5 Cara Memilih Tempat Belajar yang Baik dan Benar

loading...

5 Cara Memilih Tempat Belajar yang Baik dan BenarTempat belajar yang baik adalah tempat belajar yang sesuai dan nyaman buat Anda. Anda harus memperhatikan tempat belajar karena memilih tempat belajar yang baik merupakan salah satu dari cara belajar yang baik dan benar. Sangat banyak pilihan tempat belajar yang bisa Anda dapatkan di rumah atau di luar rumah Anda. Nah, bagaimana cara memilih tempat belajar yang baik dan benar? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Suasana

Apakah Anda suka suasana yang sepi atau ramai? Ada beberapa orang yang malah suka ramai saat belajar. Alasannya supaya ada yang mau ‘menemaninya’. Jika Anda ingin tempat yang suasananya sepi supaya tidak ada yang mengganggu Anda saat belajar, belajarlah di dalam kamar tidur Anda dan beritahukan kepada keluarga Anda supaya tidak mengganggu Anda selama Anda belajar. Nah, jika Anda suka suasana yang ramai, datanglah ke perpustakaan atau ajak teman-teman Anda untuk belajar bersama.

2. Kenyamanan

Ada orang yang bisa belajar dengan ditemani bantal guling atau kursi yang nyaman, ada juga yang malah tertidur bila tempat belajar ‘terlalu nyaman’. Nah, jika Anda adalah tipikal orang yang mudah tertidur, sebaiknya Anda tidak belajar di atas kursi yang empuk apalagi di tempat tidur. Belajarlah di lantai dengan posisi badan duduk tegak atau tengkurap. Sebaliknya jika Anda memang sangat membutuhkan kenyamanan lebih untuk bisa belajar dengan baik, maka sebaiknya Anda belajar di kursi yang empuk atau di tempat tidur. Tapi jangan sampai tertidur yaa :D

3. Indoor atau Outdoor

Jika Anda suka belajar dengan suasana alami, ada angin segar, dan pandangan luas, sebaiknya Anda belajar di luar ruangan (outdoor). Tetapi jika Anda tidak bisa kena angin, sebaiknya Anda belajar di dalam ruangan (indoor) sebelum Anda sakit karena ‘keanginan’. Jika Anda ingin belajar di luar tetapi karena cuaca tidak memungkinkan, belajarlah di dalam dengan ditemani kipas angin.

4. Panas atau Dingin

Panas dan dingin mempengaruhi kenyamanan belajar. Jika suasananya terlalu panas, maka Anda mungkin akan kegerahan. Jika suasananya terlalu dingin, maka Anda mungkin akan menggigil kedinginan. Jika Anda ingin belajar dengan suasana yang agak panas, belajarlah di dalam ruangan dengan mematikan AC atau kipas angin. Tetapi jika Anda ingin belajar dengan suasana yang sejuk, belajarlah di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan menyalakan AC atau kipas angin.

5. Bebaskanlah Diri Anda

Dalam posisi duduk memang sebaiknya ikuti aturan duduk. Tetapi jika Anda tidak nyaman dengan posisi itu, langgarlah aturan duduk tersebut tetapi dengan syarat setelah belajar Anda harus melakukan peregangan supaya tidak terjadi gangguan pada tulang. Belajar di rumah beda daripada belajar di sekolah. Di sekolah Anda harus belajar dengan posisi duduk tegak yang mungkin belum tentu nyaman bagi Anda, sementara di rumah tidak ada yang mengatur Anda mau bagaimana posisi belajarnya.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

1 comment:

  1. terimakasih tipsnya, saya suka membaca artikel anda, saya juga suka memposting artikel-artikel anda ke blog saya, andaikan saja byk pengunjung yg membaca blog anda, pasti akan termotivasi :)

    ReplyDelete