Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, dan Kebijakan Ekonomi (Materi Ringkasan)

Kegiatan ekonomi manusia dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memerlukan panduan dalam melakukan kegiatan ekonominya. Permasalahan ekonomi yang dihadapi manusia dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Hal tersebut dapat mempengaruhi kebijakan ekonomi pemerintah.

(Selengkapnya baca artikel tentang Ekonomi)

1. Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro mempelajari bagian kecil dari kegiatan perekonomian. Dalam kegiatan ekonomi manusia terdapat beberapa permasalahan yang tergolong dalam lingkup yang lebih kecil.

Secara umum, ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi dalam lingkup individu, rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Pembahasannya meliputi pemanfaatan sumber daya ekonomi bagi kehidupan masyarakat serta perilaku produsen dan konsumen dalam melakukan interaksi di pasar. Cakupan pembahasan ekonomi terbatas pada kegiatan ekonomi yang lebih sempit dan khusus.

Dalam ekonomi mikro terdapat beberapa komponen yang dibahas sebagai berikut:

  1. Interaksi di pasar barang
  2. Interaksi di pasar faktor produksi
  3. Perilaku produsen dan konsumen

2. Ekonomi Makro

Berbeda dengan ekonomi mikro, cakupan pembahasan dalam ekonomi makro lebih luas. Ekonomi lebih umum dalam mempelajari peristiwa dan kegiatan ekonomi yang terjadi.

Ekonomi makro menganalisis perubahan ekonomi rumah tangga, perusahaan, dan pasar secara luas. Hal ini berkaitan dengan permasalahan permintaan dan penawaran agregat, seperti pendapatan nasional, pengangguran, jumlah uang yang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan neraca pembayaran internasional.

Dalam ekonomi makro dibahas beberapa komponen sebagai berikut:

  1. Pemanfaatan sumber daya ekonomi
  2. Stabilitas ekonomi
  3. Pertumbuhan ekonomi
  4. Ekonomi internasional
  5. Neraca pembayaran internasional
  6. Nilai tukar mata uang
  7. Inflasi
  8. Peredaran uang

3. Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Secara umum, perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro terletak pada keluasan pembahasan dan ruang lingkupnya. Ekonomi mikro memiliki pembahasan yang lebih sempit terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Sementara itu, ekonomi makro memiliki ruang lingkup yang lebih luas mengenai kegiatan ekonomi masyarakat. Perbedaan pembahasan ekonomi mikro dan ekonomi makro dapat dilihat melalui tabel berikut:

Variabel

Ekonom Mikro

Ekonomi Makro

Produksi Jumlah produksi suatu perusahaan

1. Jumlah produksi nasional

2. PDB

Harga Harga tiap-tiap barang 1. Harga agregat
2. harga produsen dan konsumen
3. Harga inflasi
Pendapatan Pendapatan pekerja Pendapatan nasional
Ketenagakerjaan Jumlah karyawan di suatu perusahaan 1. Kesempatan kerja secara nasional
2. Tingkat pengangguran

4. Permasalahan Ekonomi di Indonesia

Permasalahan yang terjadi di suatu negara dapat memperlambat laju pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia permaslahan ekonomi dapat menghambat terwujudnya suatu keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Beberapa permasalah ekonomi Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Rendahnya pertumbuhan ekonomi
  2. Kemiskinan
  3. Pengangguran
  4. Kesenjangan penghasilan
  5. Inflasi

5. Kebijakan Ekonomi Pemerintah

Kebijakan yang ditetapkan pemerintah Indonesia bertujuan untuk mengatasi permasalahan di bidang perekonomian. Sasaran kebijakan ekonomi yang ditetapkan pemerintah sebagai berikut:

  • Menambah persediaan dan memperluas distribusi bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup, seperti bahan pangan, perumahan, kesehatan, dan lingkungan yang sehat.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan cara memperluas kesempatan kerja, menaikkan tingkat upah minimum regional, dan menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.
  • Memperluas jangkauan pilihan ekonomi dan sosial bagi seluruh masyarakat secara adil dan merata. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah membebaskan masyarakat dari penindasan dan ketergantungan serta mempermudah akses kesehatan dan pendidikan.

Beberapa kebijakan yang ditetapkan pemerintah guna mengatasi permasalahan ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan fiskal. Adalah kebijakan terkait dengan penerimaan dan pengeluaran negara. Biasanya kebijakan fiskal berkaitan dengan penggunaan pajak dan pengeluaran pemerintah dalam rangka mengatasi masalah kemiskinan.
  2. Kebijakan moneter. Adalah kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan arus uang beredar dalam perekonomian.
  3. Kebijakan harga. Adalah kebijakan pemerintah yang terkait dengan hajat hidup rakyat banyak. Biasanya berupa subsidi supaya semua rakyat memiliki kemampuan untuk membeli.
  4. Kebijakan perdagangan internasional. Kebijakan ini berkaitan dengan kegiatan atau kerja sama antar negara di dunia.

(Selengkapnya baca artikel tentang Kamus Istilah Ekonomi Online Terlengkap)


Semoga bermanfaat,

Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

4 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus
  2. matur nuwun boss, mugi lancar rejekinipun

    BalasHapus
  3. nyuwun ngapunten niki tenger kula Drs. Surakhmad dwija SMA 1 sedayu bantul

    BalasHapus
  4. Terimakasih mas, numpang belajar dulu. kebetulan saya sedang dapat tugas membuat makalah tentang mikro dan makro ekonomi :)

    BalasHapus