Manfaat Manajemen Waktu Belajar

loading...

Manfaat Manajemen Waktu BelajarMungkin satu-satunya cara untuk menjadi pintar yaa dengan belajar. Sesungguhnya kita bisa belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan cara apapun. Namun, mengapa orang cenderung malas belajar? Mungkin salah satunya adalah karena tidak ada manajemen waktu belajar yang baik dan benar membuat pelajar tidak mendapatkan waktu luang untuk bermain dan bersantai. Nah, bagaimana cara memanajemen waktu belajar dan apa manfaat manajemen waktu belajar? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Jika kita bisa memanajemen waktu belajar, maka kita akan mempunyai waktu luang yang cukup banyak untuk bermain atau melakukan kegiatan lainnya. Seperti contoh, kita mengatur jam belajar mulai pulang sekolah dan sesudah makan siang (anggap saja itu jam 12 siang) sampai pada pukul 2 siang dan juga dari jam 6 sore hingga jam 8 malam. Nah, itu berarti kita punya waktu 4 jam untuk belajar. Kita manfaatkan waktu belajar itu dengan maksimal. Rata-rata dalam satu hari ada 4 mata pelajaran. Jadi kita bagi 4 jam belajar kita itu dengan 4 mata pelajaran. Jadi, kita punya 1 jam untuk belajar masing-masing mata pelajaran yang akan kita dapat besok.

Nah, misalnya kita pulang sekolah jam 12 siang dan tidur jam 9 malam. Dengan belajar 4 jam setiap hari, berarti kita mempunyai 5 jam waktu luang. Cukup banyak bukan? Jika kita tidak mempunyai hal yang kita kerjakan saat waktu luang, cobalah untuk belajar lagi, membaca buku atau informasi di internet untuk menambah wawasan, atau kita bisa mengerjakan PR.

(Selengkapnya baca artikel tentang Cara Belajar yang Baik dan Benar)

Namun, ada dua hal yang harus kita perhatikan ketika kita memanajemen waktu belajar, yaitu tetap konsisten dan fokus. Tetap konsisten maksudnya adalah buatlah jam belajar itu mutlak tanpa dilanggar satu kali pun. Dengan begitu, kita sudah membuat pola (kebiasaan) belajar. Tapi, jika satu kali saja Anda melanggar atau mengendur pola itu, maka pola itu akan berubah untuk selamanya. Jika kita terus membiarkan diri untuk tidak belajar, maka kita akan terus memaklumi perbuatan itu.

Dan yang kedua adalah fokus, selama waktu belajar kita harus fokus kepada materi pelajaran yang sedang kita pelajari. Jangan berpikir yang lain-lain, matikan handphone dan internet kecuali jika itu dibutuhkan. Jika fokus Anda lain-lain, maka banyak sekali waktu yang terbuang sia-sia. Menurut pengalaman saya, saya pernah saat belajar membuka Facebook. Walaupun saya merasa sangat sebentar, saya terus berkata dalam hati, “ah, jugaan baru 10 menit, 5 menit lagi ah”. Namun tanpa sadar saya telah menghabiskan waktu belajar saya selama 1 jam! Waktu memang terasa berjalan lebih cepat tanpa disadari jika kita tengah asyik melakukan sesuatu. Jadi, kita harus benar-benar fokus dalam belajar.

(Selengkapnya baca artikel tentang Buku-Buku Penunjang Belajar Saya)

1 jam belajar itu pun harus kita manajemen. Misalnya: Dalam satu jam, kita bisa belajar satu mata pelajaran. Jadi, kita pergunakan waktu 15 menit untuk membaca materi, 30 menit untuk latihan soal, dan yang terakhir untuk evaluasi. Pertama-tama kita gunakan 15 menit waktu untuk membaca ringkasan materi atau materi pelajaran yang akan kita pelajari. Baca dan pahami yang kita baca. Bila kita tidak paham, baca lagi, lagi, dan lagi sampai kita paham! Kemudian, kita gunakan 30 menit waktu untuk berlatih mengerjakan soal. Usahakan mencari soal yang di dalam kunci jawabannya terdapat cara mengerjakan soal itu (pembahasan soal) supaya kita bisa mempelajari cara menjawab soal dan cara menggunakan rumus terutama soal hitungan. Dan yang terakhir, kita gunakan 15 menit untuk evaluasi. Maksudnya adalah kita membaca cocokan hasil latihan soal kita dengan kunci jawaban. Jika ada yang salah atau tidak bisa kita kerjakan, coba simak pembahasannya dan pahami bagaimana cara menjawab soal itu.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Belajar Mengatur Waktu dan Memahami Manfaatnya

  2. Rahasia Tepat Waktu Tanpa Harus Tepat Waktu

  3. 5 Hal Yang Bikin Kita Malas Belajar

  4. Jadikan Belajar Seperti Makan, Anda Akan Lapar Jika Tidak Melakukannya

  5. Tips Belajar Menjelang UN


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment