Arti Liburan yang Sebenarnya

Arti liburan yang sebenarnya adalah saat dimana kita telah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan telah mempersiapkan hari esok dengan baik. Banyak yang menganggap bahwa liburan itu adalah saat dimana kita tidak bekerja seperti hari Minggu dan libur. Padahal tugas-tugas yang diberikan sebelum hari libur belum bahkan tidak dikerjakan dan belum mempersiapkan apapun untuk mempersiapkan hari esok. Akibatnya setelah hari libur selesai, semua menjadi berantakan atau tidak berjalan sempurna dan itu saya sebut kurang disiplin.

Menurut saya hari liburan (bukan hari libur) yang paling sempurna bagi kalangan pelajar adalah saat sesudah ujian, sesudah ulangan umum semester 1 & 2, awal libur sekolah, dan pertengahan (hingga 3 hari sebelum libur sekolah usai) libur sekolah. Itulah hari yang paling sempurna untuk berlibur. Apakah hari Minggu/libur bisa disebut liburan? Bisa, asalkan semua tugas-tugas anda telah selesai dan pada akhir hari libur (sore hari atau hari terakhir liburan) anda harus pergunakan untuk mempersiapkan hari esok. Maksudnya? Pada akhir liburan anda bisa beres-beres rumah, mempersiapkan semua alat tulis dan buku-buku sesuai jadwal pelajaran besok, dll sesuai apa yang harus anda lakukan besok.

kalau menurut saya jika pada hari-hari libur tugas saya belum selesai maka saya anggap rugi. Mana mungkin namanya liburan kalau anda masih memikirkan tugas-tugas yang semakin menumpuk di kantor/sekolah, betul kan? Liburan sebenarnya untuk melepas stress/kejenuhan dalam keseharian, eh malah menambah stress. Iya toh? Jadi saran saya sepulang dari sekolah kerjakan dulu PR atau tugas-tugas yang ada sampai selesai minimal 75%. Kalau di kantor, ikutilah tradisi orang Jepang ‘tidak pulang ke rumah sampai tugas benar-benar selesai’. Kalau saya sih, sepulang sekolah saya ganti pakaian, makan, lalu membongkar ‘komposisi’ tas hari ini dan memeriksa satu-persatu buku supaya saya ingat jika ada PR/tugas. Jika ada, saya selesaikan sampai mencapai target 75% selesai (kalau bisa 100% itu sangat bagus). Kalau belum mencapai target, saya bertanya via SMS, chatting (biasanya via Facebook), dan dari search engine/internet. Setelah benar-benar selesai baru saya liburan (walaupun bukan hari libur, kalau semua tugas selesai, saya anggap liburan). Tapi tetap ingat, pada malam harinya persiapkan semuanya untuk esok. Misalnya belajar pelajaran besok, mempersiapkan alat tulis, memasukan buku sesuai dengan jadwal besok, dll.

Itulah arti liburan yang sebenarnya menurut saya, jika ada komentar/tambahan/keluhan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat kotak komentar dibawah ini. Sampai jumpa di artikel ‘berkualitas’ saya berikutnya dan Tetap Semangat!TM

loading...

5 comments:

  1. jadi kita bisa libur di saat hari kerja ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika bagi saya kalau segala tugas telah selesai dengan baik dan tidak ada tugas lagi. Saya anggap itu liburan walaupun belum boleh keluar dari kantor atau sekolah. Liburan kan tidak selalu di rumah kan? :)

      namun, terima kasih atas tambahan yang sangat membantu untuk menyempurnakan artikel ini :)
      Tetap Semangat!

      Delete
  2. Liburan yang sebenarnya, benar-benar merasakan liburan... hahaha
    Visit Belitung Island - Hoping Island Activity

    ReplyDelete