Pengertian Sistem (Artikel Lengkap)

loading...

Sistem adalah seperangkat komponen atau elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Sebuah sistem memiliki batas-batas tertentu yang mengelilinginya dan lingkungan luar yang dapat memengaruhinya. Sistem terdapat di mana saja seperti sistem ekskresi pada manusia, sistem informasi, sistem arsitektur, sistem masyarakat, sistem pemerintahan Singapura, ekosistem, dll. Sebuah sistem memiliki struktur, perilaku, dan interkonektivitas (hubungan struktural). Istilah “sistem” juga dapat merujuk ke satu set aturan yang mengatur struktur dan perilaku yang kompleks. Pengertian lain dari sistem adalah susunan dari pendangan, teori, asas, dan sebagainya.

Pengertian Sistem

1. Asal Mula Kata Sistem

Etimologi kata “sistem” berasal dari bahasa Inggris system yang berasal dari bahasa Latin systema yang berasal dari bahasa Yunani σύστημα (systema) yang berarti “sesuatu yang tersusun dari beberapa bagian atau anggota.

2. Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Selengkapnya: 25 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Banyak sekali ilmuwan dan literatur yang mencoba mengemukakan pengertian sistem menurut pandangan masing-masing. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sistem adalah seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain. Menurut Anatol Raporot, sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain. Sedangkan menurut Koentjaraningrat, sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak.

3. Pengertian Sistem Secara Umum

Istilah sistem secara umum dapat didefinisikan sebagai kumpulan hal atau elemen yang saling bekerja sama atau yang dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment