6 Tips Belajar dengan Latihan Soal

loading...

6 Tips Belajar dengan Latihan SoalBelajar dengan cara latihan soal adalah salah satu cara belajar yang paling efektif. Maka dari itu, saya memasukannya sebagai salah satu cara belajar yang baik dan benar. Belajar dengan latihan soal bagus dilakukan saat belajar pelajaran hafalan atau pelajaran hitung-hitungan. Karena latihan soal memang ditujukan untuk mengasah kemampuan kita memahami materi pelajaran yang sedang kita pelajari. Nah, bagaimana cara belajar dengan latihan soal? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Saat Menemukan Rumus

Saat Anda menemukan rumus baik dalam pelajaran fisika maupun matematika, ada baiknya Anda mencari soal-soal yang menggunakan rumus tersebut lalu kerjakanlah sehingga rumus itu bisa Anda hafal. Lebih baik lagi jika sebelum itu Anda mempelajari bagaimana cara rumus tersebut bekerja.

2. Baca Satu Bab dan Berlatih

Untuk pelajaran hafalan (IPS khususnya), sebaiknya Anda baca dan pahami dulu seluruh isi bab yang sedang Anda pelajari. Kemudian berlatih mengerjakan soal yang biasanya ada setelah bab tersebut. Jika ada soal yang belum bisa Anda jawab dengan benar, maka baca kembali bab tersebut dan cari sumber referensi yang lain seperti internet misalnya.

3. Cari Buku yang Ada Pembahasannya

Carilah buku bank soal yang ada pembahasannya (terutama untuk pelajaran IPA). Tujuannya adalah supaya misalnya nanti di soal Anda tidak bisa menjawabnya, maka pembahasan tersebut sangat membantu menuntun Anda langkah demi langkah cara mengerjakan soal tersebut. Cari juga buku yang terdapat banyak soal beserta pembahasannya.

4. Jangan Berhenti Berlatih

Latihlah setiap hari soal-soal yang ada. Jangan takut buku bank soal Anda habis dikerjakan sehingga Anda harus membeli lagi yang baru. Mintalah uang kepada orangtua Anda, orangtua Anda pasti akan sangat senang memberikan Anda uang jika tujuan Anda memang untuk membeli buku bank soal. Latihlah setiap hari supaya tetap dipahami. Jika Anda sekali saja tidak berlatih, maka Anda akan mudah melupakan materi tersebut dan untuk memahaminya kembali Anda harus mempelajarinya dari awal.

5. Evaluasi

Periksalah soal yang jawaban Anda salah atau yang tidak bisa Anda kerjakan. Kemudian carilah pembahasannya atau cari tentang soal tersebut di buku dan internet. Siapa tahu kunci jawaban Anda yang salah, bukan jawaban Anda.

6. Soal Esai

Untuk pelajaran hafalan seperti IPS, sangat penting untuk mampu mengerjakan soal esai dengan tepat. Maka dari itu, berlatihlah mengerjakan berbagai soal esai dan usahakan supaya jawaban Anda benar-benar sama persis seperti yang ada di buku. Karena biasanya saat ulangan harian, guru memang mengharuskan jawaban yang sama persis seperti di buku. Jika Anda mampu menjawab soal esai ataupun soal uraian dengan cepat dan tepat, maka otomatis Anda telah menghafal dan memahami materi tersebut.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment