Struktur Atom (Materi Ringkasan)

Berikut adalah perkembangan teori atom dari masa ke masa:

  1. John Dalton: Atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. J.J. Thomson: Atom berupa bola pejal yang bermuatan positif dan elektron melekat pada permukaan seperti roti kismis melekat pada roti.
  3. Rutherford: Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektrin bermuatan negatif seperti tata surya.
  4. Bohr: Elektron-elektron mengelilingi inti atom pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi.
  5. Schrodinger: Elektron-elektron yang mengelilingi inti atom memiliki tingkat energi tertentu tetapi keberadaannya tidak dapat dipastikan. Model atom Schrodinger disebut juga model atom modern.


Atom tersusun atas inti atom dan dikelilingi elektron-elektron yang tersebar pada kulit-kulit atom. Inti atom terdiri atas partikel bermuatan positif (proton) dan partikel bermuatan netral (neutron). Partikel bermuatan negatif (elektron) tersebar di kulit atom dan mengelilingi inti atom.

Proton ditemukan oleh Goldstein, dilambangkan dengan huruf p, memiliki massa 1 sma, dan bermuatan relatif +1. Elektron ditemukan oleh J.J. Thomson, dilambangkan dengan huruf e, memiliki massa 1/1840 sma, dan bermuatan relatif –1. Neutron ditemukan oleh J. Chadwick, dilambangkan dengan huruf n, memiliki massa 1 sma, dan bermuatan relatif 0. Adapun inti atom ditemukan oleh Rutherford.


Notasi komposisi atom:

clip_image002

Keterangan:
X = lambang unsur
A = nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron
Z = nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron
A – Z = jumlah neutron
  • Nomor massa (A) menyatakan banyaknya proton dan neutron yang menyusun inti atom suatu unsur.
  • Nomor atom (Z) menunjukkan jumlah proton (muatan positif) atau jumlah elektron dalam atom tersebut.

Berikut adalah pengertian isobar, isotop, dan isoton.

  1. Isobar adalah atom-atom yang memiliki nomor massa yang sama tetapi nomor atom berbeda.
  2. Isotop adalah atom-atom yang memiliki jumlah proton yang sama tetapi jumlah neutron berbeda.
  3. Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron yang sama.

Konfigurasi elektron adalah penataan elektron pada kulit atom. Elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit terluar atom. Jumlah maksimal elektron yang dapat menempati suatu kulit dirumuskan 2n2, n adalah kulit ke-n.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

1 komentar: