Asal Mula Kata Politik (Artikel Lengkap)

loading...

Politik adalah teori mempengaruhi orang lain pada tingkat global, masyarakat, dan individu. Pada umumnya politik terdapat pada pemerintahan yakni tentang bagaimana cara seseorang memperoleh kedudukan/posisi/jabatan tertentu dalam pemerintahan. Politik juga berarti proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat dalam bentuk keputusan.

asal mula kata politik

1. Asal Mula Kata Politik Menurut Wikipedia English (Diambil pada Tanggal 14 Januari 2015 Pukul 9.10 WITA)

Etimologi (asal mula) istilah “politik” berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani dari judul sebuah buku karya Aristoteles Politics (politika) yang berarti “urusan kota”. Buku tersebut adalah sebuah disertasi tentang pemerintah dan pemerintahan. Disertasi tersebut diterjemahkan dalam bahasa Inggris pada pertengahan abad ke-15 masehi dengan judul Polettiques yang diambil dari bahasa Latin. Istilah politic pertama kali ada dalam bahasa Inggris pada tahun 1430 yang berasal dari bahasa Perancis Pertengahan politique yang berasal dari bahasa Latin politicus yang berasal dari bahasa Yunani πολιτικός (politikos) yang berarti “dari, oleh, dan untuk warga negara”, “sipil”, “kenegaraan”. Istilah lainnya dalam bahasa Yunani adalah πολίτης (polites) yang berarti “warga” dan πόλις (polis) yang berarti “kota”. Kemudian istilah politic diserap oleh Bahasa Indonesia sehingga menjadi “politik”.

2. Teori Lain Tentang Asal Mula Kata Politik

Selengkapnya: Pengertian Politik (Artikel Lengkap)

Ada juga yang mengatakan bahwa kata “politik” berasal dari bahasa Yunani polis yang artinya “negara kota” dan teta yang berarti “urusan”. Kata “politik” pertama kali digunakan oleh Aristoteles yang awalnya disebut zoon politikon. Kemudian kata tersebut berkembang menjadi polites yang berarti warganegara, politeia yang berarti semua yang berhubungan dengan negara, politika yang berarti pemerintahan negara, dan politikos yang berarti kewarganegaraan. Dengan demikian, politik berarti urusan negara atau pemerintahan. Secara konsep, kata politik itu sendiri masih berhubungan dengan kata polisi.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

1 comment:

  1. wah artikel ini bermanfaat sekali untuk pembaca dan, untuk belajar, :)

    ReplyDelete