5 Jaringan Pada Paru-Paru

loading...

Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan pada paru-paru adalah jaringan epitelium yang merupakan jaringan yang melapisi permukaan organ. Paru-paru perlu dilindungi karena merupakan salah satu organ penting. Paru-paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia dan sistem pernapasan pada manusia.

  1. Jaringan yang melapisi paru-paru adalah jaringan epitel squamosa berlapis. Jaringan epitel squamosa berlapis adalah sel epitel pipih yang berlapis banyak Jaringan ini membentuk pleura.
  2. Jaringan lainnya yang terdapat pada paru-paru adalah jaringan epitel skuamosa sederhana yang merupakan sel epitel pipih selapis. Jaringan ini terdapat pada alveoli paru-paru.
  3. Pada bronkus terdapat tiga jaringan. Yang pertama jaringan epitelium bersilia yang terdapat pada lapisan terdalam bronkus. Jaringan ini menghasilkan banyak lendir yang berfungsi menangkap debu dan mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara. Debu dan mikroorganisme akan dikeluarkan dengan cara batuk.
  4. Sedangkan yang kedua adalah cincin tulang rawan yang berbentuk huruf C. Tulang rawan termasuk jaringan ikat. Bagian belakang cincin tulang rawan tidak tersambung dan menempel pada esofagus. Fungsinya adalah untuk mempertahankan trakea agar tetap terbuka.
  5. Yang terakhir adalah otot polos yang termasuk jaringan otot. Otot polos memungkinkan paru-paru bekerja dibawah kesadaran kita.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Apa jaringan penyusun jantung, paru-paru, lambung, mata , hidung, mulut, telinga? http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110921044414AAtyDTd
2. Jenis Fungsi Sel Epitel Skuamosa http://smabiologi.blogspot.com/2013/07/jenis-fungsi-sel-epitel-skuamosa.html
3. Jaringan http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan
4. Organ-Organ Pernapasan pada Manusia http://biosejati.wordpress.com/tag/bronkus/


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment