6 Cara Berkata yang Baik di SMS

loading...
SMS dan aplikasi chatting sama halnya dengan mengobrol secara langsung atau melalui telepon/Skype. Perbedaannya adalah saat SMS kita masih bisa berpikir cukup panjang sebelum mengirimkan pesan. Maka dari itu, sebaiknya kita tidak perlu terburu-buru dalam membalas SMS. Karena setiap pesan yang telah terkirim tidak dapat ditarik lagi (kecuali BBM sebelum penerima telah me-read pesan). Nah, bagaimana cara berkata yang baik di SMS maupun jejaring sosial? Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Bagaimana Cara Agar Seseorang Membalas SMS Kita
6 Cara Berkata yang Baik di SMS

1. Seperlunya Saja

Dari kepanjangan SMS yaitu Short Message Service yang artinya Layanan Pesan Singkat, kita sudah tahu apa fungsi SMS itu. Sebaiknya hanya gunakan SMS untuk mengirim hal yang penting saja. Selain menghemat waktu, itu juga dapat menghemat pulsa kamu.

2. Gunakan Kata yang Sopan

Baca juga: 5 Cara Balas Kata PING!!! di BBM
Sebaiknya kamu tidak menggunakan kata yang kasar saat SMS. Karena bisa saja orang lain akan membaca SMS kamu dan orang itu bakal mencap buruk kamu. Misalnya saat kamu lagi meminjam ponsel pacar, tiba-tiba kamu menerima SMS dari orang yang tidak dikenal. Orang itu menyebut nama pacar kamu dan menanyakan kabarnya. Kemudian kamu membalas SMS itu dengan kata-kata yang kasar karena kamu mengira orang itu adalah selingkuhan pacar kamu. Kemudian orang itu membalas SMS dan mengatakan bahwa dirinya adalah orangtua pacar kamu. Nah, apa boleh buat setelah itu?

3. Jangan Terlalu Formal

Baca juga: Bagaimana Cara SMSan Sama Orang yang Kita Suka Dengan Baik dan Benar?
Sopan bukan berarti formal. Sebaiknya kamu mulai belajarcara menyingkat pesan. Salah satu caranya adalah dengan menghilangkan huruf vokal pada kata. Cara SMS ini jelas lebih gaul dimata remaja. Tapi tergantung juga kepada siapa yaa. Kalau kamu SMS dosen, orangtua, guru, orang d3wasa, atau orang yang tidak dikenal, sebaiknya kamu gunakan kata-kata formal. Karena sebagian orangtua tidak mengerti maksud dari kata-kata yang dipersingkat tersebut. Jangan juga terlalu alay yaa.

4. Gunakan Emotikon Seperlunya Saja

Gunakanlah emotikon secara bijak. Misalnya saat kamu hendak meledek teman kamu via SMS, kamu perlu memberikan emotikon “:p” yang menandakan bahwa kamu lagi bercanda. Sebaiknya kamu tidak menggunakannya secara berlebihan, karena lama-lama bakal terasa garing.

5. Hati-Hati Salah Tafsir

Ketika menyingkat kata, terkadang bisa multitafsir. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam mengirim pesan. Jangan sampai penerima jadi salah tafsir dan merasa tersinggung. Hati-hati juga, jangan sampai typo alias salah ketik. Karena terkadang bisa jadi lucu. Misalnya ada teman saya yang salah ketik “sit up” menjadi “sh*t up”.

6. Berpikirlah Sebelum Mengirim

Baca juga: 30 Cara Berkomunikasi yang Baik dan Benar
Berpikirlah sebelum menekan tombol “kirim”. Pastikan pesan kamu itu tidak menyinggung pengirim dan tidak ada salah eja. Lihat juga kepada siapa pesan kamu itu dituju. Karena seringkali terjadi salah kirim yang bisa menimbulkan masalah.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com
loading...

1 comment:

  1. Kalo cara nannya orang tua pacar knpa hubungan w kaya di batesin gtu gimana ya?

    ReplyDelete