Sistem Ekskresi Hati (Artikel Lengkap)

loading...

sistem ekskresi hatiHati merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Itu dikarenakan salah satu fungsinya adalah mengeluarkan urea dan amonia ke luar tubuh. Selain itu, hati juga merupakan bagian dari sistem pencernaan pada manusia.

1. Fungsi Hati dalam Sistem Ekskresi

Fungsi hati dalam sistem ekskresi adalah mengeluarkan urea dan amonia ke luar tubuh. Urea dan amonia adalah hasil dari perombakan darah. Berikut adalah proses perombakan sel darah merah sehingga menjadi zat warna empedu yang mengandung urea dan amonia:

Hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah dirombak menjadi tiga zat yaitu hemin, Fe (zat besi), dan globin. Fe dan globin digunakan untuk pembentukan hemoglobin baru. Sedangkan hemin dirubah menjadi bilirubin dan biliverdin. Setelah itu, bilirubin dan biliverdin membentuk zat warna empedu. Zat warna empedu kemudian mengalami oksidasi sehingga menjadi urobilin yang berwarna kuning. Urobilin inilah yang akan keluar bersama feses dan urine. Itulah alasan mengapa urine atau feses berwarna kekuningan.

2. Penyakit pada Hati yang Berkaitan Dengan Sistem Ekskresi

Banyak sekali penyakit hati yang menyebabkan kerusakan pada sistem ekskresi lainnya. Diantaranya adalah hepatitis yang menyebabkan warna urine menjadi gelap.

3. Struktur Hati

Hati merupakan kelenjar tubuh yang terbesar. Beratnya sekitar 2 kg atau 3-5% dari total berat tubuh. Hati berada di rongga perut sebelah kanan atas tepatnya di bawah diafragma, warnanya kecoklatan, serta diselaputi oleh capsula hepatica. Hati mendapatkan suplai darah dari arteri hepatica. Hati terdiri dari dua lobus dimana setiap lobus terbentuk dari sel parenkimal yang disebut hepatosit dan sel non-parenkimal.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Sistem Ekskresi Pada Manusia (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/07/sistem-ekskresi-pada-manusia-rangkuman.html
2. SISTEM EKSKRESI MANUSIA (HATI) http://ekaazsasa.wordpress.com/2013/04/10/sistem-ekskresi-manusia-hati/
3. Sistem Ekskresi - Hati/ Hepar http://ebiolearning.blogspot.com/2011/02/sistem-ekskresi-hati-hepar.html
4. Sistem Ekskresi (3): Sistem ekskresi pada manusia http://biologimediacentre.com/sistem-ekskresi-3-sistem-ekskresi-pada-manusia/
5. Hati http://id.wikipedia.org/wiki/Hati


Layanan curhat dan request artikel: hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment