Ilmu Sosiologi (Materi Ringkasan)

loading...

Sosiologi memiliki ciri-ciri yang memenuhi unsur-unsur keilmuan yaitu empiris, teoritis, kumulatif, dan nonetis. Sosiologi mempelajari hubungan antar manusia baik individu maupun kelompok dan juga sifat-sifat dari kelompok tersebut.


Sosiologi berasal dari kata socius yang berarti teman dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah pengertian sosiologi adalah ilmu tentang teman (masyarakat). Objek studi sosiologi adalah masyarakat, hubungan antar masyarakat, dan sebab-akibat yang timbul dari hubungan tersebut.


Latar belakang lahirnya sosiologi adalah akibat revolusi industri di Inggris dan revolusi di Prancir yang berlangsung pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Istilah ‘sosiologi’ pertama kali digunakan oleh Auguste Comte pada tahun 1839 dan beliau disebut sebagai bapak sosiologi.


Sosiologi menggunakan beberapa metode penelitian yaitu studi cross-sectional, studi longitudinal, eksperimen laboratorium, eksperimen lapangan, metode evaluasi, metode kuantitatif, dan metode kualitatif.


Sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarkat, sosiologi memiliki beberapa fungsi yaitu dalam bidang perencanaan sosial, penelitian, pembangunan, dan pemecahan masalah sosial.


Sosiologi adalah ilmu murni dan telah berperan besar untuk mengatasi masalah-masalah sosial. Manfaat sosiologi sangatlah banyak baik dalam bidang pembangunan, perencanaan sosial, dan pemecahan masalah sosial.


Saat ini telah terjadi banyak sekali fenomena sosial dalam masyarakat, berikut adalah contohnya:

  1. Penurunan kualitas moral (demoralisasi)
  2. Terorisme
  3. Disorganisasi keluarga
  4. Kemiskinan
  5. Kenakalah remaja (delinkuensi)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment