Tips Belajar di Akhir Liburan

loading...

Tips Belajar di Akhir LiburanLiburan sekolah memang sangat menyenangkan. Kita tidak perlu lagi memikirkan tugas, PR, dan kegiatan-kegiatan sekolah yang selalu bikin otak kita mumet. Nah, apa jadinya kalau kita bosan saat liburan? Salah satu cara yang terbaik untuk mengisi liburan adalah dengan belajar. Wah udah syukur dikasi libur kok malah belajar?? Yaa memang, tapi cara belajar kita saat liburan beda lah dibandingkan saat sekolah. Saat sekolah kita belajar untuk menghadapi ulangan harian, sementara sekarang saat liburan kita belajar untuk cari ilmu dengan cara yang menyenangkan.

Cara yang menyenangkan itu seperti membaca ensiklopedia, mengakses internet, dan belajar apapun yang kita suka. Lain saat kita sekolah yang mengharuskan kita belajar sesuai pelajaran di sekolah. Kita juga bisa datang ke perpustakaan atau museum. Anda juga bisa datang ke toko buku seperti Gramedia yang bukunya bisa kita baca. Jadi, inilah liburan, belajar sambil bermain.

Pada saat liburan, cobalah hentikan kegiatan-kegiatan rutin yang biasa lakukan saat hari sekolah (kecuali membantu orangtua yaa). Cobalah berekreasi ke tempat yang sekaligus dapat menambah ilmu seperti objek-objek wisata. Sambil berwisata, cobalah cari tahu semua hal tentang objek wisata tersebut untuk sekedar menambah wawasan.

belajar saat liburanUsahakan mulai dari seminggu sebelum tahun ajaran baru Anda sudah belajar. Tentunya belajar tentang materi pelajaran yang diberikan di jejang berikutnya. Sekarang saya telah naik kelas dari kelas X menjadi kelas XI IPA dan saya diberikan liburan selama 4 minggu. Jadi, pada minggu ke-4 saya gunakan untuk belajar pada setiap bab 1 pelajaran XI IPA semester 1. Mengapa harus belajar pada saat akhir liburan? Tujuannya adalah untuk mempersiapkan lebih matang saat Anda mempelajari bab baru di kelas yang baru. Biar enggak ‘kaget’ pada saat Anda diberi ulangan mendadak oleh guru dan supaya lebih siap menghadapi guru yang baru yang belum tentu baik ataupun killer. Selain itu, Anda juga harus bertanya kepada kakak kelas sebelumnya tentang guru-guru di kelas tersebut dan bagaimana cara menghadapi guru seperti itu. Bisa saja dengan cara ini Anda menjadi bintang kelas dan disukai guru di hari pertama sekolah :D

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Cara Belajar yang Baik dan Benar

  2. Manfaat Manajemen Waktu Belajar

  3. Bosan Sekolah? Think Again!


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment