Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya (Materi Ringkasan)

loading...

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup guna mencapai taraf hidup sejahtera.


Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia antara lain tingkat pendapatan, agama, kemajuan iptek, usia, trend, dll.


Kebutuhan manusia sangatlah beragam sehingga harus dikelompokkan. Macam-macam kebutuhan manusia dapat dibedakan menurut intensitas kegunaan, bentuk dan sifatnya, subjek yang membutuhkan, dan waktu.


Dengan semakin banyak dan semakin beragam jumlah kebutuhan, jumlah alat pemenuhan kebutuhan manusia juga sangatlah beragam dan juga harus dikelompokkan. Alat pemenuhan kebutuhan manusia dapat dibedakan menurut ketersediaannya, tujuan penggunaan, proses produksi, dan hubungan dengan barang lain.


Kelangkaan adalah kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup tidak terbatas. Jadi, kelangkaan dapat terjadi jika jumlah kebutuhan tidak seimbang dengan jumlah sumber daya ekonomi.


Kelangkaan terjadi disebabkan karena keterbatasan sumber daya, perbedaan letak geografis, ketidakseimbangan pertumbuhan penduduk, rendahnya kemampuan produksi, lambatnya perkembangan teknologi, dan terjadinya bencana alam.


Keterbatasan sumber daya ekonomi adalah faktor utama terjadinya kelangkaan. Sumber daya ekonomi terdiri dari sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal.


Karena jumlah kebutuhan cenderung lebih besar dibandingkan jumlah alat pemuas kebutuhan, maka manusia harus mampu mengalokasikan sumber daya ekonomi secara bijak. Salah satu caranya adalah dengan berhemat menggunakan sumber daya alam, mendidik dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan masih banyak lagi.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

1 comment: