Mendengarkan Musik Saat Belajar: Baik atau Buruk?

loading...

Mendengarkan Musik Saat BelajarAda beberapa siswa yang suka mendengarkan musik saat belajar. Baik dari mereka yang sering mendapatkan prestasi ataupun mereka yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata. Suasana suara saat belajar memang sangat mempengaruhi kemampuan otak memahami suatu materi pelajaran. Karena kami telah mencantumkan musik sebagai salah satu cara belajar yang baik dan benar, maka kami akan memberitahu Anda apa saja musik yang baik dan musik yang buruk untuk didengarkan saat belajar. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Ada yang berpendapat (mereka yang tidak mendengarkan musik saat belajar) bahwa mendengarkan musik saat belajar bisa mengganggu konsentrasi belajar. Ada juga yang menganggap musik sebagai salah satu sarana penghening suasana atau membuat suasana belajar tidak membosankan. Memang pendapat mereka ada benarnya. Tetapi tahukah Anda bahwa tidak semua musik itu baik untuk belajar?

Musik yang tidak baik diputar saat belajar adalah musik rock dan semua musik yang menggunakan vokal (lirik suara dari manusia). Musik rock tidak baik karena bisa mengganggu otak sehingga belajar menjadi tidak maksimal. Sementara musik vokal kurang bagus karena dapat mengganggu konsentrasi belajar. Saat kita mendengarkan musik vokal sambil belajar pastilah konsentrasi kita akan tertuju kepada musik tersebut dan bahkan kita akan ikut bernyanyi sehingga fokus kita ke belajar menjadi semakin berkurang.

Nah, musik yang baik itu salah satunya seperti musik klasik atau musik yang lembut tanpa menggunakan otak. Musik seperti ini sangat cocok diputar saat suasana di luar kamar agak ribut. Hal ini dilakukan supaya suasana lebih hening sehingga belajar pun menjadi lebih tenang. Lagu-lagu yang biasa diputar di toko buku Gramedia adalah salah satu contoh lagu terbaik untuk diputar saat belajar.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

10 comments: