Sistem Ekskresi Pada Manusia (Artikel Lengkap)

Ekskresi

(Selengkapnya baca artikel tentang Sistem Ekskresi Pada Manusia)
Eksresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme baik berupa zat cair dan zat gas. Zat-zat sisa zat sisa itu berupa urine(ginjal), keringat(kulit), empedu(hati), dan CO2(paru-paru). Zat-zat ini harus dikeluarkan dari tubuh karena jika tidak dikeluarkan akan mengganggu bahkan meracuni tubuh. Selain ekskresi, ada juga defekasi dan sekresi. Defekasi adalah pengeluaran zat sisa hasil proses pencernaan berupa feses(tinja) melalui anus. Sedangkan sekresi adalah pengeluaran oleh sel dan kelenjar yang berupa getah dan masih digunakan oleh tubuh untuk proses lainnya seperti enzim dan hormon.

Ginjal


bagian-bagian dan anatomi ginjal dalam bahasa indonesia
(Selengkapnya baca artikel tentang Detail Ginjal)
Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di rongga perut sebelah kanan dan kiri ruas tulang belakang. Letak ginjal sebelah kiri lebih tinggi dari ginjal sebelah kanan. Itu karena di atas ginjal sebelah kanan terdapat hati yang berukuran besar. Bentuk ginjal seperti biji kacang berwarna merah keunguan dengan panjang sekitar 10 cm dan berat sekitar 200 gram. Ginjal dibungkus oleh semacam selaput tipis yang disebut ‘kapsul’.
Fungsi ginjal:

(Selengkapnya baca artikel tentang 10 Fungsi Ginjal)
  • Menyaring zat-zat sisa metabolisme dari dalam darah yang dikeluarkan dalam bentuk urin.
  • Mempertahankan dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh.
  • Menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur konsentrasi garam dalam tubuh.
  • Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dengan cara mengeluarkan kelebihan asam atau basa melalui urin.
  • Mengeluarkan sisa-sisa metabolisme seperti urea, kreatinin, dan amonia melalui urine.
Bagian-bagian ginjal:

(Selengkapnya baca artikel tentang 20 Bagian-Bagian Ginjal)
  1. Korteks(kulit ginjal), terdapat jutaan nefron yang terdiri dari badan malphigi. Badan malphigi tersusun atas glomerulus yang diselubungi kapsula Bowman dan tubulus(saluran) yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus.
  2. Medula(sumsum ginjal), terdiri atas beberapa badan berbentuk kerucut(piramida). Di sini terdapat lengkung henle yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal.
  3. Rongga ginjal(pelvis), merupakan tempat bermuaranya tubulus yaitu tempat penampungan urin sementara yang akan dialirkan menuju kandung kemih melalui ureter dan dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.
Proses pembentukan urine dalam bentuk skema:
Darah dari aorta menuju glomerulus(filtrasi atau penyaringan) protein tetap berada di pembuluh darah dan terbentuk urin primer yang mengandung air, garam, asam amino, glukosa dan urea >>> tubulus kontortus proksimal(reabsorpsi atau penyerapan kembali) menyerap glukosa, garam, air, dan asam amino. Terbentuk urin sekunder yang mengandung urea >>> tubulus kontortus distal(augmentasi atau pengeluaran zat) melepaskan zat-zat yang tidak berguna atau berlebihan ke dalam urin dan terbentuk urin sebenarnya >>> tubulus kolektivus >>> rongga ginjal >>> ureter >>> kandung kemih >>> uretra >>> urine keluar tubuh.
(untuk lebih jelasnya, lihat selengkapnya dalam gambar bagian-bagian dan anatomi ginjal)
Jadi, pembentukan urine dibagi menjadi 3 tahap, yaitu filtrasi(penyaringan), reabsorpsi(penyerapan kembali), dan augmentasi(pengeluaran zat).
Zat-zat yang terkandung dalam urin:
  • Air. Kurang lebih 95%.
  • Urea, asam urat, dan amonia dan merupakan sisa pembongkaran protein.
  • Empedu yang memberikan warna kuning pada urine.
  • Garam.
  • Zat yang bersifat racun atau berlebihan lainnya.
Faktor yang memengaruhi jumlah urine yang keluar:
  1. Jumlah air yang diminum.
  2. Banyaknya garam yang harus dikeluarkan dari darah agar osmosisnya seimbang.
  3. Pengaruh hormon antidiuretik(ADH) atau hormon vasopresin. Yaitu hormon yang mengatur kadar air dalam darah.
  4. Iklim/musim/cuaca. Ketika musim hujan(dingin) produksi urin berlebihan, ketika musim kemarau(panas) produksi urin berkurang.
  5. Stimulus atau saraf.
Gangguan dan kelainan pada ginjal:
1. Uremia tertimbunnya urea dalam darah sehingga mengakibatkan keracunan.
2. Albuminuria urine mengandung albumin(protein) yang disebabkan oleh kerusakan pada glomerulus.
3. Diabetes insipidus penyakit kekurangan hormon vasopresin atau hormon antidiuretik(ADH) yang mengakibatkan hilangnya kemampuan mereabsorpsi cairan. Akibatnya, penderita bisa mengeluarkan urine berlimpah mencapai 20 liter.
4. Diabetes melitus terdapat glukosa dalam urine. Terjadi karena menurunnya hormon insulin yang dihasilkan pankreas.
5. Nefritis gangguan pada ginjal karena infeksi bakteri streptococcus sehingga protein masuk ke dalam urine.
6. Batu ginjal adanya endapan garam kalsium di dalam kantong kemih
7. Gagal ginjal ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga harus dibantu dengan cuci darah atau cangkok ginjal.
8. Hematuria urin mengandung darah karena adanya kerusakan pada glomerulus.

Kulit

Kulit merupakan salah satu alat ekskresi. Karena kulit mengeluarkan keringat. Keringat keluar melalui pori-pori kulit. Keringat mengandung air dan garam-garam mineral.
Fungsi kulit:
  • Alat pengeluaran(ekskresi) dalam bentuk keringat.
  • Pelindung tubuh dari gangguan fisik(sinar, tekanan, dan suhu), gangguan biologis(jamur), dan gangguan kimiawi.
  • Mengatur suhu badan.
  • Tempat pemberntukan vitamin D dari provitamin D dengan bantuan sinar matahari.
  • Tempat menyimpan kelebihan lemak.
  • Sebagai indra peraba.
Bagian-bagian kulit:

(Selengkapnya baca artikel tentang Gambar Anatomi Kulit Berbahasa Indonesia)

bagian-bagian dan anatomi kulit dalam bahasa indonesia1. Epidermis(lapisan kulit ari)

Merupakan bagian terluar yang sangat tipis. Bagian ini terdiri dari dua lapisan, yaitu:
a. Lapisan tanduk/stratum korneum
  • Lapisan paling luar dan tersusun dari sel yang telah mati.
  • Mudah terkelupas.
  • Tidak memiliki pembuluh darah dan syaraf sehingga tidak terasa sakit dan tidak mengeluarkan darah bila lapisan ini mengelupas.
b. Lapisan malpighi
  • Tersusun dari sel-sel hidup.
  • Terdapat pigmen yang memberikan warna kulit dan melindungi dari sinar matahari.
  • Terdapat ujung syaraf.

2. Dermis(lapisan kulit jangat)

Lapisan dermis lebih tebal dibandingkan lapisan epidermis. Di lapisan ini terdapat bagian-bagian berikut:
  • Pembuluh darah untuk mengangkut zat-zat makanan ke rambut.
  • Kelenjar keringat menghasilkan keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit.
  • Ujung syaraf. Yang terdiri dari korpuskulus pacini(reseptor tekanan), korpuskulus meissner’s(reseptor raba/sentuhan), korpuskulus ruffini(reseptor panas), reseptor rasa nyeri, dan korpuskulus krause(reseptor dingin).
  • Kelenjar minyak. Menghasilkan minyak yang berfungsi untuk meminyaki rambut dan kulit agar tidak kering.
  • Kantong rambut merupakan tempat tertanamnya akar rambut.

3. Jaringan bawah kulit(subkutaneus)

Pada jaringan ini terdapat lemak yang berfungsi menahan panas tubuh dan melindungi tubuh bagian dalam dari benturan.
(untuk lebih jelasnya, lihat selengkapnya dalam gambar bagian-bagian dan anatomi kulit)
Faktor-faktor pemicu keringat:
  1. Peningkatan aktifitas tubuh
  2. peningkatan suhu lingkungan
  3. guncangan emosi
  4. syaraf
Gangguan pada kulit:
(Selengkapnya baca artikel tentang Beberapa Macam Penyakit Kulit)
  1. Jerawat merupakan gangguan pada kelenjar minyak yang umumnya dialami oleh anak remaja.
  2. Scabies atau kudis merupakan penyakit kulit karena tungau(Sarcoptes scabies).
  3. Pruvitus kutanea merupakan penyakit kulit dengan gejala timbul rasa gatal yang dipicu oleh iritasi saraf sensorik perifer.
  4. Eksim atau alergi merupakan penyakit kulit karena infeksi atau iritasi bahan luar yang termakan atau menyentuh kulit.
  5. Gangren adalah kelainan pada kulit yang disebabkan oleh matinya sel-sel jaringan tubuh. Ini disebabkan oleh suplai darah yang buruk di bagian tertentu salah satunya akibat penekanan pada pembuluh darah tertentu(seperti balutan yang terlalu ketat).

Paru-Paru

(Selengkapnya baca artikel tentang Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Paru-Paru)
bagian-bagian dan anatomi paru-paru dalam bahasa indonesiaParu-paru juga merupakan salah satu alat ekskresi. Karena paru-paru mengeluarkan gas CO2 dan uap air.
Fungsi paru-paru:
(Selengkapnya baca artikel tentang 10 Fungsi Paru-Paru)
Paru-paru berfungsi sebagai pertukaran oksigen dan karbondioksida yang tidak dibutuhkan tubuh. Selain itu masih banyak lagi fungsi paru-paru diantaranya penjaga keseimbangan asam basa tubuh. bila terjadi acidosis, maka tubuh akan mengkompensasi dengan mengeluarkan banyak karbondioksida yang bersifat asam ke luar tubuh.
Gangguan pada paru-paru:
  • Asma atau sesak nafas. Disebabkan alergi terhadap benda-benda asing yang masuk hidung.
  • Kanker paru-paru. Disebabkan oleh kebiasaan merokok atau terlalu banyak menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum, dan radiasi ionisasi yang memengaruhi pertukaran das di paru-paru.
  • Emfisema adalah penyakit pembengkakan alveolus yang menyebabkan saluran pernafasan menyempit.

Hati

bagian-bagian dan anatomi hati dalam bahasa indonesiaHati merupakan salah satu alat ekskresi karena hati mengeluarkan urea dan amonia ke luar tubuh. Hati terletak di rongga perut bagian kanan di bawah diafragma. Hati berwarna merah tua kecoklatan dengan berat sekitar 2 kg.
(Selengkapnya baca artikel tentang Bagian-Bagian Alat Ekskresi Hati)
Fungsi hati:
  • Menyimpan glikogen(gula otot) yang merupakan hasil pengubahan dari glukosa karena hormon insulin.
  • Menetralkan racun.
  • Membentuk protrombin(untuk pembekuan darah).
  • Tempat pengubahan provitamin A menjadi vitamin A.
  • Tempat pembentukan urea dan amonia yang berasal dari pemecahan protein yang rusak yang selanjutnya dikeluarkan dari tubuh melalui urin.
  • Tempat pembentukan sel darah merah pada janin.
  • Sebagai organ ekskresi yang bertugas merombak eritrosit(sel darah merah).
Gangguan pada hati:
  1. Penyakit wilson merupakan penyakit keturunan dengan kadar zat tembaga dalam tubuh yang berlebihan sehingga mengakibatkan gangguan fungsi hati.
  2. Hepatitis merupakan radang atau pembengkakan hati.
  3. Sirosis merupakan penyakit hati yang kronis dan mengakibatkan guratan pada hati sehingga hati menjadi tidak berfungsi.
Belajar lebih menyenangkan dan mudah di Materi Pelajaran dari HdSBlog.

107 komentar:

  1. makasih ini sangat membantu saya dalam mengumpulkan tugas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :) Senang bisa membantu anda :)

      Hapus
    2. deasty alawiyah22 Agustus 2013 15.40

      terimakasih..tapi menggambarnya susah bnr

      Hapus
  2. Balasan
    1. saya berharap Anda mengerti :) Makasii :)

      Hapus
  3. makasiiihh uda mw berbagi ilmu na .... :)

    BalasHapus
  4. ringkas, dan jelas. thank you :)

    BalasHapus
  5. terimakasih tugas saya jadi terbantu,tapi sayang yang paru2 kurang jelas (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :)
      saya akan terus menyempurnakan artikel ini :) Makasii sarannya :)

      Hapus
  6. berguna banget nih post... thanks ya...
    mampir ke blog gue ya --> kucum.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :)
      blog Anda bagus banget yaa :) teruslah berkarya :)

      Tetap Semangat!

      Hapus
  7. Wow, ngebantu Buat UAS Besok Nih, thx yah

    BalasHapus
  8. bantu banget, buat besok presentasi :)
    makasii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :) senang bisa membantu Anda :)

      Hapus
  9. membantu sekali untuk tugas makalah biologi awal bulan depan,,
    Terimakasih tlah berbagi

    BalasHapus
  10. makasih sangat membantu untuk referensi makalah saya

    BalasHapus
  11. fungsi paru2 apa? ._. padahal sayang banget kurang lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. paru-paru berfungsi untuk pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida di dalam darah :)

      kami mohon maaf atas ketidaklengkapannya. Terima kasih komentarnya :)

      Anda bisa membaca artikel ini:

      http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/07/sistem-ekskresi-pada-manusia.html

      http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/01/sistem-pernapasan-pada-manusia-artikel.html

      Hapus
  12. artikel ini cukup membantu saya untuk lebih mencerna pada sub bab sistem ekskresi terima kasih ya. ditunggu artikel-artikel berikutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :) Saya selalu mengupdate blog saya dengan artikel-artikel berkualitas :)

      Hapus
  13. makasih artikelnya berguna bgt buat tugas saya kali ini

    BalasHapus
  14. makasih banyak artikelnya sangat membantu ngelengkapin tugas kelompok ku

    BalasHapus
  15. permisi mau nanya
    Selain organ ekskresi kulit merupakan organ sekresi, apa bener?
    gimana penjelasannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya hanya kelenjar saja yang bisa melakukan sekresi. Contohnya seperti air liur, pankreas, lambung, dll :)

      Hapus
  16. Sangat mudah di mengerti ............ *_*
    thank you ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. nantikan artikel ringkasan mata pelajaran yang lainnya yaa :)

      Samasama dan Makasii sudah datang di blog kami :)

      Hapus
  17. cukup bagus artikelnya,,

    BalasHapus
  18. Saya suka artikelnya. Lebih suka lagi kalo ada soal - soalnya biar tambah mantap di otak :)






    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masih mengembangkan sistem baru cara belajar yang asik di blog. Selalu ikuti @HediSasrawan di Twitter yaa untuk melihat perkembangannya :)

      Makasii banyak sebelumnya :)

      Hapus
  19. Thanks very much...berguna & bermanfaat membntuku didalAm belajar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :) silakan simak artikel saya yang lainnya :)

      Hapus
  20. Makasih :D Membantu banget :D

    BalasHapus
  21. Ma'kasih artikelnya sangat membantu banget, sedikit meringankan beban untuk buat materi mengajar pada RPP hehehe...jempooll (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :) senang bisa membantu Anda :)

      Hapus
  22. ini sangat membantu tugas sekolah saya. Terima kasih ;)
    terus berkarya yaaa !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :)
      saya terus berkarya untuk membantu seluruh orang sebisa saya :)

      Hapus
  23. ini membantu saya mencari informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya senang blog saya bisa membantu Anda :)

      Hapus
  24. makasih atas informasi nya
    sangat bagus dan membantu banget
    I LIKE IT :-)

    BalasHapus
  25. Trims.... ya
    berkat ini gwe jadi gak takut ulangan :p

    BalasHapus
  26. agak mudah di menerti ya

    BalasHapus
  27. ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas dan juga meringankan beban saya dalam mencari tugas-tugas saya disini dan artikelnya bagus banget !
    makasih yah atas artikelnya....(y)
    selamat berkarya kembali yaah

    BalasHapus
  28. Bagus artikelnya,aku suka belajar dan itu selama aku mampu mempertimbangkannya. Selamanya aku ingin menjadi pelajar,karena mencari ilmu itu sgt brgn,wlu aku blm bs mmbktkn yg lebih dari itu.

    BalasHapus
  29. artikel bagus, keren, dan mudah dipahami
    makasi yaa, itung" bisa copas buat ulangan besok :)

    BalasHapus
  30. artikel bagus bisa di ambil sbgai pelajaran sekaligus paham terhadap apa itu alat ekskresi pd manusia :thanks:

    BalasHapus
  31. tuhan ,, mkasih bgt ya ,, ni bener-bener mbantu aku sekali. tanpamu aku hancur , hahahaha *lebay campur sari ma alay*

    BalasHapus
  32. makasi ya hedi, sangat membantu mengerjakan tugas biologi besok,hihi

    BalasHapus
  33. Mkasihh yhhh,, sangat membantu bngettt... follback yhh ^^ @ikrimhah_imha

    BalasHapus
  34. makasih banget nih membantu banget. lupa besok ada ulangan untung ketemunya ini, gampang dimengerti & dihafal :)

    BalasHapus
  35. 
    Makasih YA Hedi, Ini Membantu saya dalam mengerjakan tugas Biologi kelas IX, makasih ya Artikelnya

    BalasHapus
  36. Apakah cairan empedu harus selalu dikeluarkan dari tubuh??

    BalasHapus
  37. Thank's infonya

    BalasHapus
  38. Thanks bgt lah artikelnya berguna banget buat bikin powerpoint.

    BalasHapus
  39. terima kasih ya hedi,karena kelas ix ulangan harian

    BalasHapus
  40. terima kasih ya hedi,karena kelas ix ulangan harian

    BalasHapus
  41. bantu banget buat presentasi besok :D makasih yaaaaa :)))

    BalasHapus
  42. Thank you so much. Sangat berguna buat tugas saya :)

    BalasHapus
  43. thank you ya.. useful bgt buat tugas rangkuman klas 7 8 9

    BalasHapus
  44. thank you ya.. useful bgt buat tugas rangkuman klas 7 8 9

    BalasHapus
  45. maksih atas rangkumannya ini sangat membantu untuk Ulangan besok....

    BalasHapus
  46. makasihhh nih nemu post beginian jadi pahamm

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  48. semoga dibalas oleh Yang Maha Kuasa. matur nuwun

    BalasHapus
  49. terimakasih, buat belajar UTS nih :D

    BalasHapus
  50. Terima kasih,.. bantu banget ini :)

    BalasHapus
  51. Thanks ya,, artikelnya lengkap baanget' (y)
    Sangat membantu

    BalasHapus
  52. gambar nya gk bisa di copy paste, ada nama blog nya di buat -_-
    GK MEMBANTU !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu untuk menghargai jasa pembuatnya :)

      Hapus
  53. Makasih gan, walau gambarnya ada tulisannya x_x
    Tapi makasih bantu banget =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saya akan memperbaiki gambar tersebut :)

      Hapus
  54. terima kasih materinya cukup ringkas untuk membuat power point :)

    BalasHapus
  55. terima kasih telah membantu melngkapi catatan saya

    BalasHapus
  56. prbaiki lagi sana
    msh bax yg kurank

    BalasHapus
  57. terimakasih ilmunya .... dan ini sangat membantu saya ...

    BalasHapus
  58. thanks buat bacaan sebelum tidur dan sebelum uts besok :D

    BalasHapus
  59. NICE BLOG GAN. IJIN COPAAS.ARIGATOU GOZAIMASITA

    BalasHapus
  60. Thx yak. Ini ngebantu gw banget. Keren ini :)

    BalasHapus