2 Juni 2012 | Mimpi itu Ternyata BENAR Adanya!

Hari dan tanggal: Sabtu, 2 Juni 2012

Tempat: SMP Negeri 5 Denpasar

Tentang: Kelulusan dan NEM I Putu Hedi Sasrawan

Hari ini adalah hari pengumuman kelulusan dan NEM. NEM, aku tidak tahu kepanjangannya tapi artinya sudah pasti merupakan hasil dari perjuangan kita saat Ujian Nasional. Aku tidak tahu kira-kira berapa NEMku. Aku perkirakan nilai pelajaran matematika merupakan yang paling besar, disusul IPA, Bahasa Indonesia, dan yang paling kecil menurut perkiraanku adalah Bahasa Inggris. Kenapa aku berpikir seperti itu? Karena setelah aku membaca majalah Wiyata Mandala, ternyata di pelajaran Bahasa Inggris lah yang paling banyak aku temukan kesalahannya dan matematika yang tidak aku temukan kesalahan.

Apa aku akan lulus? Aku yakin 100% akan itu. Tapi yang menjadi masalah adalah apakah NEMku besar dan cukup untuk diterima di SMAN 2 Denpasar jika nilai TPAku tidak mencukupi untuk masuk SMAN 3 Denpasar? Aku terus berdoa dan yakin kepada tuhan bahwa NEMku akan besar.

Banyak yang bilang semua SMP sekolah untuk melihat NEM mereka. Tapi tidak di sekolahku. Di sekolahku pada hari ini siswa kelas 9 diliburkan. Aku jadi semakin penasaran berapa NEMku. Aku coba bertanya kepada semua temanku tentang NEM mereka dan NEM ku. Yang pertama menjawab adalah salah satu sahabat lamaku, Sinta. Dia adalah siswa SMPN 1 Kuta Utara. Sebelumnya aku bertanya melalui SMS,

Waw hebaat (y) :D

NEMmu brp? :D

Dan dia menjawab,

38.90 kaka:D

*) ‘Kaka’ yang dimaksud disini adalah ‘kakak’. Walau jarakku dengan Sinta hanya satu bulan. Dia tetap menganggapku kakaknya karena beberapa alasan.

Apa? 38,90? Gede banget. Berarti rata-ratanya 9,725! Waw. Aku semakin penasaran berapa NEM di masing-masing pelajarannya. Aku bertanya lagi,

Wah, gede banget... :D

klo IPA, B.indo, B.ingg, dan matnya brp? :D

dia menjawab,

Inini nilainya ka:

B.indo 9.60

Matik 9.75

Ipa 9.75

B.ing 9.80

:D

Waw! Hampir semua pelajarannya hanya salah satu kecuali Bahasa Indonesia yang salah 2*. Hanya 5 soal yang benar lagi untuk mencapai nilai sempurna. Aku semakin malu jika nanti NEMku jauh lebih kecil darinya. Tapi aku tetap yakin bahwa NEMku bakal gede. Aku semakin takut setelah mengetahui NEM beberapa orang yang kategori ‘jenius’ di sekolahku jatuh. Aku berpikir, ”Mereka yang jenius aja segitu NEMnya. Apalagi aku yang otak pas-pasan begini”. Dan ada salah satu temanku, Tara memberitahu NEMnya melalui statusnya. NEMnya cukup besar yaitu 38,10. Itu semakin meyakinkanku bahwa NEMku pasti bakal gede.

*) Dengan matematika dan IPA satu soal bernilai 0,25 dan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris satu soal bernilai 0,20

2/06/2012 13:41, adalah tanggal dan waktu dimana salah satu temanku, Yogaswara. Memberikanku jawaban yang cukup meragukan. Dia bilang,

Nem mu plg gede 38 sekian

Apaa? NEMku paling gede? Tapi aku kurang percaya karena Sinta mengatakan,

Konita blg:: Kata adek kelas, nemnya belum dipasang, gurunya masih rapat, ntar jam 12 surat dr dinas bru akan diedarkan.

Aku gak percaya sama y*** jadinya :/ orang ini aja bru akan dirapatkan. Darimana dia tau kalo nemnya dia segtu? Dan spenma lulus 100 %?

Aku sempat yakin kepada Sinta bahwa NEMku bakal lebih kecil dari dia,

Tp NEMku pasti kalah sama NEMmu :p

Aku semakin yakin saat Yogaswara meralat berita tadi dan menjadi,

ralat pailing besar pcrnya b***** 38,45

ke 2 andika 38,**

ke 3 hedi 38,05

*) Yang dimaksud ‘pcrnya b*****’ adalah Tara

Wah, kok membingungkan banget yaak? Di Facebook, NEMnya Tara 38,10 tapi Yogaswara bilang 38,45. BIngung deh aku. Aku semakin khawatir, “jangan-jangan NEMku bukan segitu”. Tapi benar juga keyakinanku bahwa NEMku tidak akan lebih besar dari Sinta. Tapi syukurlah NEMku tidak jauh-jauh amat dari dia :D

Aku semakin frustasi dan menanyakan berapa NEMku ke semua teman-temanku. Ada temanku, Gusap memberiku jalan keluar,

Viky tanyain,

Wah, itu ide yang sangat bagus! Tapi sayangnya aku tidak punya nomernya Viky. Aku tanya dia lagi dan memberikanku nomer telepon Viky. Aku segera SMS dia dan menanyakan beberapa(sebenarnya banyak) hal,

~~~~~

Vik, brp NEMku?

-Hedi-

~~~~~

38,05

~~~~~

Bneran tuh?

~~~~~

bener,nem mu ter besar no 3 di kelas

~~~~~

Cp yg bilang?

Km tw nilai mat, b.indo, b.ing, dan IPAku?

~~~~~

aq punya hasilnya

bi 9,6

b,ing 9,2

mat 9,75

ipa 9,5

~~~~~ terdiam sejenak sambil memandangi angka-angka tersebut…..

APA!! Gede banget nilaiku! Tapi membutuhkan 9 soal benar lagi untuk mencapai nilai sempurna. Tapi setidaknya aku semakin yakin setelah melihat nilai-nilai tersebut dan nanti pada tanggal 4 Juni 2012 aku akan memastikan bahwa NEMku benar segitu. Tapi walau bagaimanapun aku sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan dan orangtua. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...