Tentang Uang

Apa pengertian dari uang?

Uang dapat didefinisikan sebagai benda-benda yang disetujui oleh masyarakat sebagai alat perantaraan untuk mengadakan tukar-menukar/ perdagangan. Yang dimaksud dengan disetujui dalam definisi ini adalah terdapat kata sepakat di antara anggota-anggota masyarakat untuk menggunakan satu atau beberapa benda sebagai alat perantaraan dalam kegiatan tukar-menukar.

Siapa yang mendirikan IMF?

International Monetary Fund (IMF) adalah organisasi internasional yang bertanggungjawab dalam mengatur sistem finansial global dan menyediakan pinjaman kepada negara anggotanya untuk membantu masalah-masalah keseimbangan neraca keuangan masing-masing negara. Salah satu misinya adalah membantu negara-negara yang mengalami kesulitan ekonomi yang serius, dan sebagai imbalannya, negara tersebut diwajibkan melakukan kebijakan-kebijakan tertentu, misalnya privatisasi badan usaha milik negara. IMF didirikan oleh George Soros.

Bagaimana sejarah uang?

Alkisah awal tentang uang dimulai dengan barter. Jika anda memerlukan telur anda harus mencari orang yang punya telur dan berkeinginan untuk menukarkannya dengan sesuatu. Sistem yang sama sedang kita lakukan sekarang. Namun, kita menggunakan uang sebagai alat penukarannya. Penjual bisa menyimpan uang sampai dia mau membeli sesuatu. Permasalahan dalam barter adalah butuh banyak waktu dan tenaga untuk menemukan orang yang punya dan mau menukarkan barangnya. Dan tidak mudah untuk setuju dengan nilai barang yang ditukarkan. Berapakah harga sapi? Apakah sama dengan harga sekeranjang telur? Solusi dari permasalahn ini adalah uang. Agar uang bisa digunakan , penjual dan pemberlu harus setuju dengan alat pembayaran teretntu, yang juga diterima lingkungan-lingkungan dimana mereka akan menggunakan alat tersebut. Dengan kata lain uang harus punya nilai dan nilai tersebut diketahui oleh banyak orang. Banyak benda-benda yang digunakan sebagai uang selama bertahun-tahun garam, kain sutra, barang keramik,kerang, logam, dan kertas. Di awal 2500 B.C logam mulia seperti emas, perak, dan tembaga digunakan sebgai uang di Mesir dan Asia Minor. Logam bercap digunakan di Cina sekitar 2000 B.C. PAda 700 B.C Kerajaan Lydia sudah menggunakan koin yang dibuat dari elektrum. Koin-koin tersebut menjadi memiliki nilai dan mudah digunakan. Perhitungan koin memudahkan proses pertukaran. Dalam jangka panjang nilai-nilai tertentu daru suatu mata uang diukur dari logam mulia. Di Cina orang menggunakan 2 alat pembayaran; garam untuk barang-barang kecil dan sutra untuk barang- barang mahal.

Mengapa uang diciptakan?

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efesien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai.

Dimana dan Kapan uang pertama kali diciptakan?

Sejarawan Yunani Herodotus pernah menceritakan penemuan uang kepada Lidia, orang-orang di Asia Kecil, Bahwa 670 SM sudah beredar penggunaan koin terbuat dari paduan emas dan perak. Jauh sebelum mereka, dalam budaya yang berbeda di seluruh dunia sudah menggunakan berbagai benda sebagai uang kerang Cowrie di India, beras di Cina, catatan batu kapur di Pulau Yap di Pasifik, serta biji, siput dan banyak miniatur alat-alat.

tetap kunjungi hedisasrawan.blogspot.com yaa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...