Cara Menabung Yang Baik (Artikel Lengkap)

cara menabung yang baikSetelah beberapa kali saya membuat artikel semacam ini (tujuannya tidaklah lain dari untuk meningkatkan kesadaran dalam berhemat dan menabung). Saat menabung, pasti saja kita merasa jumlah tabungan kita pas-pasan sana dan tidak mengalami peningkatan berarti. Saat itu pula kita akan bertanya, cara menabung efektif itu seperti apa sih? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada anda artikel pertama saya di ulang tahun HdS yang ke-2 ini. Disini, kita akan membahas tentang cara menabung yang efektif dan tips menabung yang baik. Penasaran? Langsung saja kita simak selangkapnya…..

Menabung yang efektif. Maksudnya adalah menabung supaya menguntungkan. Karena, selama ini kita hanya menabung kekayaan kita dan jumlahnya selalu tidak menguntungkan. Kita masih bisa mensiasatinya dengan menabung di bank. Namun, apakah bunganya dapat mencukupi kebutuhan hidup kita? Belum tentu. Kecuali jika anda memiliki tabungan lebih dari Rp 1 Milyar barulah menguntungkan karena bunga di bank itu sangat kecil. Itupun belum dipotong pajak dan lain sebagainya. Sehingga, bisa saja bunga yang didapat lebih kecil daripada pemotongan tabungannya.

Lantas bagaimana?

Karena arti menabung itu tidak selalu berarti kegiatan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dan biasanya hanya akan diambil bila dalam keadaan terdesak atau uang yang terkumpul sudah banyak. Tetapi juga bisa disama artikan dengan berinvestasi. Investasi bisa dimulai dari yang kecil seperti berbisnis pulsa, membeli emas, berjualan alat tulis, dan lain sebagainya. Sampai yang besar seperti jual beli tanah/rumah, bermain saham, membeli franchise, dan bisnis lainnya. Semuanya menguntungkan jika anda teliti, mau belajar, pantang menyerah, berani gagal, dan bertanggung jawab. Dengan itu, uang anda selalu berputar dan berkembang daripada hanya ditaruh di bank dengan jumlah yang perkembangannya sangat sedikit.

Agak gak nyambung dengan topik utama yaa? hehe namanya aja ‘artikel lengkap’, yaa harus lengkap donk… Jika menabung menjadi salah satu pilihan anda. Maka saya akan memberikan tips menabung yang baik kepada anda. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Menabunglah di bank. Karena lebih aman, selain itu juga memberikan bunga jadi tabungan anda akan bertambah. Pilihlah juga bank atau lembaga keuangan yang terpercaya supaya tidak tertipu atau cepat bangkrut yang mengakibatkan semua tabungan anda hilang. Jika saya, saya biasanya menabung di LPD yang mungkin hanya ada di Bali. Karena mudah, praktis, tanpa pemotongan, dan bunga yang menjanjikan.

2. Tabung dalam jumlah yang konsisten. Maksudnya adalah kalo menabung itu jangan cuma sekali-kali aja. Tetapi harus terus menerus dan berpola. Misalnya, jika anda menabung Rp 10.000/hari, maka anda harus tetap menabung Rp 10.000/hari. Karena setahu saya, jika menabung tidak konsisten akan membuat jumlah bunga yang anda dapat lebih sedikit. Ingat, jika ingin sukses, berpatoklah pada suatu pola/kebiasaan.

3. Tabung sedikitnya 30% dari pendapatan anda. Itupun bila memungkinkan, semakin banyak, maka semakin bagus. Tetapi tetaplah utamakan kebutuhan primer.

4. Jangan terlalu sering menarik tabungan. Karena jika sekali tabungan anda ditarik, maka jumlah bunga yang didapatkan akan menurun drastis atau bahkan tidak akan mendapatkan bunga sama sekali.

5. Tariklah tabungan sesuai kebutuhan. Jangan menarik uang hanya untuk membeli sesuatu yang hanya bersifat kenikmatan atau kepuasan. Tetapi jangan juga terlalu pelit walau dalam keadaan yang sangat penting dan sangat mendesak. Tariklah sesuai dengan kebutuhan dan prioritas.

Itulah artikel lengkap berjudul ‘Cara Menabung Yang Baik’ yang isinya tentang cara menabung yang efektif dan tips menabung yang baik. Semoga bermanfaat. Ada tambahan? Pertanyaan? Kritik? Saran? Saya dengan senang hati menerima semua masukan anda.

Tetap Semangat! | Catatan Harian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar