Tips Belajar Menjelang UN

loading...

Tips Belajar Menjelang UNUN 2013 tinggal beberapa puluh hari lagi! Saya yakin semua adik-adik SD, SMP maupun kakak SMA kelas akhir sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional yang katanya akan ada 20 paket ini. 20 paket soal? Yap begitulah. Dengan jumlah paket yang sebanyak itu, jadi kemungkinan untuk berbuat curang seperti menyontek dapat diminimalisir. Nah, bagaimana tips cara belajar menjelang UN? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jangan mengikuti bimbel!

Memang sedikit kontroversial saran saya tersebut. Namun, menurut riset yang saya lakukan selama 3 tahun sejak SD hingga SMP, saya mendapatkan data bahwa siswa yang mengikuti bimbel (bimbingan belajar) NEM nya lebih kecil dibandingkan yang tidak ikut bimbel. Mengapa demikian? Mungkin karena bimbel akan semakin menambah beban para siswa, mengurangi waktu santai mereka, kebebasan dalam belajar berkurang, kepikiran biaya bimbel yang cukup mahal, dan membuat siswa mumet dan kebingungan.

Mengapa dapat mengurangi waktu santai? Seperti yang telah kita ketahui bahwa kemampuan otak dalam menyerap pelajaran sangat terbatas oleh waktu. Nah, sebaiknya setelah kita pulang sekolah, kita istirahat dulu untuk ‘mendinginkan otak’ supaya otak jadi makin fresh saat belajar di malam hari. Namun, jika kita mengikuti bimbel, kita tidak dapat istirahat yang cukup sehingga bisa saja apa yang telah kita pelajari saat di sekolah tadi pagi bisa kita lupakan atau terganggu oleh pelajaran yang didapat di bimbel. Selain itu, kita juga akan kehilangan waktu olahraga yang sangat penting bagi kita.

Mengapa dapat membuat mumet dan kebingungan? Nah seperti yang telah kita ketahui bahwa bimbel selalu memberikan cara menjawab soal yang berbeda dibandingkan cara menjawab soal yang diajarkan di sekolah. Itulah yang membuat kita bingung saat ujian nasional nanti. Kita akan bingung mau milih cara yang mana dan bahkan kita bisa lupa dengan kedua cara menjawab tersebut. Cara menjawab yang diberikan oleh bimbel juga melanggar hukum belajar saya yaitu ‘pahami bukan hafalin!'. Jika kita diberikan konsep materi pelajaran yang sangat jelas dan kemudian kita diberikan cara menjawab soal yang bertentangan dengan konsep kita bagaimana? Kan itu sama saja dengan menghafalkan. Dan menghafal adalah cara belajar yang terburuk bagi saya kecuali bagi yang otaknya mampu mengingat sesuatu dalam jangka panjang.

Sepertinya saya perlu membuat artikel khusus tentang ini. Tunggu yaa :D

2. Beli buku

Daripada kita mengikuti bimbel yang biayanya hingga jutaan Rupiah, mending uang itu kita belikan berbagai buku contoh soal beserta pembahasan. Pembahasan maksudnya cara menjawab soal tersebut. Biasanya diberikan cara menjawab dengan rumus yang biasa dan juga diberikan cara cepat (bila ada). Membeli buku tersebut paling tidak kita bisa menghemat uang hingga jutaan Rupiah. Namun, bukunya harus dibaca, dipahami, dijawab, diperiksa, dan dipahami donk!

3. Malas belajar? Belajar kelompok!

Jika Anda adalah orang yang tipenya malas belajar. Memang bagus jika Anda mengikuti bimbel karena itu membuat Anda mau belajar. Dan lebih bagus lagi kalau kita belajar kelompok bersama orang pintar. Ajaklah teman atau ‘grup’ Anda dan ajaklah minimal satu orang yang Anda anggap pintar dan bisa mengajari Anda. Teman Anda yang pintar tersebut jauh lebih efektif karena kita sudah lebih akrab dengannya. Ajaklah maksimal 5 orang supaya belajarnya lebih fokus.

4. Olahraga dan Makan yang Teratur

Olahraga dan makan yang teratur membuat otak kita menjadi segar, berenergi, dan lebih berkonsentrasi saat belajar. Jadi, olahragalah secara teratur setiap sore dan makan makanan yang bergizi dan seimbang.

5. Berdoa

Berdoa bukanlah yang terakhir letaknya. Berdoa itu letaknya di awal, di tengah, dan di akhir kita belajar. Jangan pernah berhenti berdoa. Supaya kita selamat dan sukses.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Tips Menghadapi UN: Belajar Sebelum Ujian

  2. Tips Menghadapi Ujian Nasional SMP


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment