Renungkanlah Berapa Banyak Waktu yang Kita Buang Sia-Sia

setiap detik itu sangat berarti. Jangan dibuang sia-siaHidup kita penuh dengan aktivitas rutin dan terkadang kita jenuh melakukan rutinitas tersebut. Salah satu cara bagi sebagian besar orang(termasuk saya) untuk melepas jenuh adalah dengan melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan rutinitas kita. Tapi, seringkali kita menjadi keenakan sehingga lupa waktu dan melupakan rutinitas kita. Akibatnya, banyak dari kita yang jauh dari apa yang namanya sukses. Saya telah membuat sebuah perhitungan kecil yang membuat waktu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin malah terbuang sia-sia. Baiklah langsung saja kita simak selengkapnya…..

Saya membuat suatu perhitungan dengan satu tahun sama dengan 365 hari dan kita hitung dalam jangka 24 tahun(supaya mempermudah perhitungan). Yang saya ukur adalah aktivitas saya yang kurang berguna saat ini:

Saya chatting via BlackBerry Messenger kira-kira 1 jam setiap hari. Itupun hanya ke tim saya. Maka dalam 24 tahun, saya telah BBMan selama 1 tahun penuh tanpa berhenti. Jika ada orang yang BBMan selama 4 jam dalam sehari(rata-rata lama penggunaan BBM di Indonesia). Berarti dia telah menghabiskan waktu 4 tahun hanya untuk BBMan.

Salah satu cara bagi sebagian besar orang(termasuk saya) untuk melepas jenuh adalah dengan melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan rutinitas kita. Tapi, seringkali kita menjadi keenakan sehingga lupa waktu dan melupakan rutinitas kita.

Adik saya menonton TV sekitar 3 jam setiap hari. Maka jika itu diteruskan sampai tahun ke-24 maka adik saya telah menghabiskan 3 tahun full 24 jam untuk menonton TV.

Saat pulang sekolah, saya biasa pergi ke Indomaret sekitar 30 menit setiap hari. Berarti dalam 24 tahun saya telah nongkrong di Indomaret selama 6 bulan.

Dan masih banyak lagi perhitungan yang saya buat.

bermain HP kadang membuat kita lupa waktuWah, 1 tahun non stop untuk BBM-an bahkan ada yang 4 tahun. Kenapa sebaiknya saya tidak mengunakan waktu 1 tahun penuh tersebut untuk melakukan hal yang dapat meningkatkan derajat hidup saya? Mulai saat itu, saya stop chatting dan FB-an hanya untuk basa-basi yang tidak berarti. Untuk basa-basi, saya cukup secara langsung atau cuma sekedar saja di internet. 1 tahun itu sangat berharga bagi saya. Apalagi 1 tahun itu full terjaga 24 jam atau sama dengan 2 tahun jika setengahnya saya gunakan untuk tidur.

Wah, 1 tahun non stop untuk BBM-an bahkan ada yang 4 tahun. Kenapa sebaiknya saya tidak mengunakan waktu 1 tahun penuh tersebut untuk melakukan hal yang dapat meningkatkan derajat hidup saya?

Itulah kenapa saya belum bisa sukses, karena saya saat itu belum mampu menggunakan waktu dengan semaksimal mungkin. Sekarang saya lebih menggunakan waktu saya untuk melakukan hal yang penting atau yang penting bagiku saat liburan(seperti blogging full time).

Bagaimana dengan anda? Cobalah untuk melakukan perhitungan sederhana dan renungkanlah berapa tahun anda habiskan untuk melakukan sesuatu yang tidak berguna. Jika anda menyadarinya, mulailah dari sekarang. Tidak ada kata terlambat karena hidup kita masih panjang.

 

Tetap Semangat!

Artikel Motivasi

tetap kunjungi hedisasrawan.blogspot.com yaa

2 comments:

  1. sudah banyak,
    asalkan waktu bisa diulang,
    apa akan benar2 diperbaiki ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin iya mungkin juga tidak. Tapi kita juga bisa memperbaikinya mulai sekarang :)

      Terima kasih
      Tetap Semangat!

      Delete