10 Tips Membuat Blog Lebih Profesional

profesional Membuat blog tampil profesional, hmm gimana caranya yaa? Apakah kita harus menambah banyak widget dan aksesoris pada blog kita? Atau memasang banyak iklan supay pengunjung merasa blog kita ramai pengunjung? Tentu saja BELUM TENTU. Kebanyakan orang suka blog yang simpel dan ringan dimuat. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus anda hindari jika ingin membuat tapilan blog lebih profesional. Apa sajakah? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Lakukan pengecekan pada blog

Ceklah blog anda untuk memastikan bahwa blog anda bisa dimuat di mana saja. Seperti pengecekan di berbagai browser, OS, ponsel, dan beberapa jenis kecepatan internet. Pastikan jika blog anda dimuat dengan sempurna di semua flatform. Blog saya telah saya cek di Mozilla Firefox, IE8, IE9, Google Chrome, Opera, Opera Mini, Safari, berbagai warnet, MacOS, dan berbagai smartphone. Hasilnya? Semuanya memuat blog saya dengan sempurna hanya saja jika dibuka melalui smartphone maka akan muncul blog versi mobile saya.

2. Memilih warna yang tepat untuk blog

Sesuaikan warna dengan tema blog anda. Misalnya, warna hijau lebih tepat untuk blog bertema penghijauan atau tanaman hias. Warna hitam lebih tepat untuk blog tentang crack atau hacking. Tapi, jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok dan membuat tulisan susah terbaca. Itu membuat pembaca anda pergi karena sakit matanya saat melihat blog anda. Untuk lebih lanjut, baca artikel Teknik Memilih Warna Pada Blog yang Wajib Anda Ketahui.

3. Aturan memasang widget

Salah satunya adalah widget waktu, penghitung jumlah pengunjung, widget str*aming l@gu, dan pelacak IP pengunjung. Mari kita jelaskan satu per satu dalam artikel Widget yang Sebaiknya Tidak Dipasang di Blog Anda. Jangan juga memasang widget yang tidak ada hubungannya dengan tema blog anda. Pasanglah widget sesuai kebutuhan anda dan pembaca blog anda.

4. Teknik memasang iklan pada blog

Iklan adalah salah satu hasil pemasukan dalam blog kita. Memang jika blog kita terdapat iklan, maka pengunjung merasa blog ini berkualitas dan memiliki banyak pengunjung. Namun jika anda memasang iklan dengan berlebihan ditambah penempatannya yang kurang tepat malah membuat pengunjung kesal karena merasa terganggu dan loading blog anda berat.
Hindari juga menulis kalimat yang bersifat memelas pengunjung untuk mengklik iklan yang terdapat di blog kita(biasanya dilakukan oleh blog yang menggunakan layanan iklan PPC). Tidak ada orang di dunia ini yang suka diperintah. Lagipula mereka bakal mengklik iklan jika mereka tertarik dengan iklan itu dan tahukah anda bahwa para pemasang iklan telah memikirkan baik-baik bagaimana caranya supaya iklannya mau diklik pengunjung.

5. Jangan hanya copy paste

Sebenarnya boleh-boleh saja sih asal anda tahu etika copas seperti mencantumkan sumbernya dan memperbaiki kesalahan dalam artikel tersebut. Biasanya orang terpaksa copas karena tidak memiliki ide untuk membuat artikel baru. Untuk mendapatkan ide dan inspirasi blogging, baca artikel cara mendapatkan inspirasi artikel.

6. Tanda baca

Perhatikan juga tanda baca dalam artikel. Ini adalah salah satu yang terpenting. Karena jika salah penempatan atau tidak mengisi tanda baca saja artinya bisa berbeda.

7. Periksa dead link

Link yang rusak atau tidak bisa dibuka sangat tidak disukai pembaca maupun search engine. Maka dari itu, periksalah semua link secara rutin. Ada banyak tools yang bisa melakukan hal ini.

8. Cara merespon komentar yang baik

Respon semua komentar dengan bijak(jika bisa lakukan dengan cepat/segera). Walaupun itu berupa saran, kritik, apalagi pertanyaan. Itu akan menunjukkan sikap profesional anda dan blog anda.

9. Jangan sampai terisolasi

Jangan sampai satupun artikel di blog anda yang terisolasi atau sulit ditemukan. Itu hanyalah membuat reputasi semakin buruk di mata search engine. Buatlah mereka terjangkau dengan membuat sitemap/daftar isi atau buat widget random post.

10. Rutin update

Blog yang berkualitas adalah blog yang artikelnya rutin diupdate. Yaa setidaknya seminggu sekali diupdate. Search engine dan pelanggan setia blog anda akan senang jika blog anda rajin update.
Demikian 10 tips membuat blog lebih profesional. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi dan bermanfaat bagi kita semua.
Tetap Semangat! | Tips Blog

No comments:

Post a Comment