Belajar Mengatur Waktu dan Memahami Manfaatnya

loading...

jika ingin sukses, belajarlah mengatur waktuSalah satu faktor keberhasilan adalah tingkat kemampuan kita dalam mengelola waktu. Waktu memang tidak terbatas, tetapi tetap harus dikelola supaya lebih efisien penggunaannya. Nah, sekarang kita akan belajar mengatur waktu dan memahami manfaat dan kegunaannya. Dengan belajar mengatur waktu, bisa saja kita akan mendapat manfaat yang tak terduga. Apa sajakah? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

masih ada hari esok

Kalimat tersebut memang sangat menenangkan tetapi sedikit ‘sesat’. Kenapa? Karena kalimat tersebut mengajarkan kita untuk mudah menyerah dan selalu menunda pekerjaan. Jika kita terlalu berpegang teguh kepada prinsip itu, maka kita akan meremehkan waktu karena jumlahnya tidak terbatas dan selalu ada hari esok. Nah, coba kita pikir jika kita terus berkata, “besok saja ah” dan ternyata besok kita kembali mengatakan hal yang sama sampai seterusnya. Kapan bisa selesai pekerjaan kita? Kita kan ingin berhasil sekarang juga, kenapa mesti menunggu hari esok?

Mengatur waktu juga akan meningkatkan kepuasan kita. Misalnya, saat kita bermain game. Jika kita membatasi waktu kita bermain game, maka bermain hanya 1 jam pun rasanya sudah sangat puas jika kita tetap ingat dengan jam. Bandingkan jika kita tidak membatasi waktu bermain game kita. Bisa-bisa 3 atau bahkan 6 jam pun kita tidak akan merasa puas.

Jika kita mengatur waktu dan membatasi waktu, maka kita merasa bahwa satu jam itu sangat lama sehingga kita bisa menyelesaikan sesuatu lebih banyak lagi. Seperti contoh, saat saya membatasi waktu menulis artikel saya selama 1 jam. Maka, saya akan merasa terdesak untuk membuat artikel sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin. Akhirnya, saya bisa menulis 5 artikel berkualitas dalam waktu 1 jam. Bandingkan jika saya tidak membatasinya. Biasanya 2 jam pun 1 artikel belum selesai. Ingatlah kepada keajaiban di saat terdesak dan ini adalah salah satu cara untuk menciptakan suatu keterdesakan. Yaitu dengan membatasi waktu kita.

Belajar mengatur waktu, artinya belajar mengelola waktu 24 jam dalam sehari tersebut semaksimal mungkin. Dikurangi waktu tidur kita selama 8 jam dan kegiatan pokok(makan, mandi, membersihkan rumah, dan lain sebagainya) selama 2 jam, maka kita memiliki waktu produktif selama 14 jam atau 6 jam bagi mereka yang sedang bekerja atau sekolah. Bayangkan, jika anda pintar mengelola waktu 6 jam tersebut maka sangat luar biasa hasilnya. Jika dalam keadaan normal saya dapat menulis 2 artikel dalam 1 jam berarti dalam 1 hari saya bisa membuat 12 artikel. Itu salah satu contoh, anda bisa menambahkan contoh yang lain.

Nah, apabila anda ingin berhasil, gunakan semua waktu luang untuk mencari peluang. Apa anda siap menggunakan waktu 6 jam tersebut secara maksimal?

Tetap Semangat! | Artikel Motivasi

loading...

No comments:

Post a Comment