Pengertian Politik (Artikel Lengkap)

loading...

Politik adalah suatu teknik dan teori untuk mempengaruhi orang sipil atau individu. Politik juga dapat berarti cara seseorang untuk mendapatkan suatu kekuasaan atau posisi dalam pemerintahan atau organisasi lainnya.

1. Asal Mula Kata Politik

Kata “politik” berasal dari bahasa Yunani polis yang artinya “kota” atau “negara” dan teta yang berarti “urusan”. Kata “politik” pertama kali digunakan oleh Aristoteles yang awalnya disebut zoon politikon. Kemudian arti itu berkembang menjadi polites yang berarti warganegara, politeia yang berarti semua yang berhubungan dengan negara, politika yang berarti pemerintahan negara dan politikos yang berarti kewarganegaraan. Dengan demikian, politik berarti urusan negara atau pemerintahan. Secara konsep, kata politik itu sendiri masih berhubungan dengan kata polisi.

2. Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Setiap ahli politik memiliki pengertian masing-masing tentang politik. Jadi, tentu saja pengertian politik menurut mereka juga berbeda-beda. Berbagai pengertian politik menurut para ahli ini dapat meningkatkan pemahaman tentang arti politik.

  1. Pengertian politik menurut aristoteles adalah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.
  2. Pengertian politik menurut Joice Mitchel adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya.
  3. Pengertian politik menurut Johan Kaspar Bluntschli adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya, dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.
  4. Pengertian politik menurut F. Soltau adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu; hubungan antar negara dengan warganegaranya serta dengan negara-negara lain.
  5. Pengertian politik menurut Prof. Miriam Budiardjo adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu.

3. Pengertian Politik Secara Umum

Pengertian politik secara lebih luas yaitu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Untuk lebih memberikan pengertian tentang arti politik, berikut adalah beberapa arti politik dari segi kepentingan pengguna:

  1. Politik dalam arti kepentingan umum adalah segala usaha untuk kepentingan umum, baik yang berada dibawah kekuasaan negara di pusat maupun di daerah.
  2. Politik dalam arti kebijaksanaan adalah penggunaan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang dianggap lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, cita-cita/keinginan atau keadaan yang kita hendaki.

Jadi politik adalah tindakan dari suatu kelompok individu mengenai suatu masalah dari masyarakat atau negara. Dengan demikian, politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan umum, dan distribusi kemakmuran.

Politik digunakan untuk menentukan kebijaksanaan-kebijaksanaan umum yang menyangkut pengaturan dan pembagian dari sumber-sumber yang ada dan untuk melaksanakannya perlu memiliki kekuasaan dan kewenangan yang berfungsi untuk membina kerjasama dan untuk menyelsaikan konflik yang timbul dalam proses ini.

4. Paradigma Arti Politik

Pengertian politik selalu dikonotasikan negatif oleh sejumlah pihak terutama orang awam (rakyat). Itu karena mereka selalu menonton televisi atau membaca koran dan melihat kegiatan politik adalah kegiatan yang kejam dan kotor. Sebenarnya bukan politiknya yang kotor atau kejam, tetapi pelaku politik tersebut yang menyalahgunakan kekuasaan politiknya.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Politics http://en.wikipedia.org/wiki/Politics
2. Pengertian Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli http://the-divider.blogspot.com/2013/08/pengertian-politik-secara-umum-dan.html
3. Politik http://id.wikipedia.org/wiki/Politik
4. Pengertian Politik | Kumpulan dan Macam-macam Pengertian Politik http://9triliun.com/artikel/866/pengertian-politik.html
5. Definisi Atau Pengertian Politik http://seputarpolitik.blogspot.com/2009/08/definisi-atau-pengertian-politik.html
6. apa sih arti politik? dan knpa ditakuti? http://politik.kompasiana.com/2011/07/01/apa-sih-arti-politik-dan-knpa-ditakuti-375534.html
7. Pengertian Politik dan Strategi Nasional http://politik.kompasiana.com/2013/08/25/pengertian-politik-dan-strategi-nasional-586310.html
8. Pengertian Politik http://ruhcitra.wordpress.com/2008/11/21/pengertian-politik/
9. Pengertian Politik dan Strategi Nasional http://nadillaikaputri.wordpress.com/2013/04/24/pengertian-politik-dan-strategi-nasional/


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran
loading...

4 comments:

  1. makasih udah mau sharing bahan bacaannya, di zaman sekarang memang kita harus paham dunia politik juga kalau ga, ya nanti kita yang susah sendiri, tapi ada media yang mengulas masalah politik dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan bisa dibaca oleh siapa saja, namanya adalah jurnas, coba cari-cari di gugel pasti ketemu, semoga bisa bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Mengapa banyak orang enggan terjun ke dunia politik. Padahal kita hidup sehari hari pasti ada politik

    ReplyDelete