9 Cara Menabung yang Baik dan Benar

menabung memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah membuat diri kita menjadi lebih siap dalam menghadapi keterdesakanBanyak cara untuk berhemat, salah satunya adalah dengan menabung. Menabung adalah suatu kegiatan menyimpan uang dan mengumpulkannya menjadi cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan kita. Tapi, banyak orang yang suka menabung menjadi orang yang kikir, pelit, serta suka minta-minta supaya dia tidak mengeluarkan sedikitpun uangnya. Intinya PERHITUNGAN BANGET! Sebenarnya bukan begitu prinsip dan cara menabung yang baik dan benar. Lalu yang seperti apa dan bagaimana cara menabung yang benar? Saya akan mencoba untuk membahas tips-tips menabung yang bijak. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Sisihkan uang jajan kalian.

Bila anda tidak lapar, anda bisa menyisihkan sebagian dari uang jajan anda. Saya bahkan sering menyisihkan semua uang jajan saya.

 

2. Tetap memenuhi kebutuhan kita

menabung itu kan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan kita yang mendesak dan penting. Jadi, janganlah merasa berat hati saat kita mengeluarkan sedikit tabungan kita untuk membeli kebutuhan kita.

 

3. Usahakan agar kita tidak meminta uang lebih dari orangtua kita

itulah salah satu tujuan menabung. Sebisa mungkin kebutuhan kita terpenuhi tanpa meminta uang lebih dari orangtua. Cukup uang harian kita saja yang menjadi tanggungan orangtua.

 

4. Jangan pelit

menabung kan tujuannya baik. Tapi kenapa kita mesti jadi orang pelit/kikir? Yang pasti perbuatan itu malah akan membuat hasil menabung kita adalah dari perbuatan buruk kita.

 

5. Seimbangkan pengeluaran dengan pemasukan

usahakan agar total pengeluaran lebih sedikit ketimbang total pemasukan

 

6. Belilah yang lebih hemat tapi berkualitas

seperti: lebih baik saya membeli paket tinternet dengan kuota 3 Gb dengan harga 200 ribu ketimbang membeli kuota 50 Mb dengan harga 10 ribu. Tapi tentu saja kita tidak bisa sekaligus membeli semahal itu, saya membeli paket yang 10 ribu dulu. Itu cukup untuk 2 hari dan pemasukan saya sekitar 10 ribu/hari. Jadi, 3 hari kemudian saya bisa membeli yang 25 ribu, 50 ribu, dan seterusnya sampai yang 200 ribu. Itu baru namanya kebebasan kuota tanpa takut menghabiskan banyak uang.

 

7. Jangan gengsi

janganlah terlalu gengsi. Seperti saat semua pada pakai BlackBerry, anda ngotot untuk membeli BlackBerry. Dahulukan dulu fungsi ketimbang gengsi. Gengsi bukan alat ukur kesuksesan kita.

 

8. Jangan berlebihan

semua yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan yang terbaik sekalipun. Kita tidak boleh menabung terlalu banyak sampai kita tidak makan saat lapar. Saya menyisihkan semua uang jajan saya karena saya emang tidak lapar. Tapi kalau lapar, saya akan membelanjakan sebagian uang jajan saya.

 

9. Persiapkan sebelumnya dengan matang

seperti contoh, saya makan terlebih dahulu sebelum ke sekolah. Jadi saya tidak lapar dan bisa berhemat. Juga saat kita bepergian. Persiapan kita sudah matang. Mulai dari roti dll. Tapi kita lupa membawanya! Terpaksa jadinya kita harus membeli roti lagi dan pengeluaran kita jadi dua kali lipat lebih banyak.

Itulah beberapa tips menabung yang bijak. Semoga bermanfaat. Ingat, menabunglah untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

 

Tetap Semangat!

Catatan Harian

tetap kunjungi hedisasrawan.blogspot.com yaa

13 comments:

  1. Untuk umroh nih..
    He he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ide yang sangat bagus. Menabung itu memang sangat bermanfaat untuk masa depan kita :)

      Delete
    2. good jadi kita dapat menjalankan ibadah supya masuk surga amiiiiiiiiiiiin.

      Delete
  2. keren juga nih bisa buat kita jadi baik menabung

    ReplyDelete
  3. Semangat , menabung utnuk rhinoplasty :)







    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap Semangat! Semoga apa yang kita inginkan tercapai dengan menabung :)

      Delete
  4. mudahan mudahan saya bisa menabung ya mas

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. ok mas. aku langsung praktek :D

    ReplyDelete