Pengantar Geografi (Materi Ringkasan)

loading...

Geografi adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala atmosfer) serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan. Beberapa cabang pengetahuan mengkaji bumi dengan sebutan atau nama yang menggunakan kata geo, seperti geologi, geomorfologi, geofisika, geodesi, dan geografi. Tiap-tiap cabang pengetahuan memiliki pusat perhatian atau kajian yang berbeda.


Aspek geografi meliputi pengetahuan mengenai gejala alam dan kehidupan di muka bumi, interaksi antara manusia dan lingkungannya, dan dalam konteks keruangan dan kewilayahan.


Geografi mempunyai cakupan yang sangat luas sehingga memerlukan ilmu penunjang seperti geologi, geomorfologi, oseanografi, hidrologi, meteorologi, klimatologi, biologi, botani, zoologi, demografi, ekologi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi.


Dalam mengkaji objek geografi dikenal sepuluh konsep dasar sebagai berikut:

  1. Konsep lokasi
  2. Konsep jarak
  3. Konsep keterjangkauan
  4. Konsep pola
  5. Konsep morfologi
  6. konsep aglomerasi
  7. Konsep kegunaan
  8. Konsep interaksi dan interdependensi
  9. Konsep deferensiasi areal
  10. Konsep keterkaitan keruangan


Setiap ilmu dapat dikaji dari dua pendekatan, yaitu pendekatan objek materiil dan pendekatan objek formal. Pendekatan materiil adalah pendekatan terhadap sasaran atau isi kajian, sedangkan pendekatan formal adalah salah satu metode atau pendekatan yang digunakan dalam mengkaji suatu masalah.


Gejala geografis meliputi fisikal dan sosial. Contoh gejala geografis antara lain gejala yang bersifat sosial-geografis, sosial-ekonomi-geografis, fisiografis, klimatologi, oseanografis, dan sosiologis-ekonomis.


Dalam geografi, dikenal beberapa prinsip, antara lain prinsip korologi, deskripsi, interrelasi, dan persebaran.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment