7 Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

loading...

Tumbuhan berbiji (spermatophyta) dapat dibagi menjadi dua yaitu gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Gymnospermae terdiri dari pakis haji (Cycas rumphii), putri dara cina (Ginkgo biloba), melinjo (Gnetum gnemon), dan pinus (Pinus merkusii). Sedangkan angiospermae terdiri dari tumbuhan dikotil dan monokotil. Nah, apa perbedaan antara gymnospermae dan angiospermae? Langsung saja kita simak yang pertama:

7 Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

1. Alat Reproduksi

Alat reproduksi pada gymnosperma adalah strobilus. Strobilus adalah kumpulan sporofil yang membentuk struktur berupa kerucut pada ujung tunas fertile (ujung cabang).

Alat reproduksi pada angiosperma adalah bunga yang terdiri dari putik sebagai alat kelamin betina dan benang sari sebagai alat kelamin jantan. Benang sari menghasilkan serbuk sari yang jika masuk ke dalam putik maka akan terjadi fertilisasi (pembuahan).

2. Pembuahan

Proses pembuhan pada tumbuhan gymnospermae berupa pembuahan tunggal dimana hanya terjadi satu kali pembuahan antara ovum (n) dan sperma (n). Pada pembuahan tunggal hanya terdapat satu sel sperma yang membuahi satu sel telur sehingga membentuk zigot.

Proses pembuahan pada tumbuhan angiospermae berupa pembuahan ganda. Disebut pembuahan ganda karena terdapat dua inti sperma yang melebur. Pembuahan ganda berlangsung dua kali yaitu yang pertama adalah spermatozoa 1 membuahi ovum menghasilkan zigot (2n) yang berkembang menjadi biji, sedangkan yang kedua adalah spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder menghasilkan endospermae (3n) yang akan menjadi daging buah.

3. Bentuk Daun

Bentuk daun tumbuhan gymnospermae adalah kaku dan sempit. Pada tumbuhan pakis haji contohnya yang bentuk daunnya menyerupai palem. Daunnya jarang bersifat majemuk dan bentuk tulang daun yang tidak beragam.

Bentuk daun tumbuhan angiospermae pipih dan lebar dengan susunan tulang daun yang bervariasi. Bentuk tulang daun tumbuhan dikotil ada yang menyirip dan menjari. Sedangkan bentuk tulang daun tumbuhan monokotil ada yang sejajar dan melengkung.

4. Ovarium

Tumbuhan gymnospermae tidak memiliki ovarium. Sedangkan tumbuhan angiospermae memiliki ovarium berupa putik.

5. Biji Ditutupi

Biji pada tumbuhan gymnospermae tidak ditutupi sehingga dapat terlihat dari luar di antara daun-daun. Sedangkan biji pada tumbuhan angiospermae tertutupi oleh daun buah sehingga tidak dapat dilihat dari luar.

6. Batang

Semua batang tumbuhan gymnospermae berkambium. Kambium adalah jaringan tumbuhan yang terletak diantara xilem dan floem. Kambium inilah yang membuat batang tumbuhan menjadi berkayu.

Sedangkan batang tumbuhan angiospermae ada yang berkambium dan ada juga yang tidak berkambium. Tumbuhan dikotil memiliki kambium sedangkan tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium.

7. Akar

Semua tumbuhan gymnospermae berakar tunggang. Sedangkan tumbuhan angiospermae akarnya bervariasi. Tumbuhan dikotil berakar tunggang sedangkan tumbuhan monokotil berakar serabut.


Berikut adalah tabel perbedaan tumbuhan angiospermae dan gymnospermae:

Dilihat Dari

Gymnospermae

Angiospermae

Alat reproduksi Strobilus Bunga
Pembuahan Tunggal Ganda
Bentuk daun Kaku, sempit Bervariasi
Ovarium

-

Punya
Biji ditutupi

-

Oleh daun buah
Batang Berkambium Monokotil: tidak berkambium
Dikotil: berkambium
Akar Tunggang Monokotil: serabut
Dikotil: tunggang


Sumber:

Judul

Alamat

1. Pengertian strobilus http://brainly.co.id/tugas/110214
2. Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya | Fertilisasi pada Tumbuhan http://www.kamusq.com/2012/05/bagian-bagian-bunga-dan-fungsinya.html
3. Perbedaan pembuahan tunggal dan ganda? https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130111013320AAGJHT7
4. GYMNOSPERMAE https://meynyeng.wordpress.com/2010/06/01/gymnospermae/
5. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae http://www.gudangnews.info/2012/05/perbedaan-gymnospermae-dan-angiospermae.html
6. Ciri-Ciri dan Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil http://www.materisma.com/2014/03/ciri-ciri-tumbuhan-dikotil-dan.html
7. Tumbuhan berbiji terbuka http://id.wikipedia.org/wiki/Tumbuhan_berbiji_terbuka
8. Kambium itu apa sihh ? https://id.answers.yahoo.com/question/index%3Fqid%3D20111013034016AAKMFKP

Dengan bantuan terjemahan dari Google Translate.

Sumber gambar: http://image.slidesharecdn.com/angiospermsandgymnosperms-130808102617-phpapp01/95/angiosperms-and-gymnosperms-1-638.jpg?cb=1375975640


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

5 comments: