Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

loading...

Memelihara Kesehatan Sistem PencernaanUntuk menjaga kesehatan alat-alat pencernaan Anda, yang terpenting Anda lakukan adalah menjalani kebiasaan hidup yang baik dan sehat.

Untuk menjaga kesehatan mulutmu, janganlah memakan/meminum makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Karena makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak alat-alat dalam rongga mulut Anda. Bisa saja lidah Anda atau gigi Anda sakit sehingga tidak berfungsi setidaknya beberapa waktu.

Biasakan menggosok gigi setelah bangun tidur, setiap sesudah makan, dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi yang lembut dan sesuai dengan keadaan rongga mulut Anda. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Lakukan gosok gigi yang baik dan benar.

(Selengkapnya baca artikel tentang Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia)

Makanan yang Anda makan pun harus terjaga. Makanlah makanan yang bergizi seimbang, cukup dan makanlah secara teratur. Jangan terlalu banyak makan makanan yang manis, karena dapat merusak gigi. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin C agar tidak mudah terserang sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun makanan yang terlalu asam, kurang baik bagi lambung Anda yang sudah bersifat asam. Makanlah makanan yang bersih (higienis), karena makanan yang tidak bersih mungkin banyak mengandung kuman penyakit. Penyakit yang dapat menyerang dari sini ialah diare, disentri, demam tifoid, cacingan. Jajan hendaklah tidak sembarangan, perhatikan kebersihan dan bahayanya. Makanan yang warnanya mencolok dan kenyal tak wajar sebaiknya dihindari. Jangan pula memakan makanan yang berlendir, berbau, dan nampak tidak segar.

(Selengkapnya baca artikel tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia)

Makan secara teratur adalah baik bagi kesehatan alat pencernaan. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur adalah sakit maag, yang disebabkan di antaranya oleh kebiasaan makan yang tidak teratur atau telat makan. Biasanya ini ditambah dengan beban stres emosional dan fisik.

Selain makanan dan pola makan, kebiasaan hidup sehat membantumu menjaga kesehatan alat pencernaanmu. Misalnya, makan teratur, olahraga teratur dan cukup, tidur dan istirahat yang cukup.

(Selengkapnya baca artikel tentang Organ Pada Sistem Pencernaan Manusia)

Tetapi apabila Anda terkena penyakit yang ada hubungannya dengan alat pencernaan makanan, segera obati dengan obat yang tersedia di P3K keluarga. Tetapi jika penyakitnya tampak ‘berbahaya’, sebaiknya penderita harus segera dibawa ke dokter atau Puskesmas.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment