirnya bel sekolah berbunyi. Kami pun langsung berkumpul di halaman sekolah untuk mendengarkan pengumuman-pengumuman dari kepala sekolah SD Negeri 3 Sading.

"Anak-anak, ujian nasional telah selesai, semoga NEM kalian bagus-bagus semua. Hari Sabtu nanti kita semua akan melakukan perpisahan di pura Tampaksiring. Anak-anak kelas 6 wajib ikut, bagi anak-anak kelas 3 keatas boleh ikut. Biayanya 80.000 Rupiah" kata kepala sekolah melalui pengeras suara. Semua berteriak kegirangan “yess...”.

Untuk Sukses Anda Harus…

Apakah anda ingin sukses baik dalam bisnis, kegiatan, sekolah, maupun keluarga dan sosial? Sebagian besar pasti menjawab “Ya!”. Tapi bagaimana caranya agar sukses? Cara menjadi sukses tidaklah susah. Untuk menjadi sukses anda harus…

UAN itu Mudah, Asalkan…

Banyak yang menganggap Ujian Akhir Nasional atau UAN sebagai sesuatu yang menakutkan (termasuk juga saya Open-mouthed smile). Alhasil,
mengerjakan soal-soal ujian ibarat sebuah beban yang sangat berat. Tak hanya itu, yang jadi masalah
seringkali bayangan yang muncul saat ujian lebih condong ke ketakutan akan hasil yang mengecewakan, tidak
lulus. Padahal salah satu faktor utama untuk sukses menghadapi ujian adalah rasa tenang saat mengerjakan soal.
Beban itu bukan hanya dirasakan oleh para siswa yang akan menghadapi ujian, melainkan juga para orang tua
siswa yang ingin anaknya mendapatkan hasil yang terbaik. Yang berbahaya, keadaan demikian justru seringkali
akan menjadi sebuah beban akibat dorongan keinginan yang kuat tidak dibarengi dengan berbagai persiapan
mengahadapi ujian. Karena itulah, maka dibutuhkan beberapa tips sebelum menghadapi UAN. Bagaimana caranya?
Berikut ini beberapa contoh yang bisa diterapkan. Langsung saja kita simak yang pertama:

3 Software Wajib Penulis Blog Tutorial

Apakah anda adalah pemilik, pengelola, dan penulis blog yang isinya tentang tutorial (seperti pusaTTutorial)? Misalnya tutorial PhotoShop, tutorial Microsoft Office, tutorial Windows, tutorial blog, tutorial website, tutorial SEO, atau tutorial lainnya. Kalau jawabannya 'Iyaa..’ maka anda seharusnya (tidak harus-harus amat sih) memiliki software wajib ini. Software ini sangat penting untuk lebih memudahkan anda para blogger tutorial dalam mengambil gambar untuk lebih menjelaskan langkah-langkahnya. Jadi artikel tutorial anda akan semakin dipahami dan lebih mudah dipraktekan oleh pembaca blog anda. Langsung saja kita simak yang pertama:
Windows Live Writer1. Windows Live Writer
Windows Live Writer adalah software paling wajib bagi seorang blogger sejati. Software ini dibuat oleh Microsoft untuk lebih memudahkan kita dalam menulis artikel blog baru. Keunggulan dari Windows Live Writer adalah kita bisa membuat dan mengedit artikel secara offline, menulis artikel dan mempublikasikannya jadi lebih cepat (karena kita tidak perlu membuka halaman New Post yang agak berat loadingnya), dan terdapat fitur-fitur menarik yang bisa kita terapkan dalam artikel tutorial kita. Jadi, artikel tutorial yang kita buat pasti dikira ‘yang sudah mahir/ahli’ yang membuatnya. Untuk info dan alamat d*wnloadnya anda bisa buka artikel Review Windows Live Writer di KOMeleTEK dari HdSB.
FastStone Capture2. FastStone Capture
FastStone Capture adalah software yang digunakan untuk berbagai keperluan men’capture’ gambar dari layar komputer. Anda bisa mengambil gambar seperti gambar screenshot Windows Live Writer di atas atau merekan apa saja yang anda lakukan di komputer dalam bentuk video. Software ini sangat simpel, mudah digunakan, tetapi memiliki banyak fitur (berbagai jenis capture, screen recorder, picture editor, screen magnifier, screen color picker, screen ruler, dan masih banyak lagi). Software ini sangat cocok untuk blogger bertopik tutorial apalagi bidang tutorial photoshop, desain, tutorial step by step, dll. Untuk info lebih lengkap dan alamat d*wnload anda bisa membaca artikel Review FastStone Capture di KOMeleTEK dari HdSB.
CyberLink PowerDirector3. CyberLink PowerDirector
Apa anda ingin membuat tutorial dengan video? Mungkin anda membutuhkan software CyberLink PowerDirector untuk membuat keinginan anda menjadi kenyataan. CyberLink PowerDirector adalah software video editing yang sempurna (rating dari KOMeleTEK) dan anda bisa menambahkan soundtrack dan ‘voice’ ke tutorial anda. Gunakan FastStone Capture untuk merekam langkah-langkah dalam tutorial anda, kemudian anda bisa mengeditnya di CyberLink PowerDirector. Selain itu, CyberLink PowerDirector juga dilengkapi fasilitas upload ke Youtube dan Facebook. Jadi, aktifitas upload menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Untuk info lengkap dan alamat d*wnload anda bisa membaca artikel Review CyberLink PowerDirector (coming soon) di KOMeleTEK dari HdSB.
Itu aja kayaknya 3 Software Wajib untuk Penulis Blog Tutorial agar artikel tutorial anda terlihat lebih profesional dan pada akhirnya akan membawa banyak pengunjung ke blog anda karena kualitas tutorial anda. Selamat mencoba dan Tetap Semangat!

HdS… :)

Uang (Versi Lengkap)

Uang berperan penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Adanya uang menyebabkan kegiatan ekonomi berlangsung lebih praktis. Uang berperan penting dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan hidup.

1. Pengertian Uang

Uang diterbitkan oleh otoritas moneter negara (bank sentral) untuk memperlancar kegiatan pertukaran dan perdagangan. Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Bagaimana Cara Menjadi Blogger Profesional?

Menjadi Blogger Profesional

Sebuah blog, yang menggabungkan kata-kata "web" dan "log", adalah sebuah forum online publik di mana satu atau lebih blogger (penulis) mempertahankan jadwal rutin tulisan-tulisan yang dirancang untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Ini mungkin untuk membuat hidup sebagai seorang blogger profesional dengan menarik pengunjung untuk membacanya dan menghasilkan uang, biasanya melalui layanan PPC (Paid Per Click). Kunci untuk menjadi seorang blogger pada tingkat profesional adalah kemampuan untuk menulis dan menghibur, serta menjaga blog sebanyak yang Anda dapat mengelola. Ini adalah beberapa langkah untuk menjadi seorang blogger profesional. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Tuliskan beberapa ide untuk topik yang Anda rasa akan menarik banyak pengunjung. Tidak ada kata benar atau salah untuk menulis di blog, namun topik-topik tertentu yang lebih populer daripada yang lain. Hal ini dapat bervariasi sepanjang waktu, sehingga penting untuk menyadari blog yang tampaknya paling sukses. Sebuah blog yang tidak mendapat pengunjung tidak akan menghasilkan pendapatan apapun. Pilih subjek yang bisa anda tulis secara teratur. Bertanyalah pada diri anda bahwa tidak mungkin untuk membuat blog Anda tampak profesional, kecuali Anda dapat menghibur pada presentasi Anda. Olahraga, musik, bagaimana mendapatkan uang dari rumah dan kesehatan adalah contoh dari topik artikel yang dapat anda tulis.
  2. Membuat sebuah akun blog. Ada banyak situs hosting blog di internet (seperti Blogger, Wordpress, Joomla, dll). Layanan ini menawarkan built-in tools untuk memungkinkan Anda untuk menulis di blog Anda, upload gambar dan berlangganan RSS feed. RSS feed diperlukan karena ini adalah seperti feed berita. Mereka memberitahu orang-orang bila ada posting blog baru dari Anda dan hal itu dapat mendatangkan pengunjung ke blog anda.
  3. Mendaftar ke salah satu layanan PPC dengan mengunjungi situs seperti Google Adsense. Ini adalah sumber utama pendapatan bagi blogger. Layanan ini menempatkan iklan acak pada blog Anda yang terkait/berhubungan dengan materi blog Anda. Layanan ini sangat mudah digunakan dan mendapatkan menghasilkan pendapatan untuk Anda setiap kali pengunjung Anda klik pada iklan (terutama jika hasil pembelian dari klik yang berasal dari blog Anda). Layanan PPC akan menghitung pendapatan yang dihasilkan dan mengirimkan uang hasil iklan blog anda yang telah diterima.
  4. Menulis blog Anda. Blog biasanya mengurutkan entri dalam urutan terbalik, dengan posting bulan sebelumnya diarsipkan bagi pengunjung untuk membaca jika mereka mau. Blog Anda harus menyertakan berita dan komentar yang terkait dengan subjek blog Anda. Pendapat pribadi dipersilakan. Suntikkan kepribadian Anda ke dalam posting Anda untuk mengembangkan sesuatu. Berikan pengunjung alasan untuk datang ke blog Anda untuk informasi daripada sebuah blog yang serupa.
  5. Tanggapi setiap komentar pengunjung blog Anda. Sebuah blog yang baik adalah interaktif/bisa diajak berkomunikasi dengan adminnya. Anda tidak akan mampu merespon setiap komentar, tapi karena banyak iklan di blog Anda sebagai Anda dapat. Interaksi yang Anda hasilkan, blog Anda akan terlihat lebih aktif.

Berikut adalah 2 tipsnya:

  • Posting sesering mungkin. Tidak ada yang ingin mengunjungi sebuah blog yang tidak rajin update. Pengunjung yang datang ke blog Anda hanya untuk menemukan posting lama kemungkinan besar akan berhenti mengunjungi blog anda.
  • Buat lebih dari satu blog. Semakin banyak blog yang Anda miliki, semakin banyak Anda akan menghasilkan uang. Multiple blog dihubungkan bersama-sama agar menjadi lebih kuat dan lebih menguntungkan dari sebuah blog tunggal yagn berdiri sendiri.

    Itulah beberapa langkah-langkah dan tips untuk menjadi seorang blogger yang profesional. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Tetap semangat!

    Bagaimana menurut anda?

    close