6 Komplikasi Akibat dari Penyakit Ginjal

loading...

Berbagai penyakit ginjal bisa saja menyerang manusia. Penyakit tersebut bisa menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan bahkan dapat menyebabkan kematian. Selain itu, penyakit ginjal juga dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi adalah penyakit yang baru timbul kemudian sebagai tambahan pada penyakit yang sudah ada. Nah, apa sajakah komplikasi akibat dari penyakit ginjal? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Anemia

Anemia terjadi jika kita kekurangan sel darah merah. Akibatnya tubuh kita akan menjadi lemas dan mudah lelah. Komplikasi ini disebabkan karena berkurangnya produksi hormon eritropoietin (EPO). Hormon eritropoietin adalah hormon yang merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Sehingga apabila hormon ini berkurang, maka sel darah merah juga akan berkurang dan anemia pun terjadi.

2. Sindroma Uremia

Sindroma uremia adalah penyakit yang disebabkan oleh keracunan hasil pemecahan protein. Hasil pemecahan protein berupa urea dan nitrogen. Keracunan terjadi akibat berkurangnya fungsi ginjal dalam menahan protein darah. Gangguan ini ditandai dengan gejala mual dan muntah.

3. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah keadaan dimana jantung berhenti berfungsi. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dengan segera. Beberapa penyakit ginjal seperti gagal ginjal dapat menyebabkankan gagal jantung. Namun, gagal jantung seringkali diawali oleh anemia yang tidak diobati. Itu karena jumlah sel darah merah yang terdapat di dalam tubuh sangat sedikit sehingga jantung bekerja lebih keras. Lama-kelamaan, otot jantung akan melemah sehingga terjadilah gagal jantung.

4. Serangan Jantung

Ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga racun dan kelebihan cairan yang seharusnya dibuang menjadi tertimbun di dalam tubuh. Cairan ini dapat tertimbun secara berlebihan di jantung. Peningkatan cairan membuat jantung bekerja secara berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada jantung. Peningkatan cairan pada jantung akibat kerusakan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan kemampuan tubuh mengontrol kadar potasium berkurang sehingga meningkatkan resiko serangan jantung.

5. Lemah Syahwat

Lemah syahwat adalah ketidakmampuan pada pria untuk mencapai ereksi dan mempertahankan ereksi yang diperlukan untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Penyakit ginjal dapat mengganggu sistem endoktron yang menyebabkan berkurangnya produksi testosteron. Hormon ini adalah hormon perangsang terbentuknya sperma dan sebagai fungsi seksual.

6. Osteodistrofi Renal

Osteodistrofi renal adalah kelainan tulang akibat gangguan metabolisme mineral. Hal ini disebabkan karena ginjal gagal mempertahankan keseimbangan kadar kalsium dan fosfat dalam darah. Dalam keadaan normal, ginjal membentuk vitamin D yang membantu menyerap kalsium. Jika ginjal mengalami kerusakan, maka kadar vitamin D akan menurun dan penyerapan kalsium juga rendah. Akibatnya, hormon paratiroid yang berfungsi mengambil kalsium dari tulang akan terus mengambilnya tanpa ada yang menggantikannya. Hormon paratiroid berfungsi untuk menjaga supaya tulang tidak kelebihan kalsium.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Definisi 'komplikasi' http://www.artikata.com/arti-335852-komplikasi.html
2. Gagal Ginjal Juga Merusak Jantung http://health.kompas.com/read/2013/08/13/1807280/Gagal.Ginjal.Juga.Merusak.Jantung
3. Komplikasi Penyakit Ginjal Kronik http://fajarcihapit.wordpress.com/2010/04/25/komplikasi-gagal-ginjal-kronik/
4. Komplikasi Gagal Ginjal Kronis http://gagalginjalkronis.com/komplikasi-gagal-ginjal-kronis/


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment