Belajar Itu Perlu, Walaupun Tetap Menyontek

loading...

Belajar Itu Perlu, Walaupun Tetap MenyontekMenyontek adalah rahasia umum bagi seluruh siswa di Indonesia. Gengsi menjadi penyebab utamanya. Anda pasti akan merasa malu ketika nilai Anda kecil sementara nilai teman-teman Anda memuaskan. Walaupun Anda mengerjakannya dengan penuh kejujuran. Memang, hasil ulangan dari menyontek umumnya jauh lebih memuaskan daripada dengan berusaha mengerjakannya sendiri.

Tetapi, walaupun pada akhirnya kita tetap akan menyontek, belajar itu tetap perlu lho! Loh, kenapa? padahal menyontek itu tinggal menyontek dan sangat santai. Nah, ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan itu.

Yang pertama: Jika kita belajar, kita akan pintar, pintar itulah yang membedakan kita dari teman-teman kita yang umumnya suka menyontek. Guru memang menilai kita bukan hanya berdasarkan nilai ulangannya saja. Tetapi dari aspek sikap sehari-hari. Jika kita pintar, jangan pernah mengira bahwa guru tidak akan mengetahui kepintaran kita. Walaupun nilai rata-rata siswa di satu kelas “rata”. Maka, jika kita ingin terlihat beda di mata guru, maka belajarlah.

Yang kedua: Orang yang kita contek tidak selalu dapat dipercaya. Terkadang dia memberikan jawaban yang salah atau sengaja disalahkan. Tentu saja kita tidak mau diberikan jawaban yang salah, kan? Nah, jika kita belajar, maka kita bisa menyeleksi jawaban dari teman apakah layak di[ercaya apa tidak. Ujilah mereka dengan menanyakan beberapa jawaban. Jika jawaban itu benar, berarti dia jujur. Dengan begitu, Anda tidak akan terjebak dengan jawaban yang salah.

Selain itu, kita juga akan menjadi bintang kelas jika kita menjadi orang yang pintar. Dan kita akan memiliki teman yang lebih banyak lagi.

Nah, sudah siap belajar?

Oh ya, sekarang kan masih liburan. Hehehe :D


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment