Pengertian Resensi (Artikel Lengkap)

loading...

Resensi adalah penilaian, kritik, dan pembahasan tentang suatu produk atau karya seni. Buku adalah produk yang paling sering diresensi. Resensi biasa terdapat pada koran pada tajuk bedah buku, pembicaraan buku, atau tinjauan buku. Sebuah resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan, dan apa yang didapat dari produk tersebut. Tujuan resensi adalah untuk menginformasikan sebuah produk dan untuk mengetahui apakah produk tersebut bagus apa tidak. Dalam bahasa Inggris biasa disebut review. Istilah “resensi” tidak hanya dapat digunakan untuk buku saja, tetapi juga berupa pementasan seni, mobil, film, permainan, sinetron, elektronik, tarian, drama, seni musik, pameran seni, seni rupa, dll yang berkaitan dengan seni dan produk.

pengertian resensi

1. Asal Mula Kata Resensi

Etimologi istilah “resensi” berasal dari bahasa Belanda recensie yang berasal dari sebuah kata kerja bahasa Latin revidere atau recensere yang berarti “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”.

2. Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

Banyak referensi dan ilmuwan yang mencoba memberikan pengertian resensi menurut pandangannya masing-masing. Kebanyakan dari mereka mengartikan “resensi” sebagai “resensi buku”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku. Sedangkan “ulasan” memiliki arti “komentar”. Menurut W.J.S. Poerwadarminta, resensi adalah pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli.

Daftar Pustaka:

  1. Samad, Daniel. 1997. Dasar-Dasar Meresensi Buku. Jakarta: Grasindo


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment