13 Fungsi Ginjal (Artikel Lengkap)

Ginjal merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Terdapat sepasang ginjal pada manusia. Panjang ginjal manusia sekitar 10 cm dengan berat kurang lebih 200 gram. Sebagai alat ekskresi, ginjal mengeluarkan sisa penyaringan darah yang berupa urine. Berikut adalah beberapa fungsi ginjal manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Menyaring Darah

Konsumsi makanan yang kita makan setiap hari sebagai penghasil energi setelah melalui proses pencernaan pastilah akan menghasilkan banyak zat sisa dan limbah serta racun atau toksin. Zat-zat tersebutlah yang akan dikeluarkan oleh ginjal karena jika tidak maka akan sangat berbahaya bagi tubuh kita.
Nefron adalah salah satu bagian ginjal yang menjalankan fungsi ini. Apabila seseorang tidak memiliki ginjal, maka orang tersebut akan mati karena tubuhnya teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh manusia itu sendiri. Untuk melakukan hal tersebut, ginjal harus menyaring sekitar 200 liter darah dan menghasilkan 2 liter zat-zat sisa dan air per harinya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Anda buang air kecil sebanyak kurang lebih 2 liter per harinya.

2. Membentuk Urine


Urine adalah hasil ekskresi dari penyaringan ginjal. Urine mengandung zat-zat yang sudah tidak diperlukan bagi tubuh atau yang kadarnya melebihi batas normal. Kandungan utama urine adalah air, urea, dan amonia. Terdapat tiga proses pembentukan urine yaitu filtrasi, reabsorbsi, dan augmentasi.

3. Menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh

Ginjal setiap hari mengeluarkan sekitar 2 liter air dari dalam tubuh. Sebagian air dikeluarkan supaya tidak terjadi kelebihan air di dalam darah. Jika kelebihan, maka darah akan mengencer dan sangat berbahaya bagi tubuh. Tubuh menjaga keseimbangan air dengan mempertahankan tekanan osmotik ekstraseluler (di luar sel). Jika tekanan tersebut berlebihan, maka akan dikeluarkan dari tubuh salah satunya melalui ginjal.

4. Mempertahankan keseimbangan Kadar Asam dan Basa

Ginjal berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam/basa melalui urine.

5. Mengatur Kadar Kalium dalam Darah

Kalium (K) atau potasium adalah mineral yang berfungsi untuk membuat semua sel, jaringan, dan organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik. Kalium sangatlah penting bagi tubuh. Namun jika kadarnya terlalu berlebihan maka akan terjadi hiperkalemia yang dapat menyebabkan otot jantung berhenti berdetak atau berdetak tidak beraturan. Jika kadarnya di dalam darah kurang, maka akan terjadi kelelahan, kulit kering, kelemahan otot, dan gerak refleks menjadi lambat. Maka dari itu, ginjal menjadi penting karena berfungsi sebagai pengatur kadar kalium di dalam darah dengan cara membuang atau menyerap kembali kalium yang masuk ke dalam nefron.

6. Mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh

Ginjal akan mengekskresikan (mengeluarkan) zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan. Jika zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan di dalam tubuh.

7. Memproses Ulang Zat

Ginjal akan mengembalikan kembali zat yang masih berguna bagi tubuh kembali menuju darah. Zat tersebut berupa glukosa, garam, air, dan asam amino. Proses pengembalian zat yang masih berguna ke dalam darah disebut reabsorpsi.

8. Mengatur Volume Cairan dalam Darah

Ginjal dapat mengontrol jumlah cairan darah yang dipertahnkan agar tetap seimbang didalam tubuh. Tanpa adanya control dari ginjal maka tubuh akan menjadi kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh tenggelam karena kebanjiran cairan didalam tubuh yang menumpuk tidak terbuang.

9. Mengatur Keseimbangan Kandungan Kimia dalam Darah

Salah satu contohnya yaitu mengatur kadar garam didalam darah.

10. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Ginjal amat penting untuk mengatur kelebihan atau kekurangan gula dalam darah dengan menggunakan hormon insulin dan adrenalin. Ini penting untuk menghindari diabetes. Insulin berfungsi sebagai hormon penurun kadar gula dalam darah jika kadar gula dalam darah berlebih. Adrenalin berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah jika kadar gula di dalam darah tidak mencukupi.

11. Penghasil Zat dan Hormon

Ginjal merupakan penghasil zat atau hormon tertentu seperti eritropoietin, kalsitriol, dan renin. Hormon yang dihasilkan oleh ginjal yaitu hormon eritroprotein atau yang disingkat dengan EPO berfungsi untuk merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang. Renin berfungsi untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh, sementara kalsitriol merupakan fungsi ginjal untuk membentuk vitamin D, menjaga keseimbangan kimia di dalam tubuh, serta untuk mempertahankan kalsium di dalam tulang yang ada di dalam tubuh.

12. Menjaga Tekanan Osmosis

Ginjal menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur keseimbangan garam-garam di dalam tubuh.

13. Menjaga pH Darah

Ginjal berfungsi sebagai penjaga kadar pH darah agar tidak terlalu asam. Ginjal mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatnya, urine yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Bagian-Bagian Alat Ekskresi Pada Ginjal

  2. Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia)

  3. Alat-Alat Ekskresi pada Manusia

  4. Bagian-Bagian Ginjal

  5. Alat Ekskresi dan Hasil Ekskresi

Sumber:
1. APA SAJA FUNGSI GINJAL? (omahxamthoneplus.com)
2. Fungsi Ginjal Pada Manusia (drzpost.com)
3. Fungsi Ginjal Pada Manusia (trikdiet.com)
4. Fungsi Ginjal Bagi Manusia (dokita.co)
5. Fungsi Ginjal Manusia (budisma.web.id)
6. Fungsi Ginjal Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia (anneahira.com)


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

20 comments:

  1. Top banget artikelnya, kalau boleh usul tolong dishare tentang komplikasi akibat dari penyakit ginjal. Salam sukses

    ReplyDelete
  2. Question :
    Apa yang akan terjadi jika seorang manusia hidup dengan 1 ginjal ??
    Apakah hidupnya dapat bertahan lama ??
    Bagaimana dengan aktivitasnya jika hidup dengan 1 ginjal ??
    Apa saja yang harus dilakukan manusia tersebut jika hidup dengan 1 ginjal namun tetap melakukan aktivitas sehari-hari ??

    Terima Kasih...

    Nb : "Mohon di Reply"

    ReplyDelete
  3. Question :
    Apa yang akan terjadi jika seorang manusia hidup dengan 1 ginjal ??
    Apakah hidupnya dapat bertahan lama ??
    Bagaimana dengan aktivitasnya jika hidup dengan 1 ginjal ??
    Apa saja yang harus dilakukan manusia tersebut jika hidup dengan 1 ginjal namun tetap melakukan aktivitas sehari-hari ??

    Terima Kasih...

    Nb : "Mohon di Reply"

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia bisa hidup dg satu ginjal dan bertahan lama dengan catatan bisa menjaga pola makan yang sehat dan baik. aktivitas kita tidak terganggu dengaan hanya 1 ginjal tetapi mungkin urin yg kita keluarkan jumlahya berbeda. ginjal bertugas untuk mengekskresikan zat-zat merugikan, sehingga jika kita makan makanan yg biasa kita makan saat kita memiliki 2 ginjal, tentu saja kerja ginjal yang hanya satu ini sangat berat karena harus berkerja 2 kali lipat juga.

      Delete
  4. amazing post! makasih gan PR pun bisa selesai....

    ReplyDelete
  5. Artikel yg sangat bagus,padat dan jelas
    tangs

    ReplyDelete
  6. Komplikasi penyakit ginjal itu DM dan Hipertensi

    ReplyDelete
  7. sungguh sangat bermanfaat informasinya, terimakasih banyak gan salam kenal dari nubitol ^_^

    ReplyDelete
  8. saya mau bertanya, dari semua fungsi itu..
    bagian bagian ginjal apa saja yang berfungsi seperti itu??
    contoh : 1. menyaring darah, (oleh glomerulus)

    ReplyDelete
  9. mkasi yah infonya
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. apa yang terjadi kalo kita hidup dengan 1ginjal?

    ReplyDelete
  11. Semoga kita dapat menjaga kesehatan dengan baik.

    ReplyDelete
  12. gua mah nanya panjang kelamin laki" normal nya brp cm??

    ReplyDelete
  13. Fungsi ginjal menyaring darah tapi kenapa yang di keluarkan urin?

    ReplyDelete