10 Fungsi Ginjal dan Paru-Paru

Ginjal dan paru-paru memiliki banyak fungsi. Mereka berperan dalam sistem ekskresi pada manusia maupun sistem pernapasan pada manusia. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring darah sedangkan paru-paru berfungsi sebagai alat pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam darah. Namun, itu baru fungsi utamanya saja. Masih banyak lagi fungsi ginjal dan paru-paru yang akan kami ulas sekarang. Langsung saja kita simak yang pertama:

Fungsi Ginjal

Selengkapnya baca: 10 Fungsi Ginjal
  1. Ginjal berfungsi sebagai tempat penyaringan darah. Bagian ginjal yang paling berperan dalam fungsi ini adalah nefron. Tujuan dari penyaringan darah adalah untuk membuang cairan dan zat yang tidak dibutuhkan atau berlebihan dan juga untuk membuang racun. Setiap harinya ginjal menyaring sekitar 200 liter darah.
  2. Ginjal berfungsi sebagai penjaga kadar pH darah agar tidak terlalu asam. Ginjal mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatnya, urine yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8.
  3. Sebagai pengatur volume darah dalam tubuh. Pada ginjal terdapat erythropoietin. Erythropoietin adalah hormon yang menstimulasi sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.
  4. Ginjal berfungsi untuk memonitor jumlah cairan pada tubuh. Ginjal memiliki “sensor” untuk mengatur berapa banyak air seni yang dikeluarkan beserta konsentrasi elektrolit di dalam tubuh.
  5. Ginjal juga memiliki beberapa zat dan hormon. Ginjal menghasilkan vitamin D dan berbagai hormon untuk mengatur pembentukan sel darah merah seperti erythropoietin.

Fungsi Paru-Paru

Selengkapnya baca: 10 Fungsi Paru-Paru
  1. Dalam sistem ekskresi, paru-paru berfungsi untuk mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Kedua zat tersebut adalah zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Fungsi utama paru-paru adalah sebagai pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida.
  3. Paru-paru juga mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa tubuh. Bila terjadi asdosis (terlalu banyak asam dalam cairan tubuh), maka tubuh akan mengkompensasi dengan mengeluarkan banyak karbondioksida yang bersifat asam ke luar tubuh.
  4. Paru-paru tentu saja berfungsi sebagai pemasok oksigen di daam tubuh. Paru-paru bekerja dengan menyesuaikan kondisi tubuh kita. Ketika tubuh bekerja keras, paru-paru akan bekerja lebih cepat. Sebaliknya, ketika tubuh dalam keadaan santai, paru-paru juga bekerja dengan lebih pelan. Karena saat kerja berat, tubuh kita membutuhkan pasokan oksigen yang lebih banyak.
  5. Selain itu, paru-paru juga terlibat dalam fungsi-fungsi non pernapasan seperti mekanisme homeostatis tertentu, menyediakan udara untuk menciptakan suara vokal, dan proses kekebalan tubuh.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Fungsi Ginjal Pada Manusia http://jkt45.com/fungsi-ginjal-pada-manusia/
2. GINJAL http://www.totalkesehatananda.com/kidney1.html
3. 10 Fungsi Ginjal (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/06/10-fungsi-ginjal-artikel-lengkap.html
4. Paru-paru dan Fungsi Paru-paru http://paru-paru.com/paru-paru-dan-fungsi-paru-paru/
5. Apa fungsi paru-paru? http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110209000355AAS4jf1
6. Cara Kerja dan Fungsi Paru - Paru Manusia http://permathic.blogspot.com/2012/04/cara-kerja-dan-fungsi-paru-paru-manusia.html
7. Struktur Fungsi Paru-paru Manusia http://smabiologi.blogspot.com/2013/09/struktur-fungsi-paru-paru-manusia.html
8. 10 Fungsi Paru-Paru http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/10/10-fungsi-paru-paru.html


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

No comments:

Post a Comment