Negara Maju (Artikel Lengkap)

Negara-negara di dunia ini ada yang tergolong negara maju dan negara berkembang. Karakteristik negara maju akan kami simak dengan lengkap disini. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

1. Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah negara yang menikmati standar hidup relatif tinggi melalui pemerataan kemajuan teknologi dan ekonomi. Penduduk di negara maju memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Istilah negara maju (developed country atau advanced country) digunakan untuk mengelompokkan negara-negara yang maju secara ekonomi. Sektor industri ketiga (jasa seperti distribusi barang) dan sektor industri keempat (bisnis jasa atau service seperti bisnis informasi dan komunikasi) yang bersifat intelektual mendominasi kegiatan ekonominya.

2. Ciri-Ciri Negara Maju

Indikator negara maju meliputi indikator di bidang ekonomi, kependudukan, kesehatan, dan teknologi.

a. Bidang Ekonomi

Beberapa indikator ekonomi negara maju sebagai berikut.

1. Pendapatan Per Kapita Tinggi

Negara-negara maju memiliki pendapatan per kapita tinggi karena mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ekonominya. Negara-negara maju mampu meningkatkan dan memeratakan pendapatannya. Dengan pendapatan per kapita yang tinggi, penduduk di negara maju dapat mencukupi kebutuhan hidup secara layak.

2. Kegiatan Utama Penduduk di Sektor Industri dan Jasa

Kegiatan utama ekonomi sebagian besar penduduk negara maju berada di sektor industri dan jasa. Sektor pertanian dikembangkan dengan teknologi canggih sehingga lebih produktif dan menghasilkan produk berkualitas.

3. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Kemajuan suatu negara ditentukan oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas di negara-negara maju mampu mengolah sumber daya alam yang dimilikinya secara efisien. Mereka memanfaatkan teknologi modern dalam pengolahan sumber daya alam untuk kebutuhan masa sekarang dan yang akan datang.

4. Ketersediaan Modal

Di negara-negara maju pembentukan modal berlangsung secara efektif dan cepat. Tingginya pendapatan per kapita menyebabkan penduduk mampu menabung dan melakukan investasi. Berbeda dengan kondisi di negara berkembang, sebagian besar penduduknya berpendapatan kecil.

b. Keadaan Penduduk

Penduduk di negara-negara maju memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan tingkat pendapatan per kapita penduduk yang tinggi. Di negara-negara maju tingkat kemiskinan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kemiskinan di negara berkembang. Sebagian besar negara maju memiliki pertumbuhan penduduk yang sangat rendah. Rata-rata pertumbuhan penduduknya kurang dari satu persen.

c. Tingkat pengangguran

Presentase pengangguran di negara maju lebih rendah dibandingkan dengan negara berkembang. Di negara maju jumlah lapangan kerja tersedia banyak. Sektor industri dan jasa merupakan sektor usaha yang menyerap sebagian besar tenaga kerja. Hal ini menyebabkan pendapatan per kapita penduduk semakin tinggi.

d. tingkat kesehatan

Negara-negara maju memiliki tingkat kesehatan yang tinggi. Hal itu ditunjukkan oleh angka usia harapan hidup penduduk yang tinggi dan angka kematian bayi yang rendah. Kemajuan di bidang kedokteran di negara maju menunjang peningkatan kesehatan penduduknya.

e. Penguasaan Teknologi

Kemajuan teknologi dan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas di negara maju mampu meningkatkan efisiensi kerja dan menghasilkan produk berkualitas. Pemanfaatan teknologi informasi canggih di negara maju membuat dunia seolah tanpa jarak dan batas.

7 komentar:

  1. Artikel yang luar biasa sangat membantu...terimakasih.....
    sukses selalu ya masta...amin

    BalasHapus
  2. sangat menarik dan membantu

    BalasHapus
  3. terima kasih artikelnya. sangat membantu sebagai referensi tugas

    BalasHapus
  4. Terima kasih,,, sangat bermanfaat

    BalasHapus