Sistem Ekskresi Pada Manusia (Materi Ringkasan)

Sistem ekskresi pada manusia terdiri dari ginjal, hati, kulit, dan paru-paru.

Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagai penyaring darah dan mengeluarkannya melalui urine. Bagian-bagian ginjal yaitu korteks (kulit ginjal), medula (sumsum ginjal), dan pelvis (rongga ginjal). Proses pembentukan urine terdiri dari 3 tahap yaitu filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali), dan augmentasi (pengeluaran zat). Salah satu penyakit pada ginjal yaitu diabetes melitus, batu ginjal, gagal ginjal, dll.


Hati adalah organ yang berfungsi sebagai tempat perombakan sel darah merah. Sel darah merah yang rusak akan dirombak dan bagian empedu akan dikeluarkan bersamaan dengan feses dan urine. Penyakit pada hati diantaranya yaitu penyakit wilson, hepatitis, dan sirosis.


Kulit dalam sistem ekskresi berfungsi sebagai tempat pengeluaran keringat yang mengandung air dan garam-garam mineral melalui lubang pori-pori kulit. Kulit terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis, dan subkutaneus. Penyakit pada kulit yaitu jerawat, kudis, dll.


Paru-paru berfungsi sebagai alat bernapas yang menyerap gas dan uap air dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Paru-paru merupakan salah satu alat ekskresi karena paru-paru mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Penyakit dan gangguan pada paru-paru adalah asma dan kanker paru-paru.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...